LogoDIGINATION LOGO

Ini Alasan NFT Trend Digunakan Dalam Bisnis!

author Oleh DQLab Rabu, 9 Februari 2022 | 12:57 WIB
Share
Share

 

Memasuki tahun 2022 dan masih dilanda oleh virus COVID-19 ini, mengharuskan khalayak untuk mencari sebuah inovasi dan solusi yang kreatif serta unik agar tetap bisa mempertahankan stabilitas ekonomi dan teknologi secara bersamaan. NFT menjadi fenomena yang sedang hangat dibicarakan bagi khalayak dan secara cepat sudah semakin banyak khalayak ikut serta dalam trend NFT ini.

Uniknya dari kemunculan NFT menjadi aset digital berbasis blockchain yang menjadi potensi besar bagi pebisnis di ruang virtual secara global.

Ingin tahu apa saja alasan tren NFT begitu berdampak bagi pertumbuhan secara substansial di pasar digital terutama di masa depan? Yuk, simak artikel yang sudah dirangkum oleh DQLab berikut ini!

  1. Memahami Apa itu NFT

Setelah mendengar kalimat NFT atau kejadian Ghozali tersebut, tentunya kamu ingin tahu lebih lanjutkan sebenarnya apa itu NFT? NFT atau Token non-fungible adalah sebuah aset digital yang mewakili berbagai hal secara virtual dan fisik dan tidak dapat digantikan dengan yang palsu karena telah dibuat di blockchain yang dapat dilacak kembali oleh pemilik atau pembuat aslinya.

NFT sendiri berbagai macam jenisnya mulai dari foto, video, musik, kupon, sertifikat keaslian, file ID, catatan atau dokumen penting dan lain sebagainya. Memasuki era digitalisasi ini NFT semakin ingin dikenal oleh masyarakat terutama menjadi potensi besar bagi pebisnis sekaligus.

Adanya dua alasan besar mengapa mengadopsi NFT sebagai peningkatan maupun penjualan, karena secara teori ekonomi suatu barang yang dinyatakan ‘langka’ akan berpengaruh pada permintaan yang tinggi sehingga pada permintaan tersebut bagi pebisnis mereka akan menaikkan harganya.

Baca juga: Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu

  1. Identifikasi dan Dokumentasi

Terkadang kegiatan di ruang virtual membuat kita akan khawatir pada dokumen penting dan bersifat rahasia, namun NFT dapat memungkinkan mengetahui manajemen identitas pribadi dengan baik. NFT sendiri berisikan kode dengan serangkaian informasi yang unik dan dapat digunakan untuk menandai sebuah dokumentasi penting seperti lisensi, sertifikat akademik, kualifikasi, catatan penting pribadi dan lainnya. 

Dengan melalui blockchain sebagai NFT pada seluruh identitas atau dokumentasi pribadi, nantinya akan dapat ditelusuri kembali oleh pemilik tersebut. Misalnya sebagai contoh dalam industri medis atau kesehatan, NFT dapat bekerja untuk menyimpan dan melindungi untuk mencegah terjadinya pencurian data identitas pasien bersifat dokumen terkait profil pribadi, detail alamat, hingga riwayat medis secara digital.

  1. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Aspek penting dalam bisnis tentu tidak hanya internal saja, aspek luar (eksternal) juga menjadi tolak ukur kesuksesan bisnis yang kamu jalankan. Salah satunya adalah pengalaman dan keterlibatan pelanggan ketika menggunakan jasa/produk bisnis kamu. NFT dapat memperluas atau meningkatkan basis pelanggan dan memungkinkan bisnis untuk terlibat secara digital. 

Sebagai contoh yaitu dalam dunia entertainment, para pebisnis kini sudah mulai menggunakan tren NFT dengan tujuan memberikan sebuah aset digital untuk para penggemarnya agar penggemar yaitu sebagai pelanggan yang setia untuk ikuserta mengoleksi hal-hal yang ‘menarik’. 

Biasanya program yang ditawarkan sifatnya akan lebih limited edition dan akan memberikan fasilitas khusus, HYBE Labels misalnya yaitu salah satu label agensi entertainment berkolaborasi dengan perusahaan fintech Duniamu yang akan menggunakan trend NFT dengan tujuan memberikan pengalaman penggemar secara global di ruang virtual.

Dengan begitu, perusahaan menawarkan kontrak cerdas yang dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Baca juga: Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Digital Aset Bagi Creator Bisnis

Serangkaian tren NFT lainnya memang tidak bisa dipungkiri manfaatnya, karena pasalnya di masa depan nantinya akan terus didominasi oleh serangkaian aset secara digital. Hal ini menjadikan sudah mulai banyak permintaan dari perusahaan bisnis membutuhkan seseorang yang dapat membantu melindungi data hingga membuat sebuah algoritma Machine Learning untuk bisa menggunakan tren NFT dalam bisnis mereka.

Jika kamu berminat untuk mulai belajar data untuk mempersiapkan bisnis kamu di masa depan, kamu bisa mencobanya di DQLab.id! Tidak hanya memberikan module belajar yang lengkap melainkan juga kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada bisnis kamu!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB