LogoDIGINATION LOGO

Ini Potensi Besar Big Data untuk Kelancaran Bisnis!

author Oleh DQLab Rabu, 12 Januari 2022 | 20:16 WIB
Share
Share

 

Perkembangan teknologi dan perubahan pemikiran untuk kelancaran bisnis, Big Data menjadi ‘jurus jitu’ agar bisnis berada di depan kurva dan dapat melampaui kompetitor di berbagai lini industri. Dengan ini, para pebisnis harus lebih sadar dan proaktif pada perubahan yang terjadi serta lebih gesit dalam mengambil keputusannya.

Mungkin kamu terpikir, mengapa ‘Big Data’ atau ‘memangnya apa kaitannya Big Data dan Bisnis?’. Sebelum tau lebih dalam, sederhananya Big Data suatu kumpulan data yang membutuhkan cara agar bisa memanajemen data tersebut mulai dari analisis hingga data divisualisasikan. Bagi perusahaan startup atau mungkin organisasi besar sekalipun, pemanfaatan Big Data menjadi sebuah ‘harta karun’ bagi mereka. Mengapa? Dengan Big Data memiliki potensi yang sangat besar bahkan membawa keuntungan yang mungkin tidak terpikirkan oleh kamu.

Nah, untuk membahas potensi Big Data lebih dalam lagi, simak artikel DQLab berikut ini yuk!

  1. Mendapatkan Insight Pelanggan

Secara tradisional, ketika melakukan sebuah pemasaran biasanya perlu membutuhkan waktu yang lama dan terkadang harus mengeluarkan banyak biaya. Belum lagi, biaya tersebut tidak sepadan dengan pendapatan terutama mendapatkan pelanggan. Setiap bulannya, perusahaan atau organisasi akan menentukkan target pelanggan baru.

Big Data memberikan lebih dari sekedar target baru, melainkan akan menganalisis target tersebut sehingga wawasan dapat digunakan untuk target baru lainnya. Wawasan didapatkan dari kumpulan dataset yang dimiliki oleh pebisnis, misalnya seperti data histori belanja di situs web, data histori chat, hingga data dari media sosial seperti Instagram.

Kecanggihan Big Data sudah hampir diterapkan di berbagai divisi, terutama pada customer service. Hasil analisis Big Data nantinya akan mendeteksi insight baik melalui respons dan tanggapan mereka melalui kolom komentar maupun juga secara emosional ketika pelanggan menggunakan produk atau layanan kamu.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu

  1. Prediksi Masa Depan dengan Akurat

Big data melakukan prediksi? Tentu bisa! Adapun manfaat lainnya jika kamu menerapkan Big Data dalam bisnismu yaitu memprediksi secara akurat karena berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan. Tidak hanya membawa retensi pada pelanggan melainkan juga memberikan peluang bagi bisnis untuk ekspansi melalui inovasi dari insight Big Data tersebut. Salah satu inovasi yang bisa membawa keuntungan yaitu adalah product development yang bisa memberikan kepuasan bagi para pelanggan.

  1. Tools Decision Making

Bagi para marketer, memutuskan dan mencari sebuah solusi merupakan bentuk strategi agar terhindarnya dari suatu kerugian atau dari pandangan positifnya sebagai bentuk ‘development’ agar pelanggan tetap bersama kita.

Big Data sebenarnya bisa mengubah cara keputusan dan benar-benar melihat bisnis secara keseluruhan kemudian menentukan keputusan berdasarkan analisis data. Sehingga, decision making menjadi lebih tepat dan terhindar dari bias karena bersifat objektif keputusannya. Dengan memiliki data yang baik maka mampu memberikan hasil analisis data yang berguna, maka dari itu kamu perlu untuk melakukannya data mining atau penggalian informasi dari suatu kumpulan data yang besar.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Optimalkan Bisnis Menerapkan Big Data

Jadi gimana? Menarik bukan potensi yang dimiliki oleh Big Data? Seiringnya perkembangan bisnis di industri, Big Data akan menjadi salah satu esensial yang sangat penting. Tidak hanya menguntungkan pelanggan, bisnis kamu pun juga dapat berjalan dengan mengikuti tren dimana yang serba digital. Agar kamu lebih siap dan menjadi lebih unggul dalam berkompetisi di industri. DQLab memberikan kamu kesempatan untuk belajar Data Science secara gratis dan mengaplikasikan pembelajarannya untuk bisnis kamu. Berani dan persiapkan bisnismu untuk maju hadapi era Big Data!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB