LogoDIGINATION LOGO

5 Langkah Agar Podcastmu Laku Dipasaran

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 3 September 2020 | 10:19 WIB
Share
Share

Saat ini tren Podcast sedang berkembang pesat di kalangan anak muda. Dari yang ngomongin berita viral sampai ngomongin setan, Podcast menjadi media penyalur kreativitas dan penghilang penat ketika pandemi COVID-19 melanda.

Jadi banyak anak muda yang menjadi penyiar radio dadakan gitu deh, Eits.. sebelum salah kaprah kenalan dulu yuk sama Podcast.

Podcast adalah sebuah rekaman audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh aplikasi untuk bisa mendengarkan audio tersebut.

Rekaman audio ini bekerja dengan sistem off-air bukan on-air atau yang bersifat dapat diulang, jadi beda banget sama radio.

Karena pembuatannya mudah dan simple, bagi kaum muda yang suka ngomong, podcast menjadi pilihan yang tepat untuk meluapkan kreativitas. Nah agar Podcast kamu laku di pasaran, ikutin 5 langkah ini yuk..

Konsisten
Pertama, pengalaman pendengar itu penting. Audiens kamu perlu tahu apa yang diharapkan dan kapan mereka akan mendengar konten kamu lagi. Jadi berikan konten dan pengalaman yang konsisten ke pendengar kamu. Tetapkan format kamu dengan me list elemen-elemen ini:

  • Kemana fokus podcast mu setiap episodenya?
  • Bagaimana kamu akan menghabiskan 15 menit pertama dari setiap episode?
  • Bagaimana bridging kamu setiap segmennya?
  • Ada berapa celetukan iklan per episodenya?
  • Hari apa kamu akan merilis podcast tersebut?

Pendengar mu akan mengharapkan jadwal sehingga mereka tahu kapan episode baru sudah tayang. Selain itu untuk penjadwalan, kumpulkan draftnya sebelum upload sehingga podcast kamu sesuai alur di setiap episodenya.

Lihat Segmen
Lihat dulu yuk audience kamu lebih suka jokes atau konten yang mana. Kamu juga perlu belajar melihat segmen mu itu lebih ke perempuan atau laki-laki atau keduanya. Pastikan juga teknis intonasi, bahasa, dan jokes mu pas dengan pendengar. Beri nama dan konten yang sesuai dengan segmen mu, serta pastikan mereka terhibur dan merespon untuk terus kembali ke podcast mu.

Jadilah diri Sendiri
Jadilah ‘diri sendiri’. Kemungkinan besar, kamu menyukai podcast favorit kamu karena sang kreator ngeklop banget nih sama kepribadian, pengalaman, dan tutur kata kamu. Walau referensi mu ngematch banget sama diri kamu, usahakan jangan meniru. Jadilah dirimu sendiri, dan kamu akan menemukan audiens kamu selama kamu tetap otentik.

Jadilah pendengar
Ayo pikirkan tiga podcast favorit kamu.. Apa yang kamu sukai dari mereka? Apa kualitas audio dan produksi? Atau kamu lebih suka sesuatu yang to the point atau yang banyak basa-basinya?

Konten podcast itu penting, tapi belajar dari podcast orang juga penting. Pikirkan elemen yang kamu suka tentang podcast favorit kamu dan buat daftar apa yang ingin kamu ambil untuk podcast tersebut. Ingat ya cuma buat memperbaiki podcast bukan buat copy paste.

Bersosialisasi
Audiens kamu pasti juga ingin berinteraksi dengan kamu. Salah satu cara untuk melibatkan pendengar kamu adalah menyapa mereka di ulasan. Sebutkan akun sosial kamu dan memanfaatkan media sosial kamu untuk berinteraksi dengan mereka. Orang-orang akan semakin tertarik dengan konten mu, jika mereka tau orang di baliknya juga ramah.

Itulah 5 hal yang harus kamu lakukan agar konten mu laku dipasaran. Jangan takut untuk mencoba! dengan membuat podcast kamu bebas mengekspresikan diri, tapi ingat ya buatlah konten yang mendidik dan jauh dari unsur sara. Selamat Mencoba!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

Tips Sukses Interview Kerja Lewat Zoom

Saat pandemi, interview pekerjaan lebih mengandalkan video conference. Pelajari triknya agar sesi interview berjalan lancar.

Rabu, 15 Juli 2020 | 15:26 WIB
LATEST ARTICLE