LogoDIGINATION LOGO

Apakah Data Eksternal Penting untuk Bisnis?

author Oleh DQLab Rabu, 20 April 2022 | 17:18 WIB
Share
Share

 

Data di era digital sudah menjadi komponen penting bagi organisasi bisnis modern, karena melalui data semua informasi pelanggan bisa kamu ketahui dan menjadi bentuk strategi bisnis yang lebih akurat dibandingkan strategi bisnis sebelumnya. Mulai dari mengungkapkan perilaku konsumen, cara berpikir, sampai membuat operasional bisnis yang efektif dan efisien. Agar memahami bisnis lebih dalam menggunakan data internal saja, data eksternal juga sudah mulai digunakan. 

Hal yang terpenting ketika kamu sudah memiliki data eksternal yaitu adalah bagaimana data tersebut dapat terhubung ke dalam ekosistem data yang lebih luas serta dapat dianalisis menggunakan algoritma Machine Learning. Untuk mengenal data eksternal dan mengapa penting bagi bisnis, yuk simak artikel yang telah dirangkum oleh DQLab satu ini!

Mengenal Data Eksternal

Data eksternal merupakan data yang terkumpul dari luar organisasi bisnis dan dianggap sebagai data alternatif atau data dari pihak ketiga. Bentuk dari data eksternal bermacam-macam yaitu mulai dari database pemerintahan, catatan rumah sakit, data cuaca, data hasil pemungutan suara, dan lainnya. Dikarenakan adanya perbedaan dalam menjalankan bisnis di era pandemi, maka hampir seluruh lini industri bisnis telah menggunakan data eksternal dengan cara yang unik dan kreatif sesuai dengan tujuannya.

Baca juga: Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!

Data eksternal yang digunakan oleh entrepreneurs nantinya akan digunakan menjadi sebuah analisis data yang bisa mengembangkan inovasi, mulai dari dapat menentukan pola trend bisnis, mengetahui sifat dan perilaku pelanggan ketika melakukan transaksi, hingga menargetkan target audiens yang sesuai dengan pendapatan dan keputusan ketika melakukan transaksi. Salah satu bentuk data eksternal yang paling sering digunakan yaitu adalah review dari pelanggan.

Review atau ulasan pelanggan nantinya akan dicari tahu lebih dalam terkait item apa dan hal apa yang bisa ditingkatkan dari item tersebut. Sehingga, berangkat dari ulasan pelanggan kamu bisa lho mengoptimalkan inovasi yang sudah tersedia di bisnis kamu. Selain itu dengan menanggapi ulasan pelanggan, menjadi value added user secara emosional. Menggunakan data eksternal juga dapat memberikan retensi pelanggan dan mendatangkan pelanggan baru untuk menjawab kebutuhannya.

Berikut beberapa contoh dari data eksternal yang biasa dimiliki dan digunakan untuk analisis data bisnis lebih lanjut:

  • Trending keywords yang ada
  • Engagement sosial media
  • Customer data seperti data demografis, ketertarikan dan kebiasaan
  • Trade atau asosiasi bisnis
  • Data publik yang bisa dianalisis menggunakan Machine Learning

Baca juga: Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!

Keputusan Data-driven Menggunakan Data Eksternal

Memasuki era transformasi digital ini, perusahaan saling berlomba dan berebut untuk menggunakan data seefektif mungkin. Hal ini dengan tujuan agar data yang telah dianalisis bisa memanfaatkan sebuah model Machine Learning yang dapat memberikan insight pelanggan mereka, serta memahami pola trend yang ada agar lebih siap untuk lebih unggul dibandingkan pesaing.

Menerapkan data-driven juga harus dapat memastikan sumber data eksternal yang terkini dan telah terintegrasi agar tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan hal ini juga bisa mendorong konversi dan strategi yang tepat berbasis data. Pemula terjun di bidang data? Yuk, kamu bisa mulai belajar menganalisis, mengolah dan mengaplikasikan data dengan belajar seru bersama DQLab. Tak perlu khawatir, karena di DQLab tidak hanya module yang lengkap adapun beberapa fitur lainnya bisa membantu optimalkan kelancaran bisnis kamu lho!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE