LogoDIGINATION LOGO

Ini Alasan Data Analytics Jadi Aset Penting Pertumbuhan Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 29 November 2022 | 18:11 WIB
Share
Share

 

Gagal memahami kebutuhan dan keinginan audiens, tidak melakukan inovasi serta tidak memperhatikan kompetitor umumnya menjadi hal utama bagi kegagalan suatu bisnis.

Agar bisnis dapat bertumbuh dan bertahan dalam jangka waktu yang lama, dibutuhkan strategi marketing dan bisnis yang efektif. Strategi bisnis dan marketing yang dibuat dengan berdasarkan pada data akan jauh lebih kuat serta terarah dibanding hanya memanfaatkan intuisi saja. Data yang mentah dan apa adanya, tidak memiliki nilai. Sebaliknya, apa yang kamu lakukan dengan data itulah yang memberikan nilai. 

Salah satu aset penting pertumbuhan bisnis dengan memanfaatkan data adalah menguasai data analytics. Data analytics merupakan skill dan praktik yang mencakup semua langkah untuk menemukan, menafsirkan, memvisualisasikan, dan menceritakan pola dalam data. Tujuannya, mendorong strategi dan hasil bisnis.

Kali ini, DQLab telah merangkum beberapa alasan mengapa data analytics wajib menjadi proses dan aset  bagi pertumbuhan bisnis. Simak berikut :

Menghimpun Data dari Berbagai Sumber

Data analytics bisa berupa campuran sumber data yang berasal dari sistem internal maupun eksternal yang diproses sesuai dengan kebutuhan real-time pengguna. Memiliki cakupan eksplorasi data mentah yang luas dan menggunakan berbagai teknik serta alat tertentu menyebabkan proses ini mampu membantu kamu untuk memahami data. 

Dengan menguasai skill menjalankan data analytics, kamu bisa menghimpun data dari berbagai sumber, seperti Excel, Google Ads, Microsoft Power BI, Tableu, R analytics, Python dan Google Analytics.

Baca juga : Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula

Mengolah dan Merangkum Data

Sebagai proses yang terdapat didalamnya, data analytics tidak terlepas dari mengolah dan merangkum data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh bisnis. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cakupan area data yang luas membuat data analytics menjadi proses yang sistematis dan mencakup banyak langkah komputasi serta manajemen.

Skill dalam menjalankan data analytics mampu membantu kamu untuk mengoperasikan Google Data Studio untuk mengolah dan merangkum data sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Memvisualisasikan Data Sesuai Kebutuhan Bisnis

Visualisasi data menjadi hal penting untuk memberi pemahaman bagi banyak orang mengenai hasil data yang telah kita olah. Sebagai bentuk penyederhanaan, data yang mudah dipahami akan memungkinkan pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan secara efektif dan efisien.

Setelah merangkum dan mengolah data, proses data analytics yang tepat akan membantu kamu untuk memvisualisasikan data menggunakan tools atau software yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti Excel.  Selain itu, kamu akan dengan mudah mengidentifikasi pola dalam data, baik dalam jumlah besar dan acak maupun data yang sulit untuk dipahami.

Baca juga : Tutorial Simpel Visualisasi Data Excel dengan Banyak Data

Merancang Strategi

Skill data analytics membantu kamu untuk merancang strategi marketing hingga digital marketing berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan. Jika dilakukan dengan baik, data analytics mampu membawamu untuk menemukan tren, peluang, memprediksi tindakan, pemicu, atau peristiwa hingga membantu membuat keputusan bisnis.

Mempelajari proses data analytics dan tools yang digunakan menjadi aset penting bagi bisnismu. DQLab sebagai media pembelajaran data science berbasis online, hadir memberikan solusi bagi kamu yang ingin belajar data analytics dan tools, seperti Excel dengan mudah dan fleksibel. 

Kabar baiknya, DQLab saat ini sedang memberikan kesempatan untuk kamu bisa belajar secara gratis! Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/giveaway-alert!-belajar-data-science-gratis-di-dqlab 

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB