LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia! 7 Ide Usaha Ramadan 2022

author Oleh Harris Tobing Selasa, 8 Maret 2022 | 18:09 WIB
Share
Share

 

Tak terasa sebentar lagi umat Muslim akan memasuki bulan ramadan. Meski virus corona masih mewabah, peluang usaha ramadan tahun ini diprediksi akan lebih menguntungkan.

Pada ramadan tahun 2020, kita merasakan betapa ketatnya pemerintah menyebar surat edaran untuk meminimalisir pelaksanaan shalat tarawih, meminta masyarakat untuk tidak melakukan sahur on the road dan membatasi restaurant untuk makan ditempat agar tidak ada buka puasa bersama.

Lalu bagaimanakah peluang usaha Ramadan di tahun ini? 

Meski tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga diri agar lebih berhati-hati, namun setidaknya ada banyak peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan di puasa tahun ini. 

Selain bulan yang penuh berkah, antusias masyarakat terhadap bulan ramadan juga sangat ditunggu-tunggu, euforia bangunin orang sahur, mencari takjil sambil ngabuburit, bulan ramadan adalah peluang usaha yang menjanjikan.

Di tahun ini pemerintah juga sudah mulai melonggarkan beberapa peraturan contohnya makan di restaurant hal ini seiring meluasnya penyebaran vaksinasi. Hal ini menandakan tidak ada alasan lagi untuk menunda timeline bisnis mu. Mumpung masih ada waktu kurang lebih satu bulan lagi, yuk persiapkan diri kamu dari sekarang untuk memulai usaha. 

Jadi apa saja sih ide usaha yang memiliki peluang menguntungkan?

1. Takjil

Kurang baik rasanya jika takjil tidak termasuk dalam daftar usaha yang menguntungkan. Usaha takjil adalah usaha yang paling laris manis di saat bulan ramadan, ini karena takjil sangat dicari banyak orang menjelang buka puasa. 

Dalam islam dianjurkan untuk menyegarkan saat berbuka puasa, kamu harus tahu kata takjil diambil dari kata ajjala, dalam bahasa Arab yang berarti menyegarkan atau pengertian lebih luasnya adalah perintah menyegerakan berbuka puasa. Contoh takjil yang bisa kamu masukan dalam menu usaha adalah es buah, kolak dingin, biji salak, es potong, es dawet, salad buah hingga pudding. 

Baca juga : 4 Langkah Menciptakan Ide Bisnis yang Cuan

2. Gorengan

Tidak perlu modal banyak, selain takjil kamu juga bisa dapat untung besar dari berjualan gorengan. Tidak afdol rasanya jika buka puasa tanpa gorengan. Tidak usah pusing mencari peluang usaha, jualan gorengan bisa menambah pendapatan kamu di bulan puasa. Jangan lupa taruh dagangan mu di aplikasi food delivery. Karena masih dalam suasana pandemi, rejeki mengalir dari food delivery. 

3. Makanan siap saji dan Frozen Food

Selain menjual menu buka puasa kamu juga bisa membuka menu cepat saji ketika sahur. Bukan hanya peluang, ide usaha ini sangat tepat bagi orang yang telah bangun sahur. Jika kamu malas untuk masak di pagi buta untuk membuka usaha menu sahur. Kamu bisa menjual frozen food. Lauk yang dibekukan ini masih menjadi incaran karena praktis dan awet.

4. Pakaian Muslim

Membeli pakaian baru sudah menjadi tradisi di hari lebaran, oleh karena itu kita sering melihat penjual pakaian muslim dimana-mana. Mulailah mencari ide bagaimana desain pakaian yang akan kamu jual, buat lah desain semenarik mungkin sesuai dengan trend di tahun ini, tapi jangan lupakan sisi nilai dan fungsinya dari pakaian muslim. Cari lah rekan usahamu untuk membuat usaha ini, seperti penjahit. Selain membagi rezeki kepada orang lain, penjahit akan membantu menerapkan baju yang telah kamu desain. Setelah itu jual pakaian yang telah kamu buat di toko online, untuk menarik pembeli lebih luas.

5. Perlengkapan Sholat

Selain menjual pakaian muslim, salah satu usaha yang laku di pasaran adalah perlengkapan sholat. Perlengkapan sholat ini biasanya dijadikan kado disaat melakukan silaturahmi kerumah saudara. Maka dari itu, usaha ini juga bisa dijadikan usaha di bulan ramadan. Kamu bisa menjual sajadah, mukena, peci, hingga tasbih.

Baca juga : Menjadi Perempuan yang Mandiri Finansial, Kenapa Tidak?

6. Hampers 

Hampers bisa dibilang jadi peluang usaha yang tidak ada matinya. Mulai dari acara pernikahan, acara wisuda, hingga moment ramadan hampers sangat cocok untuk diberikan. Hal ini menjadi alasan tepat buat kamu untuk membuka usaha hampers di saat bulan Ramadhan. 

Disaat bulan ramadan hampers bisa berbagai macam bentuk dan isinya, bisa makanan, snack, hingga peralatan shalat. Untuk hampers makanan akan menjadi pilihan yang tepat di saat bulan ramadan tahun ini. Agar mudah laku dipasar, kamu perlu mengkreasikan hampers buatanmu sekreatif mungkin guna membedakan buatanmu dengan buatan orang lain, untuk itu pelajarilah bagaimana cara mengemas dan merakit isi-isinya. 

7. Jasa Sewa Mobil 

Lebaran juga menjadi momen kumpul keluarga. Oleh sebab itu fenomena mudik atau pulang kampung selalu melonjak saat lebaran. Alih-alih meminimalisir penyebaran virus dari transportasi umum sebagai teknik marketing, kamu bisa sewa mobil mu untuk tetangga atau orang yang lain yang membutuhkan. Tarifnya bisa kamu sesuaikan dengan jarak dan waktu penyewa. Jangan lupa untuk memberikan alat pelacak di dalam mobil kamu, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Untuk mempromosikannya kamu bisa memarkirkan mobil kamu di depan rumah, dan menuliskan bahwa mobil ini disewakan, atau melalui media sosial seperti Instagram dan facebook.

Jadi itu dia ide bisnis yang bisa kamu coba di bulan ramadan tahun ini. Apa kamu punya ide bisnis lainnya? Apapun idenya, yuk langsung buat timelinenya mumpung peluang didepan mata.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB