LogoDIGINATION LOGO

Go Green! Ini dia 5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:05 WIB
Share
Share

 

Isu lingkungan kini semakin menjadi perhatian. Banyak orang yang sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan seperti mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan dan keberlangsungan ekosistem di dalamnya. 

Karena sadarnya masyarakat terhadap isu lingkungan, bisnis hijau atau green business pun mulai bermunculan. Sehingga menjadi peluang tersendiri bagi pelaku usaha.

Menurut Business News Daily, green business adalah usaha yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan. Bisnis ini juga berfokus pada pengurangan dampak lingkungan perusahaan.

Selain memiliki peluang besar, menerapkan green business pada usaha juga baik bagi cost flow bisnis. Karena bisnis yang sudah menerapkan green business biasanya memanfaatkan produk keberlanjutan dan dapat didaur ulang.

Nah, jika selama ini kamu kebingungan mencari ide green business, berikut beberapa ide usaha yang bisa kamu jadikan referensi.

  1. Menjual botol minum

Plastik sekali pakai adalah salah satu sumber limbah terbesar. Agar tetap ramah lingkungan kamu bisa menawarkan produk dengan bahan yang lebih ramah lingkungan seperti logam, kaca, atau hasil daur ulang. Jika kamu menjual botol minum, kamu bisa jadi solusi buat orang-orang yang mulai mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan sekali pakai.

Baca juga : 5 Keuntungan Berjualan Online Live Shopping

  1. Jual barang-barang preloved

Toko baju bekas atau yang dikenal thrift shop adalah salah satu bisnis go green. Alih-alih dibuang begitu saja, kamu bisa menjual kembali pakaian bekas layak pakai lho.

Dilansir dari Planet Aid, limbah pakaian memiliki dampak yang besar bagi lingkungan. Jika dibuang begitu saja, gas rumah kaca akan dihasilkan dan racun dilepas ke tanah dan perairan yang sangat mampu memengaruhi ekosistem secara nyata. Oleh karena itu, pembuangan tekstil harus dikurangi salah satunya dengan bisnis ini. 

Nah jika kamu berbisnis preloved kamu sama dengan memperpanjang siklus penggunaan suatu pakaian dan menyelamatkan lingkungan.

  1. Katering organik

Jika kamu hobi masak, katering dari bahan makanan organik bisa pula jadi pilihanmu. Kamu bisa menawarkan makanan dari bahan organik, vegan, bebas gluten, dan lain-lain. Tidak hanya meraup untung, kamu bisa mengenalkan pentingnya bahan non kimia seperti pestisida. 

Selain dari penggunaan sayur organik, kamu juga bisa menggunakan packaging yang ramah lingkungan seperti kardus. Agar brand mu semakin dikenal green business.

  1. Jual Produk organik dan Ramah Lingkungan

Jika kamu memiliki modal lebih kamu bisa berjualan produk-produk organik ramah lingkungan lainnya seperti produk kecantikan organik. Kini cukup banyak produk kosmetik, sabun, dan produk kecantikan yang menggunakan bahan organik, bahkan peminatnya pun tidak sedikit. Jika kamu tertarik, bisnis ini bisa dimulai dari skala kecil, lho.

Baca juga : Kenali Pentingnya Social Media Marketing untuk Bisnis

  1. Upcycling mebel 

Untuk membuat sebuah mebel, dibutuhkan banyak bahan baku. Jika dibuang begitu saja apalagi tanpa pengolahan yang baik, tentu ini akan menjadi limbah. Oleh karena itu, bisnis upcycling atau pembuatan kembali furnitur dari bahan bekas adalah ide bisnis go green yang memiliki potensi yang baik. Mebel dari bahan bekas yang digabung menjadi satu akan memiliki yang unik dan justru memiliki nilai jual yang tinggi.

Nah itu dia 5 ide green business yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk mulai lakukan green business selain menguntungkan kamu juga turut membantu menyelamatkan bumi lho!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB