LogoDIGINATION LOGO

Apa itu Product Market Fit dalam Bisnis ?

author Oleh DQLab Jumat, 9 September 2022 | 15:07 WIB
Share
Share

 

Memikirkan kelayakan dan kecocokan pada produk atau layanan yang Anda dimiliki dalam bisnis sangatlah penting. Dengan memikirkan aspek-aspek tersebut maka Anda dapat memberikan pengalaman yang menarik kepada konsumen. Sehingga setiap bisnis harus peduli akan pemahaman, pencapaian dan kesesuaian produk pada pasar atau yang disebut dengan product-market fit.

Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara ini akan membahas product-market fit sebagai kunci sukses dan mencapai tujuan untuk meningkatkan produk, inovasi produk hingga membangun sebuah model produk sesuai kebutuhan target pasar.

Product-market fit atau kesesuaian produk pasar menyiratkan bahwa perusahaan menghasilkan sebuah produk yang berkualitas, relevan dengan target pasar dan dapat memenuhi kebutuhan mereka yang terjangkau. 

Di era digital ini, produk-market fit sudah mulai banyak dieksperimenkan yaitu menggunakan pendekatan yang berbeda-beda pada setiap bisnis yang dijalani, bahkan sudah banyak menyinkronkan data-driven culture pada proses pengembangakan produk agar dapat mencapai target pasar.

Baca juga: Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

Pada prosesnya product-market fit tergambar bahwa konsumen akan melakukan pembelian yaitu dengan menggunakan produk atau layanan suatu merek bisnis, kemudian secara sukarela mereka menyebarluaskan informasi berita tentang produk tersebut yang dimana dapat membuka ‘jalan’ bagi keberlanjutan pertumbuhan bisnis.

Contoh nyata bisnis dalam product market-fit adalah platform langganan VOD. Sebelum maraknya platform streaming, dulu kita harus pergi ke toko DVD terdekat untuk meminjam DVD dengan batas waktu tertentu pada peminjamannya. Dengan memudarnya trend DVD, maka platform streaming VOD mencocokkan kebutuhan pasar dimana menginovasikan opsi bisnis baru di era digital ini yaitu hadirnya platform berbayar bagi pengguna yang bisa menyimpan banyak film/acara TV yang disukai tanpa batasan waktu serta harga dapat disesuaikan kebutuhan pelanggan.

Adanya kecocokan antara target yang disasar dan produk dengan kualitas yang terjaga ini menjadi pencapaian yang bersifat win-win karena konsumen telah mendapatkan apa yang mereka inginkan, kemudian mereka bersedia untuk membayar, hingga mendorong pada peningkatan konversi. 

Sebagai perusahaan yang sedang merintis atau Anda sedang menjalankan bisnis tahap awal, dapat dimulai dari memuaskan segmentasi pasar yang kecil terlebih dahulu. Saat semakin terlihat adanya perkembangan, maka Anda dapat mulai melanjutkan yaitu menentukan posisi produk sesuai segmentasi serta menjalin hubungan dengan pelanggan yang bertujuan untuk dapat membantu memecahkan permasalahan mereka lebih dekat. 

Agar mampu mengetahui keberhasilan dan goals dari product-market fit, maka dibutuhkannya metrics untuk dapat membantu mengukur kecocokan produk di pasar serta memberikan sebuah insight atau solusi yang berguna. Biasanya bisa dilakukan seperti melakukan kuesioner melalui sosial media, melakukan A/B Testing, melalui ads campaign hingga pada tahap melakukan kolaborasi dengan praktisi data menggunakan Python untuk prediksi customer lifetime value. 

Baca juga: Kenapa Data Science Penting di Era Digital?

Pada dasarnya, untuk bisa berkembang dan menuju proses perkembangan tersebut tentu akan adanya langkah yang lebih kompleks dengan sistem operasi yang harus lebih cepat (real time) dan efisien. Ditambah dengan mencapai kesuksesan bisnis dan kesuksesan produk akan menjadi lebih sulit karena skala operasional bisnis akan menyeimbangi dengan produk di pasar. 

Di era perkembangan ini product-market fit akan mudah hilang, hal ini karena pebisnis akan mengikuti terus perubahan pasar, perkembangan teknologi, dan juga dinamika sosial yang ada. 

Agar mudah memahami data, menganalisis data, memberikan wawasan analitik lengkap dan prediktif, DQLab bisa menjadi solusi cerdas buat Anda yang ingin menggali kecocokan produk di pasar dengan data-driven culture. Adapun juga pelatihan kelas Data Science yang bisa Anda ikuti dengan mengunjungi tautan https://dqlab.id/live-class

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB