LogoDIGINATION LOGO

KemenKopUKM Luncurkan Chatbot dan Katalog UMKM Whatsapp

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 9 September 2022 | 18:16 WIB
Share
Share

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Whatsapp Indonesia meluncurkan Chatbot Tumbuh Jagowan dan Katalog UKMJagowan.id. Peluncuran ini di rilis dalam acara Cerita Kriya yang diselenggarakan di Gedung Art Bali, Bali Collection, The Nusa Dua, Kamis (8/9/2022).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM), Teten Masduki yakin Chatbot Tumbuh Jagowan dan Katalog UKMJagowan.id. bisa mendorong terbentuknya ekosistem digital bagi kalangan UMKM pengrajin, “Produk kriya dan produk wastra ini semacam artwork (karya seni) yang proses jual belinya membutuhkan komunikasi antara pembeli dan penjualnya.” 

Chatbot Tumbuh Jagowan dan Katalog UKMJagowan.id dinilai bisa memperkuat ekosistem bisnis bidang kriya dan wastra dari hulu ke hilir. platform ini diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha terutama pengrajin dalam mengakses materi edukasi dari mana dan kapan saja, serta potensi multiplier effect dari program ini.

Baca juga : 3 Kiat memperlakukan Pelanggan sebagai Raja

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Global untuk Dampak Sosial WhatsApp, Clair Deevy, mengukap, WhatsApp berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam memberdayakan UKM untuk go digital dan scale up (mengembangkan usaha).

“Kami percaya UKM di Indonesia memiliki kapasitas digital dan siap mengambil bagian dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia. UKM yang dapat berinteraksi dan memasarkan produk secara online diharapkan dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya di pasar yang semakin kompetitif,” kata Deevy seperti dikutip dari siaran pers.

Deevy menyampaikan, dengan diluncurkannya chatbot WhatsApp Tumbuh JagoWAn, UMKM dari Sabang sampai Merauke diharapkan dapat belajar berbagai bahan untuk go digital dan scale up, hingga mendapatkan sertifikasi kapan saja sesuai ketersediaan waktu dan gratis.

Selanjutnya, UMKM yang sudah terlatih dan berkembang dapat mengajukan diri untuk ditampilkan di website terkurasi UKMJagoWAn.id yang bertujuan menyediakan wadah keberlanjutan dari pelatihan, memperluas akses pasar UMKM, dan membantu promosi UMKM lokal Indonesia.

 

Baca juga : 5 Tips Menarik Pelanggan lewat Media Sosial

Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin pun menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontirbusi berbagai pihak dalam mengembangkan industri kerajinan nasional.

Wury menegaskan, Dekranas merupakan lembaga independen bersifat nirlaba yang menghimpun semua pemangku kepentingan yang bersinergi untuk mengembangkan produk kerajinan yang sebagian besar di-drive oleh UMKM.

“Mereka bisa menggali potensi produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, serta mendapat kesempatan untuk berusaha dan menjadi pendapatan masyarakat. Dekranas bersama KemenKopUKM mengembangkan identitas bangsa melalui wastra dan kriya,” ujar Wury.

Wury berharap, sinergitas antar pemangku kepentingan ini menciptakan wirausaha baru dengan melakukan promosi perluasan pasar produk kerjainan baik online maupun offline.

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE