LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Email Marketing dan Intip 3 Cara Penggunaannya

author Oleh DQLab Selasa, 21 Juni 2022 | 16:34 WIB
Share
Share

 

Dalam menjalankan bisnis, membuat funnel marketing yang tepat dapat memberikan sebuah ide gambaran yang lebih potensial mendatangkan pelanggan dan juga meningkatkan jumlah transaksi. Terlepas dari social media marketing, adapun cara pemasaran lainnya yang masih sering digunakan secara personalisasi yaitu email marketing.

Jika strategi email marketing dilakukan dengan benar, maka hal ini dapat meningkatkan penjualan, traffic bisnis dan juga memaksimalkan keuntungan bagi bisnis. Pada artikel DQLab ini, kamu akan mengenal lebih dalam fungsi dari email marketing dan bagaimana cara menggunakannya untuk bisnismu. Yuk, langsung saja simak rangkumannya!

Email marketing: Bentuk Strategi Berbisnis Online

Email marketing adalah proses digital marketing atau pemasaran digital yang dimana melakukan komunikasi dengan audiens melalui pesan surat elektronik atau yang dikenal dengan email. 

Baca juga: Algoritma Machine Learning dalam Digital Marketing

Biasanya pesan yang dikirimkan oleh perusahaan memiliki maksud dan tujuan yang komersil, tetapi tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk memberikan awareness pelanggan atau penerima tentang topik yang menarik pada bisnis yang kamu miliki. Misalnya seperti adanya promosi produk bundling, memberikan e-brochure terkait produk terbaru atau produk unggulan, dan lainnya.

Melakukan email marketing ini, tentunya kamu membutuhkan sebuah database informasi pelanggan baik melalui kuesioner, atau secara sukarela mereka mendaftarkan diri mereka agar mendapatkan email tersebut. Adapun beberapa cara kerja email marketing dengan menghubungkan kamu dengan calon pelanggan:

 

  • Tanya pada pengunjung website, ini dapat menggunakan sebuah formulir untuk mengundang pelanggan agar mendapatkan prospek berlangganan daftar email. Jangan lupa untuk sertakan imbalan yang mereka dapatkan ketika mereka telah memberikan daftar email mereka, seperti kupon voucher atau gratis ongkir untuk pembelian dengan minum pembelanjaan tertentu. 
  • Menawarkan produk gratis, salah satu cara cepat untuk mendapatkan pelanggan yaitu memberikan produk secara gratis misalnya seperti sampel produk best seller yang dapat kamu kirimkan ketika pelanggan melakukan transaksi di situs web kamu atau di e-commerce.

 

Baca juga:  Ini Dia Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

  • Mendorong pelanggan untuk sharing, biasanya di akhir email kamu akan meminta pelanggan untuk meneruskan pesan email ke orang lain. Jika teman dan anggota lainnya menganggap bahwa email ini menarik maka mereka akan juga terdorong untuk mendaftarkan diri mereka tanpa pamrih.

Bagaimana menarik bukan untuk diimplementasikan? Email marketing tidak hanya memberikan peluang berkomunikasi tetapi juga sebagai tools untuk survey minat dan perilaku pelanggan terhadap bisnis online kamu! Starts now, bagi kamu pemula? Jangan khawatir, kamu bisa investasi belajar digital marketing bersama DQLab!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE