LogoDIGINATION LOGO

Peluang Besar Sharing Economy di Indonesia

author Oleh Ana Fauziyah Minggu, 21 Januari 2018 | 05:37 WIB
Share
Istilah sharing economy merujuk pada model bisnis yang menggabungkan beberapa pihak, aset dan berbagi keuntungan bersama
Share

Istilah sharing economy merujuk pada model bisnis yang menggabungkan beberapa pihak, aset dan berbagi keuntungan bersama. Istilah ini juga bisa disebut dengan banyak definisi, mulai dari open source, online collaboration, file sharing, hingga peer-to-peer transaction.

“Dari perspektif ekonomi, sharing economy atau collaborative consumption adalah sebuah proses mengoptimalisasi sumber daya melalui sebuah sistem teknologi,” papar Henry BL Toruan, ekonom TIS Intelligence, mengutip siaran resmi Kominfo (21/01).

Model bisnis semacam ini mulai ngetren di Indonesia, salah satunya terlihat dari peningkatan on-demand applications (aplikasi) dan menyebabkan disrupsi. Indonesia sendiri menjadi negara dengan peluang besar dalam pertumbuhan dan perkembangan sharing economy.

Hal tersebut dikarenakan populasi penduduk Indonesia yang sangat besar mencapai 252 juta jiwa, sehingga memungkinkan bertumbuhnya peluang bisnis dan investasi terutama di industri teknologi dan informasi. Terlebih banyak problem di tanah air yang belum sepenuhnya terselesaikan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan sharing economy akan bertumbuh di sektor ekonomi yang masih terjadi ketidakefisienan. “Masyarakat akan memanfaatkan model bisnis sharing economy untuk mengatasi ketidakefisienan,” jelas Rudiantara.

“Di Indonesia, banyak perusahaan teknologi yang mengadopsi model bisnis ini. Awalnya popular di sektor transportasi, seperti Go-Jek, Uber dan Airbnb, yang kini telah menjadi popular di sektor wisata. Platform-platform ini memberikan solusi atas ketidakefisienan,” tuturnya lagi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Ekonomi Digital Indonesia, Dari Market Place ke Services

Berdasarkan kajian Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia punya potensi ekonomi digital yang paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bagaimana agar potensi tersebut dapat diraih?

Senin, 17 Februari 2020 | 17:24 WIB

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB