LogoDIGINATION LOGO

Kenali Pentingnya Social Media Marketing untuk Bisnis

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 6 Juli 2022 | 13:39 WIB
Share
Share

 

Di era digital ini, social media dan social media influencer memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sehingga terdorongnya strategi marketing yang sesuai dengan perilaku konsumen tersebut, social media marketing salah satu strateginya. Social media marketing, kini tidak hanya memberikan informasi terkait produk saja melainkan juga bisa menyempurnakan strategi marketing karena melibatkan audiens dengan jangkauan yang luas serta lebih efektif dari segi biaya dan waktu.

Pada artikel ini, telah dirangkum oleh DQLab agar kamu dapat mengenal social media marketing lebih dalam lagi. Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

Mengenal Social Media Marketing

Social Media Marketing atau pemasaran menggunakan media sosial sudah menjadi sebuah tren untuk menghubungkan bisnis dengan audiens lebih dekat. Hal ini digunakan untuk meningkatkan penjualan, dan mengarahkan membantu meningkatkan traffic situs web. Agar social media marketing dapat dilaksanakan dengan benar, maka dibutuhkan profil media bisnis yang hebat seperti melibatkan pengikut hingga menganalisis iklan di media sosial.

Baca juga: Digital Marketing SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness

Saat ini platform media sosial yang sering dan terkenal di kalangan pengguna yaitu Facebook, Instagram, Twitter, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Youtube, dan Snapchat. Dengan memproduksi konten-konten yang relevan sesuai dengan platformnya, hal ini akan membantu meningkatkan eksposur dan visibilitas bisnismu secara online dan bahkan bisa menjangkau yang lebih serta potensial mendapatkan calon talenta pegawai baru untuk dapat kamu rekrut membantu berjalannya bisnis di ranah online.

Di dalam social media marketing terdapat cara yang bisa membantu kamu untuk menemukan target audiens yang sangat tepat yaitu menggunakan Paid Ads. Pada paid aids social media kamu dapat membayar agar bisnis kamu muncul di depan sejumlah besar pengguna yang sangat memiliki potensial mendorong mereka menemukan hingga melakukan pembayaran hingga akhir.

Berbeda dengan strategi marketing lainnya, pada social media marketing tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang bisnis secara terbuka yaitu untuk diserang. Untuk menghindari dan cara tepat menangani permasalahan tersebut, gunakanlah data-driven bisnis untuk dapat kamu aplikasikan pada konten sesuai platform yang kamu gunakan. Dengan menggunakan data-driven bisnis juga memberikan sebuah analitik bisnis yang sesuai informasi data nyata serta prediktif yang akurat.

Baca juga: Contoh Penerapan Data Science di Bidang Marketing

Tips Social Media Marketing untuk Bisnis

Ingin mulai memulai pemasaran di media sosial? Berikut beberapa tips yang dapat kamu implementasikan pada bisnismu sebagai bentuk langkah awal memulai social media marketing.

  1. Membuat konten yang beragam. Konten menjadi aspek penting terutama dalam campaign marketing, untuk itu dibutuhkan konten yang konsisten baik konsisten dalam upload konten dan konsisten menawarkan informasi yang benar-benar berharga serta menarik bagi audiens.
  2. Jangan hanya posting, ikutlah berpartisipasi. Cara ini sangatlah efisien untuk membangun awareness dan juga hubungan dengan audiens. Tidak hanya konten-konten informasi saja, kamu bisa lho posting konten yang dengan topik pembahasan yang sedang ramai atau menggunakan pendekatan gaul di komunitas.
  3. Gunakan semua fitur yang ada di platform. Penting bagi digital marketer terutama menggunakan social media marketing untuk terus eksplorasi fitur-fitur yang ada di platform tersebut. Baik menambahkan gambar-gambar dari video, mengikuti fitur tren yang sedang berlangsung, atau menggunakan challenge dan #hastag untuk mengajak berpartisipasi.
  4. Gunakan analitik untuk mengukur keberhasilan. Pentingnya analisis untuk mengetahui keberhasilan strategi yang telah digunakan, salah satu tools yang sering digunakan yaitu adalah Google Analytics. Melalui Google Analytics juga membantu menentukan strategi mana yang lebih baik ditinggalkan dan strategi yang dapat dioptimalkan.

Jadi platform apa yang paling bagus untuk melakukan social media marketing?” tentu semua platform sangat bagus untuk bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran namun penting untuk kamu mengetahui konten-konten seperti apa yang dapat diposting sesuai di platform tersebut. 

Sudah banyak informasi yang membantu kamu belajar melakukan social media marketing beserta mempelajari analitiknya. DQLab menyediakan berbagai pelatihan untuk membantu kamu menganalisis data dengan baik yang seru dan aplikatif pada real case industry!/

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB