LogoDIGINATION LOGO

5 Manfaat Mengaplikasikan Data Science pada Bisnis

author Oleh DQLab Rabu, 24 November 2021 | 19:18 WIB
Share
Share

 

Peran Data Science kini semakin terlihat dalam pengembangan dan juga peningkatan di berbagai lini industri.

Memanfaatkan data menjadi go-to solution bagi bisnis agar mendapatkan wawasan berdasarkan data serta menguntungkan tidak hanya mendatangkan pelanggan melainkan juga membantu peningkatan profit pada bisnis. Namun, apa itu Data Science? Tentunya jika kamu ingin mengaplikasikan Data Science kamu harus tahu terlebih dahulu ilmu ini.

Data Science sederhananya yaitu ilmu data yang dapat membantu mendapatkan sebuah informasi yang strategis untuk perusahaan bisnis, pengerjaannya sendiri dibantu oleh praktisi data seperti Data Scientist, Business Analyst, atau Data Engineer. Peran praktisi data tersebut sangatlah penting agar data dapat diekstrak menjadi wawasan yang bermanfaat.

Pada artikel DQLab kali ini akan membahas manfaat apa saja jika kamu mengaplikasikan Data Science pada bisnis kamu. Penasaran seperti apa pembahasannya? Simak artikel berikut ini sampai habis ya!

Meningkatkan Prediksi dalam Bisnis

Analitik prediktif menjadi kegiatan yang penting dalam bisnis karena pada analisis data tersebut akan melibatkan algoritma Machine Learning untuk memprediksi sebuah hasil masa depan menggunakan data historis atau data masa lalu dengan tools analitik seperti SAS.

Dengan bantuan praktisi data seperti Data Scientist akan membantu mengekstrak data tersebut agar mendapatkan wawasan yang berguna bagi bisnis. Wawasan yang bermakna akan membantu untuk menganalisa dan memprediksi dalam skala besar dan mendapatkan strategi pengambilan keputusan yang diperlukan serta sesuai dengan tujuan bisnis yang dijalankan.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

Optimalkan Decision Making

Data menjadi aset penting bagi pebisnis atau perusahaan, karena hampir seluruh lini bisnis telah mempelajari Data Science sebagai bentuk solusi yang harus diambil. Selain itu juga menjadi tindakan skenario yang terbaik dan logis atau menghindari bias untuk dilakukan guna meningkatkan kerja.

Pada Data Science juga telah merekam kinerja melalui matriks dan menganalisanya dari waktu ke waktu, dengan demikian akan terbantu untuk decision making yang lebih pintar dan lebih efisien berdasarkan trend yang ada di pasar.

Data yang didapatkan merupakan real-time data sehingga dalam proses identifikasi dapat dilakukan secara cepat tanpa harus membutuhkan waktu lama dan dapat membantu menekan biaya kegiatan pemasaran atau marketing.

Merancang Produk Lebih Baik

Pelanggan sangatlah berperan besar bagi bisnis, pengalaman mereka menjadi suatu data penting yang berguna bagi pengembangan maupun perancangan produk dengan baik.

Hal ini, bisa didapatkan seperti melakukan survey, email marketing atau feedback yang terdapat dalam kolom komentar. Perusahaan atau pebisnis dapat mengadaptasikan komentar dan pengalaman yang dimiliki pelanggan terhadap produk atau layanan secara mendalam, dengan Data Science akan membantu merancang produk yang lebih pasti hingga bisa personalisasi sesuai kebutuhan pelanggan secara tepat.

Salah satunya bisnis yang bergerak dalam industri kecantikan, dengan menggunakan algoritma Data Science akan memberikan produk-produk sesuai kebutuhan mereka dengan cara menganalisa kegiatan pelanggan dalam menggunakan situs web tersebut atau berdasarkan data histori mereka.

Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Kerjasama dan ruang lingkup kerja juga akan berdampak dalam peningkatan bisnis, dengan mendapatkan data secara real-time dan juga memiliki praktisi data yang terampil dalam bidangnya sangat memungkinkan produktivitas bisnis lebih meningkat.

Tidak hanya UMKM atau bisnis kecil saja, bisnis besar pun menggunakan ilmu Data Science untuk mempercepat pengerjaan atau meringkas kinerja perusahaan dengan baik. Dengan menggunakan Data Science pada bisnis, juga mendorong pengembangan kepemimpinan dalam decision making secara percaya diri, meningkatkan keberhasilan, dan meningkatkan kinerja tenaga kerja atau mengevaluasi karyawan dengan tepat.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Menjadi Benchmark dalam Berkompetisi Dunia Bisnis

Benchmarking merupakan praktik yang sering kita jumpai, mengetahui apa yang dicapai pesaing juga menjadi hal yang penting dalam berkompetisi. Adapun tindakan sederhana dan bisa mengubah cara bisnis menjadi lebih unggul dan tidak kalah saing dalam industri yaitu dengan mengaplikasikan ilmu Data Science.

Kamu dapat memulai belajar dan mengaplikasikan pembelajarannya bersama DQLab secara fun dan fleksibel. Menerapkan Data Science bukanlah hal yang biasa , melainkan menjadi suatu bukti efisien untuk meningkatkan bisnis yang berbasis data di era digital ini.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB