LogoDIGINATION LOGO

Demi Mencapai Target Ekonomi Digital 2020, Pemerintah Indonesia Concern ke Sumberdaya Manusia

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 22 Agustus 2017 | 02:57 WIB
Share
Menyadari potensi perkembangan ekonomi digital yang sangat besar, pemerintah Indonesia mencanangkan program nasional berupa roadmap e-commerce untuk mengembangkan ekonomi digital
Share

Menyadari potensi perkembangan ekonomi digital yang sangat besar, pemerintah Indonesia mencanangkan program nasional berupa roadmap e-commerce untuk mengembangkan ekonomi digital.

Dalam dialog bertema "Menggali Inspirasi dari Seluruh Penjuru” yang diadakan dalam rangka perayaan ulang tahun ke-17 KBR, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memaparkan strategi pemerintah mencapai target ekonomi tahun 2020.

Pemerintah mencoba meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara menggenjot sektor pariwisata, perikanan, dan manufaktur. Namun ketiga sektor tersebut dinilai justru menghadapi banyak tantangan karena infrastruktur yang belum sepenuhnya siap.

Dalam acara yang mempertemukan para tecnopreneur Indonesia dengan diaspora Indonesia serta stake holder tersebut, Darmin Nasution juga mengungkapkan karena ketiga sektor di atas belum siap, pemerintah saat ini concern pada pengembangan sumberdaya manusia.

Oleh karena itu menurut Darmin, dibutuhkan suatu kelembagaan yang mengatur mekanisme norma standar yang nantinya dapat digunakan dalam mengembangkan pelatihan dan pendidikan vokasional. Anggaran pendidikan sebesar 20 persen selama ini lebih terserap untuk pendidikan formal daripada pendidikan vokasional.

Potensi perkembangan ekonomi digital Indonesia menjanjikan peluang yang sangat besar. Karenanya pemerintah diharapkan mampu menjalankan strategi terbaik dalam menghadapinya.  "Ke depannya, roadmap e-commerce dan program ekonomi digital lainnya perlu memperhatikan bagaimana masyarakat dapat memaksimalkan penggunaannya”, ujar Darmin lagi.
 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: ekon.go.id
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB