LogoDIGINATION LOGO

Intip Kegunaan Python di Digital Marketing

author Oleh DQLab Jumat, 24 Juni 2022 | 17:25 WIB
Share
Share

 

Tahukah kamu, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk digunakan bagi pemula dan bahkan bahasa yang sangat populer di kalangan praktisi data? Tentu dalam belajar membutuhkan waktu untuk bisa sampai ke tahap tingkat tinggi/lanjut (advance), namun dengan pantang menyerah nantinya akan membantu kamu dalam segala hal terutama bagi marketer sekalipun.

Adanya Data yang menjadi buzzword, kini menjadi sebuah focal point bagi bisnis terutama bagi bisnis digital. Tidak hanya praktisi data saja, marketer juga dibutuhkan memiliki skill python lho. Mengapa? Hal ini karena adanya perubahan penggunaan data membuat digital marketer menggunakan python untuk memfasilitasi sebuah analisis dan otomatisasi data, meningkatkan SEO dan memberikan benefit lainnya. 

Berikut kegunaan dari Python dalam Digital Marketing yang telah dirangkum oleh DQLab.

Python untuk SEO

Tidak hanya menggunakan media sosial, video, iklan dalam melakukan pemasaran, SEO menjadi salah satu komponen penting dan sangat membantu visibilitas bisnismu terutama dalam digital marketing. Python untuk Search Engine Optimization (SEO) untuk digital marketing menjadi alat yang ampuh karena dalam kegunaannya python akan membantu menganalisis SEO yang dimana meningkatkan jumlah kata, deskripsi meta, keywords (kata kunci) yang menarik serta keyword yang dapat menarik traffic di mesin pencarian.

Baca juga:  Ini Dia Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

Bahasa python akan membantu juga untuk mencari keyword sesuai dengan trend atau istilah umum yang relevan dan sedang dicari oleh pelanggan. Melalui deep learning, akan mengkategorikan keyword dengan tujuan dapat meningkatkan strategi pemasaran digital.

Python untuk Segmentasi Customer

Memahami dan mempelajari tindakan serta perilaku konsumen menjadi cara agar dapat meningkatkan atau menyesuaikan strategi marketing apa yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan segmentasi pelanggan. Pada Python memberikan sebuah teknik yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran mesin (machine learning) yang membantu mengkategorikan pelanggan seperti berdasarkan fitur penting (essential feature) dan juga pengalaman pelanggan (user experience). 

Dengan menggunakan bahasa Python akan membantu membuat strategi digital marketing berdasarkan analisis clustering dan modeling data serta visualisasi data yang bertujuan memahami karakteristik pelanggan mendalam.

Python untuk Campaign dan Analisis Marketing

Ketika membangun sebuah strategi marketing tentu tidaklah mudah, terlebih jika strateginya tidak menggunakan data. Banyak marketer kini sudah mulai menggunakan data-driven dengan tujuan agar membantu meningkatkan campaign serta melihat analisis mana cocok agar dapat diimplementasikan menjadi sebuah strategi.

Baca juga: Mau Belajar Python Gratis? Kenali Dasar Bahasa Pemrogramannya

Dengan python, akan membantu kamu mencari sebuah segmentasi pelanggan pada suatu populasi kemudian dapat mengungkapkan sebuah hubungan dan rasio konversi subgrup dalam populasi target tersebut. Tentu setiap produk dalam bisnis akan melibatkan sebuah campaign yang berbeda dan terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk mengkampanyekan satu per satu, namun dengan python akan membantu mengotomatisasikan aspek kampanye berulang sehingga dapat menghemat banyak waktu dan biaya.

Ingin mulai belajar Python? Kamu bisa coba belajar bersama DQLab! Tentunya dengan mulai belajar Python kamu bisa langsung aplikasikan materi pembelajarannya ke dalam bisnis kamu serta dengan belajar Python membantu otomatisasikan marketing bisnismu. 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB