LogoDIGINATION LOGO

Menjadi Perempuan yang Mandiri Finansial, Kenapa Tidak?

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 20 Januari 2022 | 21:08 WIB
Share
Share

Menjadi seorang perempuan yang mandiri finansial adalah pencapaian yang sangat mungkin didapatkan generasi sekarang. Apalagi, saat ini banyak perusahaan dan pekerjaan yang terbuka bagi perempuan untuk mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan bidangnya.

Tak cuma berbicara perihal kesetaraan hak, keberhasilan perempuan untuk mandiri secara finansial menjadi hal yang sangat penting mengingat hampir semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh kondisi finansial. 

Dengan menjadi perempuan yang mandiri finansial, kamu bisa mendapat banyak manfaat untuk kehidupan. Bukan tanpa alasan, banyak keuntungan untuk perempuan yang mandiri finansial. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Memenuhi kebutuhan hidup

Kita tahu jika kebutuhan perempuan cukup banyak seperti biaya make up, mengembangkan diri lewat pelatihan, membeli kebutuhan fesyen tas atau pakaian, dan kebutuhan bertemu teman-teman. Dengan mandiri finansial, kamu dapat memenuhi kehidupan sehari-hari bahkan kebutuhan sekunder dan tersier. 

2. Tidak bergantung kepada orang lain

Perempuan yang mandiri tidak akan mudah khawatir saat dirinya sendirian dalam menjalani hidup. Kebiasaannya dalam menjalani hidup sendiri membuatnya tidak bergantung pada siapapun. Perempuan perlu belajar mengandalkan dirinya sendiri, sehingga saat diguncang masalah, diri kerap terbiasa menghadapinya.

Baca juga : Bisnis Kuliner Masih Relate Nggak Sih di Tahun 2022? 

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Percaya atau tidak, kemandirian secara finansial dapat membuat kita menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi segala hal. Yups.. Hal ini karena kemampuan kita memenuhi segala kebutuhan kita sendiri. Disisi lain, hal inilah yang akhirnya membuat kita merasa lebih berani dalam mengambil segala keputusan secara bebas tanpa dipengaruhi oleh orang lain. 

4. Menjadi panutan

Seperti dilansir dari laman Life Hack, perempuan yang mandiri cenderung menjalani hidup dengan seimbang karena memiliki pendirian yang kuat terhadap keinginannya. Keberadaan perempuan mandiri dalam bidang finansial seringkali dijadikan panutan bagi perempuan lainnya, karena kemampuan berdiri sendiri menjadi sebuah motivasi agar dapat mandiri dan berani dalam mengambil segala keputusan. 

5. Tetap happy jadi Generasi Sandwich

Buat perempuan yang menjadi penopang hidup di keluarganya, mandiri finansial sangatlah membantu. Penghasilan yang diterima dapat dibagi untuk kebutuhan keluarga sendiri dan kebutuhan bagi orangtua yang sudah lanjut usia.

Survei di Amerika Serikat tahun 2007 menunjukkan bahwa hampir 40% perempuan generasi sandwich melaporkan tingkat stres yang ekstrem. Stres ini tidak hanya mempengaruhi relasi personal terhadap pasangan, anak dan keluarga, namun juga mempengaruhi kesejahteraan diri sendiri. 

Baca juga : Ciri-ciri Entrepreneur Sukses

Dengan menjadi perempuan mandiri, kamu bisa lebih siap menjadi generasi sandwich, sehingga masalah ekonomi yang biasa dialami generasi sandwich akan teratasi karena lebih siap dalam segi finansial.

Agar lebih siap menjadi generasi sandwich saksikan talkshow Digital DNA Episode 9 yang akan membahas ‘Tetap Happy jadi Generasi Sandwich’ pada Jumat (21/1/2022) pukul 16.00 WIB di kanal YouTube Digination.id bersama narasumber yang berkompeten di bidangnya. Jangan sampai kelewat ya! 

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB