LogoDIGINATION LOGO

Ini 5 Fungsi Google Analytics untuk Bisnis Online

author Oleh DQLab Jumat, 15 Juli 2022 | 12:22 WIB
Share
Share

 

Analitik merupakan metode yang diperlukan untuk dapat memprediksi perilaku pelanggan dengan baik. Apapun bisnis yang sedang kamu jalankan, terutama jika kamu menjalankan bisnis online penting dalam memperhatikan pengunjung serta melacak situs web. Google Analytics menjadi tools analitik yang paling populer digunakan, tidak hanya tools bersifat gratis melainkan juga berguna untuk membantu meningkatkan bisnis berbasis data.

Yuk, simak pembahasan lebih dalam yang telah dirangkum oleh DQLab terkait fungsi-fungsi dari Google Analytics jika digunakan untuk bisnis online:

  1. Membantu Target Marketing

Dengan menggunakan kecanggihan Google Analytics, dapat membantu kamu untuk menentukan target marketing secara tepat. Hal ini dengan memberikan data secara mendetail yang dimana akan terlihat funnels mana yang paling efektif dan mana yang tidak. Google Analytics menawarkan berbagai fitur lengkap dalam mengelola upaya digital marketing, karena pada dasarnya data informasi yang didapatkan oleh perusahaan terkumpul dari berbagai cara.

Adanya Google telah menyiapkan iklan personalisasi yang relevan berdasarkan data geografis yang terkumpul dari klien kamu. Misalnya, kamu telah mengumpulkan sejumlah data dari negara bagian tertentu. Dari kumpulan data tersebut dapat membantu menempatkan iklan seperti apa sesuai target pasar yang sudah ditentukan.

Baca juga: Yuk, Ekspansi Bisnismu dengan Memanfaatkan Peran Big Data

  1. Membantu Memahami Pelanggan secara Real-Time

Fungsi lainnya dari Google Analytics yaitu dapat melaporkan data secara real-time atau waktu nyata yang sedang terjadi. Sehingga, dengan ini bisa memberikan gambaran umum tentang pelanggan yang sedang melakukan aktivitas bisnis online-mu. 

Memahami perilaku pelanggan sangatlah penting bagi pebisnis, dengan mendapatkan data secara real-time akan berdampak juga pada funnel yang efektif dalam mengakuisisi pelanggan serta membuka sebuah strategi atau rencana membuat pelanggan retensi yang lebih baik. 

Dengan tools Google Analytics, kamu dapat menyesuaikan informasi dan laporan berbasis data untuk melihat akurasi seperti akurasi informasi berdasarkan lokasi, segmen usia, jenis kelamin, dan lainnya. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi perilaku yaitu pilih/tekan Behavior -> Site Content -> All Pages. Ini akan menampilkan seluruh tampilan halaman pengguna per konten, dengan mengidentifikasi konten terbaik juga menjadi sebuah pembelajaran yang menarik bagi bisnis kamu agar lebih banyak pelanggan yang mengunjungi bisnis online-mu.

  1. Digunakan untuk Website Tracking

Salah satu bentuk marketing yang sedang trend saat ini, terutama bisnis online yaitu adalah pengoptimalan search engine dan situs web. Dalam mengukur traffic website, Google Analytics menjadi juara dalam memberikan informasi yang lebih terperinci tentang seberapa banyak pelanggan mengunjungi situs web atau bisnis online. 

Pada google analytics dapat menampilkan berbagai laporan terperinci tentang:

  • Organic traffic, pada organic yaitu pelanggan melakukan pembelian atau mengunjungi bisnis online berdasarkan mesin pencarian (search engine)
  • Referral traffic: berbeda dengan organic, pada referral yaitu dimana pelanggan atau pengunjung mengunjungi bisnismu melalui link dari situs web lain atau link yang ditautkan oleh situs web lain ke situs web kamu.
  • Social traffic, sesuai dengan namanya yaitu menampilkan data terperinci terkait dampak media sosial marketing. Pada media sosial traffic ini didapatkan dari Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Youtube, dan media sosial lainnya. 
  • Direct traffic, dapat didefinisikan sebagai kunjungan situs web yang terjadi karena pengguna mengetik URL secara langsung ke browser atau dari bookmark.
  1. Memberikan Visualisasi Data

Fungsi lainnya dari Google analytics yaitu memungkinkan kamu untuk dapat memahami data yang dikumpulan dengan mengkonversinya menjadi sebuah grafik, bahan, atau sebuah spreadsheet yang lebih komprehensif dan menarik dalam menyajikan datanya.

Dengan adanya bantuan dari google analytics ini, dapat membantu cara kerja bisnis secara efektif melalui sebuah dashboard relevan untuk mencapai tujuan bisnis. Visualisasi data sangatlah penting karena digunakan untuk menjelaskan informasi dari data melalui sebuah cerita yang menjawab berdasarkan pertanyaan ‘apa’, ‘bagaimana’, dan ‘mengapa’

Baca Juga: Peran Penting Data Scientist untuk Bisnismu

  1. Menciptakan Inovasi Ide Bisnis Online

Untuk memastikan bahwa bisnis online kamu berkembang, tentu perlu memperkenalkan ide-ide yang baru dan beda dengan para pesaing di industri. Mengingat di era data-driven kerap diimplementasikan dalam bisnis, saatnya giliran kamu untuk mulai menelusuri data lebih dalam yang dapat membantu menyusun strategi bisnis yang dapat ditindaklanjuti.

Ingin belajar data untuk tingkatkan bisnis online? Kamu bisa mencoba pembelajarannya di DQLab.id yang nantinya dapat kamu implementasikan secara langsung di bisnis-mu.



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB