LogoDIGINATION LOGO

Tren Metaverse yang Mengubah Dunia di Masa Depan

author Oleh DQLab Senin, 22 Agustus 2022 | 15:24 WIB
Share
Share

 

Metaverse, telah menjadi pembicaraan dunia digital. Dari metaverse sendiri tidak hanya mengubah hal-hal kecil saja tetapi dapat membantu perubahan secara signifikan dan berdampak bagi dunia di seluruh sektor. 

Dimana dapat memberikan pengalaman berbeda untuk kita yang sebelumnya belum pernah terbayangkan, terlihat atau bahkan merasakan hal-hal tersebut. Adanya hal-hal yang kita pikir sebelumnya tidak nyata dan tidak mungkin, di metaverse kamu bisa merasakan berada di dunia yang berbeda yaitu ‘virtual’. 

Mulai dari isu kesehatan mental, berdampak pada sektor perekonomian, membantu kejahatan hingga meningkatkan kualitas edukasi, tren metaverse menjadi salah satu big thing di industri teknologi. Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara, akan membahas lebih lanjut kira-kira apa saja yang akan berubah di dunia virtual ini?

  1. Membentuk Kembali Ekonomi Dunia

Memanfaatkan kemampuan teknologi canggih, mulai meningkatnya strategi-strategi baru yaitu membentuk persona digital yang bisa menjangkau dengan lanskap secara luas. Kreator, pebisnis dan bahkan seniman sekalipun kini sudah terpengaruh dengan platform media sosial, dengan adanya metaverse hal ini akan terbantu memenuhi pasar dan industri melalui cara promosi baru untuk produk dan layanan.

Baca juga: Roadmap Belajar Data Science

NFT atau non-fungible tokes salah satu modal aset digital terbaru, unik dan tidak dapat diubah, selain itu peluang perdagangan yang tidak terbatas ditawarkan. Pada dasarnya dalam berbisnis, perlu adanya keadilan dan transparansi ekonomi sehingga Blockchain akan bertanggung jawab akan memberikan transparansi dan kekekalan karena dalam dunia metaverse ekonomi memungkinkan adanya nilai buatan yang akan ditemukan.

  1. Digital dan Tech Savvy

Keuntungan dari tren metaverse yaitu merevolusi dirimu untuk melatih dan mengembangkan keterampilan di dunia teknologi. Dari keterampilan tersebut akan diterapkan pada pengembangan yang lebih canggih dan terbaru. 

Memiliki keterampilan bidang data seperti mahir menggunakan Machine Learning/ AI, terampil coding hingga membuat dashboard atau visualisasi data dengan baik dan interaktif. Karena di dalam metaverse atau ruang virtual, setiap objek akan terlihat secara riil dengan begitu memudahkan untuk memahami permasalahan secara mendalam atau bahkan dapat memberikan pengalaman tak terlupakan sekalipun.

Misalnya seperti dalam sektor kesehatan di dunia metaverse digunakan untuk melihat diagnosa penyakit menggunakan animasi 3D dan Machine Learning agar dapat memberikan hasil diagnosa secara spesifik terutama dalam bidang kesehatan/ keperawatan.

  1. Budaya Bekerja di Masa Depan

Tidak hanya memberikan berbagai manfaat dan peluang baru yang bisa mengubah dunia, budaya kerja di masa depan juga akan berubah lho. Istilah work from home, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita ditambah dengan work from anywhere atau bekerja secara remote akan menjadi budaya yang diteruskan di dunia daring. 

Metaverse, memungkinkan dapat merasakan dan membuat lingkungan kerja virtual secara mendalam menggunakan realitas virtual. Memang akan sedikit berbeda seperti kita datang ke kantor pada umumnya, namun dengan adanya budaya kerja remote atau WFH dapat meningkatkan produktivitas kerja dan menambah dimensi baru dalam kerja jarak jauh.

Baca juga: Rekomendasi Module Data Science untuk Pemula

  1. Lapangan Pekerjaan yang Baru

Mengingat kecanggihan teknologi akan bertumpu pada data dan ilmuwan data, maka tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa pekerjaan yang tergantikan dengan pekerjaan baru dengan kompetensi menguasai ilmu-ilmu data science. 

Adapun beberapa karir atau lapangan pekerjaan yang paling dibutuhkan di metaverse yaitu Marketing Specialist Metaverse, 3D  game designer, software engineers metaverse, dan storytellers.

Tentunya dalam mempersiapkan berkarir dengan pekerjaan baru di dunia virtual, dibutuhkannya bekal ilmu yang sesuai pada setiap rolenya. Menentukan metode belajar atau pelatihan khusus sangatlah penting, karena nantinya akan berdampak pada output yang didapatkan. 

Untuk mendukung berkembangnya sumber daya manusia, DQLab memberikan pelatihan gratis kolaborasi dengan Kementrian Komunikasi & Informatika (Kominfo) untuk mengeksplor kemampuan para calon talenta menghadapi metaverse. Informasi pelatihan DQLab dapat diakses melalui tautan https://dqlab.id/beasiswa-gratis-dqlab-kominfo.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB