LogoDIGINATION LOGO

Ini dia Tools Musik, Buat Musisi Lebih Ekspresif

author Oleh Harris Tobing Senin, 14 Maret 2022 | 17:27 WIB
Share
Share

“Musik adalah interaksi. Dengan siapa kita berkarya dan untuk siapa kita berkarya” - Chrisye.

Apapun genre musiknya tiap musik pasti akan selalu berinteraksi, berinteraksi dengan manusia melalui emosi dan perasaannya. 

Bagi dunia musik bukan hanya sekedar penghibur, fungsi musik memiliki pengaruh kuat di bidang politik, terapi kesehatan dan supranatural karena musik sering dijadikan sebagai sarana berekspresi dan sebagai sarana komunikasi. 

Setiap hari kita pasti akan mendengarkan musik, disaat itu disengaja bahkan tidak disengaja. Contohnya saja ketika kita menaiki angkutan umum, atau ketika kita sedang hangout bersama teman-teman di sebuah tempat. Bahkan oleh beberapa orang musik sering dijadikan unsur seleksi dalam memilih tempat, mereka akan memilih tempat dimana terdapat musik yang dapat mereka dengarkan.  

Jadi musik memiliki peran penting bagi kehidupan, tapi apakah kamu sudah tahu kapan hari musik nasional di negara kita? 

Hari musik nasional diperingati pada tanggal 9 Maret, ini berlangsung setiap tahunnya. Peringatan ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013 atas upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik. 

Ditetapkannya tanggal 9 Maret sebagai hari musik nasional oleh presiden SBY karena bertepatan dengan hari kelahiran Wage Rudolf Soepratman. Sebagai yang telah kita ketahui WR Soepratman merupakan pahlawan nasional yang dianggap berjasa besar bagi musik tanah air, ia adalah pencipta lagu kebangsaan kita dengan judul “Indonesia Raya”. 

Berkat kemajuan teknologi, saat ini di era digital musik sudah berkembang dengan pesat, genre musik pun mulai bertambah dengan bervariasi. Begitupun dengan alat music, semua alat musik sudah dapat kita mainkan melalui gadget yang kita punya. 

Baca juga: Menjelang Puasa, NOICE Hadirkan Podcast Eksklusif

Bahkan saat ini terdapat tools musik yang dapat dipakai untuk mempermudah dan memperindah musik yang ingin dibuat. Contoh nya, dengan kita menggunakan tools tersebut kita dapat merubah suara kita yang telah kita rekam menjadi lebih rendah atau menjadi lebih bersih, dengan begini musik yang kita hasilkan dapat lebih berekspresi. 

Bagi kamu yang merupakan seorang musisi atau hobi dalam membuat musik, yuk kita simak tools music apa saja yang dapat membuat musik mu lebih berekspresi!

Fruity Loops

Software musik keluaran Image Line ini bercondong pada pembuatan musik berbasis midi. Fruity Loops begitu sangat popular, tidak hanya pemula yang menggunakannya bahkan DJ profesional kelas dunia juga menggunakan software ini untuk memproduksi musik mereka, hal ini mungkin dikarenakan kemudahaan dalam penggunaannya. Keunggulan lain dari software ini adalah, kamu dapat menghubungkan Fruity Loops dengan DAW (Digital Audio Workstation) lain, seperti Nuendo to Cubase.

Nuendo

Tak kalah populer dengan Fruity Loops, Nuendo juga sangat populer dikalangan para musisi. Mulai dari musisi amatir hingga profesional kerap menggunakan software ini, hanya saja kegunaan software berbeda dengan Fruity Loops, Nuendo digunakan untuk keperluan mixing dan merekam musik. 

Selain itu keunggulan dari Nuendo adalah memiliki fitur yang sangat banyak dan beragam, sehingga memungkinkan input audio yang masuk dapat dibuat sedeikian rupa hingga menjadi kualitas pro. Bahkan untuk mengoperasikan Nuendo tidak perlu memakai komputer yang super canggih, sangat diperlukan sekali yah untuk para musisi pemula.

Baca juga: 7 Situs Web Penyedia Musik Bebas Copyright

WaveLab

Selanjutnya adalah WaveLab. Sama seperti Nuendo, software ini juga hasil dari buatan Steinberg. Berbeda dari software yang kita bahas sebelumnya, WaveLab diperuntukan untuk kebutuhan mastering, meski dapat juga digunakan untuk keperluan multi-track recording. 

Ableton Live 

Ableton Life merupakan salah satu software produksi musik terbaik, reputiasinya dalam industri musik tidak perlu diragukan lagi. Kegunaannya fokus pada pembuatan musik midi. Ableton Live menjadi software favorit bagi para DJ ternama, sehingga kerap sering digunakan untuk pertunjukan live musik mereka.

Pro Tools

Terakhir dan terbaik ada software musik yang bernama Pro Tools. Pro Tools merupakan software produksi musik terbaik yang pernah ada dengan kegunaannya untuk multi-track recording, editing dan mixing. 

Penggunaan Pro Tools tidak semudah mengoperasikan DAW lain seperti Nuendo, dan dari serge harganya pun cukup terbilang mahal. Namun, berkat fiturnya yang beragam menjadikan software ini kerap menjadi andalan bagi studio rekaman besar internasional.

Itulah 5 tools musik yang dapat kamu pakai agar musik kamu dapat lebih berekspresif. Selamat mencoba dan berkarya teman-teman DigiLabs.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE