LogoDIGINATION LOGO

Keunggulan Tren Data Analytics dalam Bisnis di 2022

author Oleh DQLab Jumat, 21 Januari 2022 | 19:40 WIB
Share
Share

 

Data dan bisnis apakah bisa bersama? di tahun 2022, justru penggunaan Data kini kian meningkat terutama bagi pebisnis yang sudah menjalankan bisnis mereka menggunakan jejak digital.

Mereka yang sudah berada disini maka akan semakin besar peluang bisnis dan melebarkan sayap mereka. Tidak hanya itu juga, hal ini berdampak pada kebutuhan talenta data untuk membantu menganalisis bisnis mereka menggunakan kumpulan database yang dimilikinya.

Ya, mungkin banyak dari kamu tidak menyadari bahwa hampir setiap harinya volume data akan terus bertambah jumlahnya. Menyebabkan tren data analytics juga menjadi perhatian bagi bisnis untuk menyukseskan tujuan bisnis mereka.

Pada artikel DQLab kali ini akan membahas beberapa keunggulan jika kamu terus up to date tentang tren kekinian yang satu ini bagi bisnis di tahun 2022. Yuk, langsung simak artikel berikut ini!

  1. Predictive Analytics

Predictive Analytics atau analitik prediktif merupakan sebuah hasil analisis praktik dari business intelligence dengan Big Data. Sudah banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknik analitik prediktif untuk menerapkan algoritma Machine Learning dan melakukan data mining untuk mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Predictive analytics dalam Big Data nantinya akan bisa memprediksi apa yang memungkinkan dapat terjadi di masa depan, dengan demikian hal trend analitik ini menjadi sebuah strategi yang sangat efisien dalam mengoreksi atau mengungkapkan kumpulan data kemudian dianalisis untuk bisa memprediksi respon pelanggan. 

Dengan adanya analitik prediktif perusahaan atau organisasi dapat terbantu untuk menetapkan langkah-langkah seperti apa yang harus dipraktikkan dalam bisnis mereka, hal ini juga bisa membantu sebagai langkah antisipasi yang tepat karena berdasarkan data. Sebagai contoh adalah menerapkan ‘Produk Serupa’ atau ‘Rekomendasi yang Terkait’, dengan demikian bisa memberikan sebuah prediksi yang bermanfaat yaitu mengetahui kebutuhan pelanggan dengan tepat dan berdasarkan data pelanggan.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

  1. Data sebagai ‘Service’

Di era digitalisasi ini, sudah mulai berkembang dan bertambahnya software maupun aplikasi yang bisa membantu mensejahterakan kehidupan manusia. Namun bukan berarti posisi manusia tergantikan begitu saja oleh Artificial Intelligence, justru dengan adanya campur tangan manusia dapat menjadikan data menjadi alat pembantu mengembangkan inovasi dengan maksimal.

Data sebagai sebuah layanan menjadikan salah satu trend yang memberikan dampak positif bagi bisnis dan memudahkan mencapai tujuan bisnis atau organisasi. Selain itu, data sebagai layanan akan menerapkan cloud technology untuk memberi pengguna dan aplikasi sebuah akses informasi permintaan tanpa bergantung pada seseorang atau aplikasi.

  1. Sebagai Tools Bisnis Digital

Adanya transformasi digital merupakan sebuah fenomena global yang dapat mendorong revolusi tidak hanya bidang teknologi, melainkan juga industri lainnya. Transformasi digital ini akan terus berjalan seiring dengan adanya Big Data, AI, Machine Learning dan Internet of Things (IoT). Sehingga, digitalisasi ini menjadi sebuah tools yang solid dan tepat karena analitik yang dilakukan berdasarkan kumpulan data. Industri mulai dari layanan kesehatan hingga dunia entertainment kini sudah menerapkan data-driven dan bergeser menjadi bisnis digital. 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Masa Depan dengan ‘Data Universe’

Dengan bantuan teknologi baru dalam Data Analytics maka dapat memungkinkan membentuk industri dan bisa mengubah industri dengan menggunakan keunggulan data. Manfaatnya yang tidak hanya menguntungkan bagi pebisnis namun juga berdampak positif hingga periode di masa depan karena kemampuan data yang mendapatkan wawasan lebih akurat.

Kini pebisnis di industri sudah mulai merangkul perubahan yang terjadi, dengan tujuan untuk bisa mengembangkan bisnis yang di era digital. Untuk itu, kamu bisa mulai ikuti tren Data Analytics di tahun 2022 ini dengan mulai belajar di DQLab.id dan mengimplementasikan pembelajarannya agar bisnis yang kamu jalani lebih siap berkompetisi dan menjadi lebih unggul di industri!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB