LogoDIGINATION LOGO

Perlukah Merekrut Data Scientist untuk Bisnis di 2022?

author Oleh DQLab Senin, 31 Januari 2022 | 19:26 WIB
Share
Share

 

Mungkin saat ini kamu sedang mencari alasan apakah perlu merekrut seorang praktisi Data Scientist untuk bisnis di tahun ini. Karena kamu telah menemukan artikel ini, pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan profesi Data Scientist.

Sudah banyak Data Scientist bekerja di berbagai lini industri bisnis besar, startup ataupun UMKM sekalipun. Premis dasar dalam menjalankan suatu bisnis adalah mendapatkan sebuah keuntungan baik dari sisi pelanggan maupun bagi perusahaan itu sendiri, terutama transformasi digital menjadi sebuah alasan utama semakin meningkatnya perusahaan ingin mempekerjakan keahlian yang dimiliki praktisi data.

Namun sebenarnya, apa sih Data Scientist itu? Apakah bisnis kamu perlu membutuhkan seorang Data Scientist? Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab ini, akan membahas tuntas profesi beserta role dari Data Scientist dan memberikan alasan untuk kamu dalam memutuskan perlu atau tidak Data Scientist dalam bisnis. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis!

  1. Introduction: Data Scientist

Data Scientist adalah profesi kekinian di era digital yang memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan dataset kemudian data tersebut dianalisis agar bisa menjadi sebuah data yang berwawasan dan berguna. Umumnya, praktisi Data Scientist akan terlibat secara signifikan dengan membuat sebuah eksperimen mereka sendiri, menentukan pola, membangun sebuah algoritma, hingga mengubah data menjadi lebih sederhana dan dipahami oleh orang lain. 

Data yang digunakan oleh Data Scientist nantinya akan dilaporkan kepada pemangku kepentingan dan juga tim lainnya sehingga Data Scientist diharuskan bisa bekerja secara kolaboratif dalam bisnis atau perusahaan tersebut. Menjadi di Data Scientist di industri harus memiliki jiwa ‘kepo’ yang tinggi, karena hampir setiap harinya pekerjaan yang dilakukan oleh praktisi Data Scientist yaitu mencari validasi atas data yang sudah didapatkan sehingga membutuhkan analytical dan critical thinking agar dapat memecahkan masalah serta decision making yang strategis.

Baca juga: Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

  1. Role Data Scientist

Setelah mengenal secara umum tentang Data Scientist, maka pada poin ini kamu akan mengenal role Data Scientist lebih mendalam. Dengan kamu mengenal profesi ini lebih baik maka akan membantu kamu dalam menentukan role Data Scientist yang tepat untuk bisnis kamu.

Peran utama seorang Data Scientist dalam bisnis adalah mengatur dan menganalisis sebagian besar data dengan menggunakan perangkat analitik yang khusus, kemudian memberikan hasil data kepada pemangku kepentingan untuk membuat keputusan bisnis. Sehingga tidak hanya hard skill saja yang dimiliki melainkan juga soft skill seperti skill komunikasi, story telling, dan yang tak kalah penting adalah passion dalam bisnis.

  1. Mengapa Bisnis Membutuhkan Data Scientist?

Big Data tidak berarti apa-apa tanpa seorang praktisi data yang handal yang menerapkan teknologi untuk mendapatkan wawasan yang berguna. Sudah banyak pebisnis yang berlomba-lomba merekrut seorang Data Scientist agar bisa menjadi lebih unggul di industri menggunakan dataset yang jumlahnya besar. Berikut beberapa alasan saatnya kamu mulai Data Scientist untuk bisnis kamu:

  • Promosikan ekspansi bisnis, hal ini Data Scientist akan memberikan sebuah insight baru dan juga pola dalam market bisnis yang bisa memungkinkan mendatangkan pelanggan baru atau bahkan pelanggan bisa melakukan retensi pada produk atau layanan jasamu. Data Scientist dan tim Marketer akan melakukan sebuah kolaborasi untuk merancang sebuah campaign dan menentukan target audience baru sehingga dapat memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan campaign di masa depan.
  • Manajemen untuk mengambil keputusan bisnis, Data Scientist mampu mengembangkan sebuah model menggunakan data yang dapat memicu banyaknya potensial positif, sehingga hal ini juga membantu manajemen mengambil keputusan dengan maksimal. Dalam lanskap bisnis yang kompetitif di era digital ini, membuat keputusan tertentu dan juga menerapkan perubahan tersebut begitu penting. Maka disinilah Data Scientist akan membantu mengukur metrik yang terkait dengan perubahan serta mengukur kesuksesan bisnis.

Baca juga: Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Data Science adalah Bidang yang Berkembang

Pada transformasi digital, penggunaan Big Data terkadang sulit dipahami karena tingkat kompleksitas data yang jumlahnya besar. Tetapi bisnis yang berhasil menerapkan teknologi untuk menganalisis dan memanfaatkan data akan memberikan manfaat substansial bagi bisnis mereka. Dengan memanfaatkan keahlian praktisi Data Scientist dapat membantu mendapatkan informasi yang berguna karena mengingat Data Science di masa depan akan terus berkembang dan memungkinkan melahirkan jutaan praktisi data karena semakin meningkatnya bisnis mempekerjakan praktisi data untuk mengambil keputusan sehingga mendorong profitabilitas bisnis.

Jika kamu ingin mempelajari Data Science dan mengenal Data Scientist lebih dalam untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, kamu bisa bergabung bersama DQLab untuk belajar bersama dan kamu bisa mengaplikasikan langsung pada bisnis kamu lho. Jangan khawatir, belajar Data Science terbuka untuk kamu terutama yang memiliki passion bidang Data dan bisnis!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB