LogoDIGINATION LOGO

Tren Bisnis 2022, AI dan ML untuk Sustainability 2.0

author Oleh DQLab Kamis, 19 Mei 2022 | 18:06 WIB
Share
Share

 

Artificial Intelligence merupakan inovasi teknologi yang tidak ada yang bisa menolak akan kehebatannya. Salah satu subset ilmu dari penggunaan AI yaitu Machine Learning, dimana hampir seluruh lini bisnis telah menerapkan Machine Learning atau ML untuk membantu menjawab solusi bisnis dan juga pelanggan sekalipun. 

Dimana secara prosesnya, AI dan ML tidak melibatkan banyaknya instruksi manusia atau campur tangan manusia melainkan akan berdasarkan kumpulan data dan algoritma serta pola yang tetap yang telah dipelajari. Sehingga, para developers di dunia kerja atau dalam bisnis sekalipun menggunakan ML untuk memecahkan masalah penting dengan akurasi serta kecepatan yang tinggi. 

Meskipun penggunaan ML dapat mendorong nilai bisnis dengan baik, namun baru-baru ini muncul kekhawatiran baru terutama pada biaya eksternal dan dampak lingkungan dari ML. Pada artikel DQLab kali ini akan membahas AI dan ML menjadi game changer bagi bisnis terutama untuk sustainability di masa yang akan datang.

Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!

Inovasi Baru dan Long Live Bisnis 

Salah satu contoh pengaplikasian AI dan ML bagi bisnis yaitu seperti meningkatkan penjualan dengan memperkirakan permintaan sesuai dengan data serta dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan secara otomatisasi prosesnya tanpa membutuhkan manusia. Dengan menggunakan AI dan ML juga menjadi metode ‘pelatihan’ baru untuk penghematan energi. Alih-alih ‘pelatihan’ sistem AI membantu peneliti dapat memilih hanya menggunakan artikel tertentu saja dan relevan dengan tujuan penggunaan sistem analitik bisnis tersebut.

Tidak hanya memberikan inovasi baru pada bisnis, melainkan dapat membantu mengurangi kesalahan berupa waktu, desain, hingga lingkungan manufaktur karena AI sendiri dapat digunakan untuk upaya berkelanjutan juga. AI dapat menyeimbangkan kebutuhan permintaan listrik secara real time sekaligus mengoptimalkan penggunaan serta penyimpanan energi untuk mengurangi tarif biaya yang dikeluarkan.

Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021

Mengingat iklim dunia yang tidak stabil dan tidak dapat diprediksi, maka dari sistem energi AI dan ML dapat menghasilkan jaringan yang lebih tangguh dan fleksibel. Secara keseluruhan, jika dampak lingkungan dapat dikurangi menggunakan ilmu AI dan ML dan pebisnis mulai menggunakan kedua ilmu dalam keberlanjutan bisnis mereka maka dapat membuka jalur menuju revolusi digital yang benar-benar hijau atau sustain sampai jangka lebih panjang. 

Guna mempersiapkan sustainabilitas tersebut maka dibutuhkannya pembelajaran dan strategi dengan memanfaatkan data dengan tujuan mengelola perubahan yang lebih efektif, kamu bisa mulai belajar Data Science seperti menggunakan Machine Learning bersama DQLab lho!

Yuk, mulai belajar data dari sekarang untuk inovasi serta membangun terobosan bisnis digital lebih kuat!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB