LogoDIGINATION LOGO

Cara Efektif Promosi Produk Baru Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 22 Juli 2022 | 15:01 WIB
Share
Share

 

Dalam mempertahankan perkembangan bisnis, pelanggan adalah kunci dan aspek penting bagi pebisnis. Untuk mendapatkan pelanggan, dibutuhkannya brand activation agar bisnis tetap mendatangkan pelanggan. Sebelumnya, marketer dalam melakukan activation menggunakan brosur, pamflet atau bahkan menaruh iklan di koran lokal.

Namun di era digital ini, sangat memungkinkan strategi yang tidak terbatas untuk dilakukan. Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab kali ini, memberikan guide atau pilihan cara yang efektif untuk membantu bisnismu mempromosikan produk atau layanan baru. Yuk, simak cara-caranya yang bisa kamu mulai implementasi di bawah ini:

  1. Melalui Pop-Up Store Guna Menarik Perhatian

Toko pup-up merupakan tempat ritel yang sementara dirancang dan dibuka untuk menjangkau serta melibatkan pelanggan melalui pengalaman yang kreatif. Dibandingkan membuka toko fisik, biasanya pebisnis baik bisnis kecil maupun bisnis besar sekalipun menggunakan toko pop-up agar jauh lebih murah dan mudah dikenal oleh pelanggan.

Lokasi yang strategis akan menjadi penentu, apakah pelanggan tertarik melihat dan membeli produk bisnismu. Biasanya di toko pop-up digunakan untuk menguji ide produk, menciptakan buzz brand bisnis, atau sekadar membangkitkan awareness bisnis kamu.

Selain lokasi yang strategi, penting menggunakan sosial media selama aktivitas toko pop-up kamu berjalan. Misalnya seperti membuat tagar spesial untuk pop-up store yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk diunggah di sosial media, memberikan tanggal resmi pembukaan pop-up store seperti ‘save the date’.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Mengikuti Kursus Data Science?

  1. Memperkenalkan Produk Melalui Penawaran

Dibandingkan hanya mengumumkan produk atau layanan baru yang kamu miliki, cara efektif untuk mempromosikan produk baru yaitu memberikan penawaran khusus. Misalnya seperti harga diskon, atau menawarkan produk secara bundel (paket) hal ini jauh lebih efektif dibandingkan hanya menginformasikan produk begitu saja. 

Promosi lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu memberikan voucher pembelian dan beli satu gratis satu, namun pastikan untuk menekankan bahwa periode promosi tidak akan bertahan selamanya atau hanya dalam periode tertentu saja. Sehingga penting untuk mencantumkan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

  1. Gabungkan dengan Influencer Marketing

Di era digital ini, sudah semakin bertambahnya strategi atau cara pada aktivitas mempromosikan produk bisnis. Influencer marketing salah satunya, yaitu strategi bisnis yang membantu promosikan produk atau layanan kita dengan cara bermitra dengan pengguna media sosial atau blogger populer.

Adanya trendsetter, diikuti dengan pengguna mainstream, dan akhirnya secara lamban mereka meluangkan waktu untuk mencoba menjadi proses yang ada pada influencer marketing. Meskipun masih terdapat persepsi bias dalam menggunakan influencer dalam kegiatan marketing, namun penting bagimu melibatkan pengguna pakar (pengguna) online untuk mempromosikan produk yang sesuai dengan audiens khusus mereka.

  1. Lakukan Email Marketing

Cara efektif lainnya dalam mempromosikan produk dengan biaya rendah yaitu lakukanlah email marketing. Bagaimanapun, strategi ini menjadi strategi marketing yang disukai banyak perusahaan karena dengan metode ini dapat mengakuisisi pelanggan utama mereka.

Bila digunakan dengan benar, situs web menjadi alat yang paling ampuh terutama dalam mengumpulkan informasi kontak pelanggan. Seperti memberikan sebuah arahan berupa formulir pop-up atau chatbot untuk mendapatkan kebutuhan pelanggan secara detail ketika mengunjungi situs web.

Baca juga: Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

Dengan melalui informasi tersebut, kamu dapat mengirimkan email berupa penawaran produk secara teratur. Newsletter juga menjadi cara yang bagus untuk menarik perhatian pelanggan serta menjadi dasar email marketing.

  1. Implementasikan SEO

Jika bisnismu berjalan secara online, cara efektif dan gratis lainnya yaitu mengimplementasikan SEO (search engine optimization). Dengan mengambil langkah untuk optimasi SEO pada bisnis juga memudahkan untuk dikenal masyarakat secara luas. 

Tidak hanya terfokus pada keyword yang digunakan, konten yang bermanfaat baik artikel blog atau post di platform media lainnya menjadi kunci utama. Konten yang relevan akan membuat bisnismu terlihat di mesin pencarian dan hingga mengakuisisi pelanggan secara bertahap.

Ingin memperdalam ilmu SEO dan mulai hands on menggunakan tools analitik lainnya untuk menganalisis data bisnis? DQLab bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu coba, informasi lengkapnya dalam diakses pada tautan ini https://www.dqlab.id/signup

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB