LogoDIGINATION LOGO

4 Keuntungan Big Data, Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

author Oleh DQLab Rabu, 26 Januari 2022 | 16:40 WIB
Share
Share

 

Beberapa tahun sebelumnya, ketika kita meluncurkan sebuah bisnis baru biasanya akan membutuhkan waktu yang lama untuk melihat hasilnya dan mendapatkan target pelanggan. Tidak hanya mengeluarkan biaya yang besar, melainkan juga tenaga kerja untuk dapat membantu pencapaian target pada bisnis mereka.

Di era digital ini, bagi tech savvy melihat satu peluang dan potensi besar yang bisa optimalkan bisnis bergeser di ranah digital yaitu adalah penggunaan Big Data untuk melihat kebutuhan pelanggan dan perilaku secara mendetail terkait informasi pelanggan dengan akurat.

Itulah mengapa bagi kamu pemimpin bisnis untuk tahu lebih dalam bagaimana cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan baik. Yuk, simak artikel DQLab kali ini sampai habis untuk mengetahui keuntungan lainnya dari Big Data yang bisa bantu mendorong bisnis kamu!

  1. Analisis Sentimen

Pada dasarnya pelanggan dalam melakukan retensi disuatu perusahaan bisnis akan seringnya menggunakan pendekatan emosional dan insting mereka. Namun, tidak menutup kemungkinan juga mereka akan menggunakan pemikiran yang logis jika harus memutuskan produk mana yang akan dibeli dan didukungnya. Analisis sentimen atau sentiment analysis adalah alat klasifikasi teks yang paling umum digunakan dalam menganalisis pesan masuk dan memberi tahu apakah sentimen yang mendasari positif, negatif, atau netral. 

Proses ini biasanya akan melibatkan AI menggunakan algoritma Machine Learning untuk menemukan petunjuk halus tentang apa yang memotivasikan pelanggan secara emosinal. Dengan mendapatkan data bersifat emosional tersebut maka kamu bisa menyesuaikan pesan apa yang ingin dibangun agar bisa menarik perhatian yang lebih serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan di benak pelanggan.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu

  1. Meningkatkan Komunikasi

Tidak hanya memberikan data emosional melalui analisis sentimen, manfaat Big Data dalam peningkatan pengalaman pelanggan yaitu perusahaan dapat bisa meningkatkan komunikasi dengan baik. Dengan menggunakan kekuatan teknologi komputer yang canggih maka data yang terkumpulkan didapatkan dari berbagai channel atau media, sudah banyak perusahaan besar di berbagai lini industri mengembangkan merek mereka melalui aplikasi atau situs web untuk menyediakan kebutuhan mereka secara efektif. 

Dalam aplikasi atau memiliki situs web sendiri maka pelanggan dapat memberikan sebuah feedback baik berupa kritik dan saran terhadap merek tersebut. Data feedback juga menjadi data yang sangat vital bagi pebisnis, karena wawasan data bisa dijadikan sebuah ruang pengembangan (improvement) atau inovasi berdasarkan atas jawaban dari pelanggan. Dengan begitu, maka pelanggan akan mereka diperhatikan serta dapat membangun komunikasi yang terbuka.

  1. Personalized Berdasarkan Pengalaman

Sebagian besar pada setiap pengalaman pelanggan data yang terkumpul berasal dari metode pembayaran, waktu pembayaran, catatan pesanan, atau data lainnya yang terkait dengan peristiwa pelanggan tersebut. Big data menggunakan algoritma Machine Learning akan memberikan sebuah personalisasi berdasarkan pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan. Dalam upaya personalisasi akan memungkinkan mengetahui seberapa tingginya awareness yang dibangun oleh bisnis kamu hingga mereka bisa datang di situs web bisnis kamu.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

  1. Prediksi Trend Bisnis di Masa Depan

Salah satu kekuatan dari penggunaan Big Data dan diimplementasikan ke dalam bisnis yaitu potensi prediktifnya. Adanya Big Data perusahaan tidak hanya bisa melihat wawasan dari masa lalu dan masa kini saja melainkan juga mereka dapat melihat secara sekilas masa depan mereka dan masa depan secara keseluruhan trend di pasar.

Jika kamu ingin lebih unggul dan lebih siap dalam kompetisi di era digital, saatnya mulai belajar data dan mengimplementasikan pembelajarannya. DQLab membuka kesempatan bagi kamu yang ingin belajar data secara otodidak dan nantinya kamu bisa mengimplementasikan langsung pada bisnis kamu secara real case! Dengan mengambil langkah yang tepat dalam mensukseskan bisnis, saatnya bekerja based on data yuk!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB