LogoDIGINATION LOGO

Ciri-ciri Entrepreneur Sukses

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:09 WIB
Share
Share

Apa artinya menjadi entrepreneur atau pengusaha sukses? Apakah kita harus terlahir menjadi orang yang memiliki privilege, ekstrovert dan good looking untuk membujuk pelanggan? Tidak!

Tidak semua sifat baik di atas menjadi pilar utama seorang entrepreneur. Banyak entrepreneur sukses saat ini adalah orang-orang yang mungkin Kamu anggap remeh.

Faktanya, kisah nyata dari Steve Jobs, orang di balik kesuksesan Apple, pernah diolok-olok dan diremehkan ketika muncul dengan ide iPod-nya yang saat itu Sony sedang berkibar dengan Walkman-nya. 

Tapi Jobs gak nyerah. Dia ngotot iPod harus diproduksi karena beda dengan produk Sony. Hasilnya, iPod disukai banyak orang meski harganya relatif mahal. Walkman yang populer itu langsung tenggelam gara-gara iPod.

Siapapun itu bisa menjadi entrepreneur sukses! Namun, ada beberapa ciri kepribadian utama yang dimiliki oleh hampir semua pengusaha sukses yang bisa kamu jadikan acuan dan kamu asah sejak dini. Simak berikut ini :

  1. Etos Kerja yang Kuat

Pengusaha sukses tahu betul tentang etos kerja. Jika kamu masih menjadi karyawan, lihat dirimu dan teman sekitarmu! Jika temanmu sebagian besar meluangkan waktu mereka hanya untuk pekerjaan, maka bisa dibilang mereka memiliki etos kerja yang kuat dan merupakan calon-calon pengusaha sukses. Bekerja dengan orang lain saja mereka bisa segiat itu, bagaimana jika mereka membentuk usahanya sendiri? Kebayang kan?

Baca juga : Be Famous with Digital DNA : Membangun Konten Kuat untuk Menjaga Eksistensi Produk

  1. Kreativitas

Perusahaan yang berkembang sering kali dibangun dari kreativitas liar para penciptanya. Dengan persaingan yang agresif akhir-akhir ini, pengusaha dipaksa untuk memunculkan ide-ide orisinal yang membedakan perusahaan mereka dari yang lain. Kreativitas bisa berarti memikirkan ide bisnis yang unik. 

  1. Memiliki Jiwa Self-Starter

Seorang self-starter tidak akan menunda sesuatu sampai semuanya terlambat. Self-starter adalah seseorang yang melakukan apa yang perlu dilakukan tanpa diminta atau didorong untuk melakukannya. Mereka mengambil inisiatif pada suatu pekerjaan atau peluang dan berusaha dikerjakan sendiri. Orang yang memiliki self-starter yang kuat cenderung menyukai hal tersebut karena menurut mereka tantangan yang membantu mereka tumbuh sebagai wirausahawan dan membuat bisnis lebih kuat.

  1. Melek Teknologi

Persaingan bisnis di era teknologi digital memaksa kita untuk terus belajar. Tidak hanya belajar mengenai manajemen bisnis tapi kita juga harus memahami setiap fungsi teknologi yang dapat memberi efisiensi bisnis. Contohnya keuangan digital, kamu tau bagaimana peran QRIS, mobile banking, bahkan dompet digital sangat berguna di setiap transaksi bisnis saat ini? maka disitulah kamu harus terus update informasi teknologi karena berkat kecanggihannya, kamu dapat memberi pengalaman yang baik bagi customer atau kemudahan bagi bisnismu sendiri.

Baca juga : 5 Hal yang Dibutuhkan Digital Marketing Saat Ini

  1. Menjadi solusi 

Kita tahu bagaimana keuangan digital saat ini telah menjadi solusi di beberapa wilayah besar. Namun pertanyaannya apakah keuangan digital telah merata disetiap daerah? Calon-calon pengusaha sukses tentu harus bisa menciptakan bisnis yang memiliki solusi bagi banyak orang. Nah jika melihat pertanyaan seperti diatas tentu calon entrepreneur sukses sudah bisa menebak jika ini adalah peluang. Temukan peluangmu ini pada Digital DNA dengan tema Tambah Cuan dengan Menjadi Mitra Layanan Perbankan pada 29 Oktober 2021 hanya di kanal YouTube Digination.id .

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB