LogoDIGINATION LOGO

Data-Driven Company menjadi Cara Cerdas untuk Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 19 November 2021 | 17:58 WIB
Share
Share

Beberapa tahun lalu, banyak perusahaan dan pebisnis mempertimbangkan penggunaan Big Data. mereka mengkaji kelebihan dan kekurangan dari Big Data jika diaplikasikan pada bisnis mereka. Beberapa diantaranya sukses menjadi data-driven company, namun perjalanan hingga sampai situ tidaklah mudah.

Membutuhkan tenaga yaitu praktisi data yang ahli dan terampil dalam bidangnya serta penting pada tahap pengaplikasiannya. Data-driven company tidak hanya mengumpulkan data dengan volume yang besar saja melainkan data akan dianalisis dan mengidentifikasi lebih lanjut agar terhindar dari asumsi atau hasil analisis yang bias.

Untuk membantu kamu lebih dalam lagi, DQLab akan membahas manfaat dan jurus jitu dalam berbisnis yang cerdas di era digital dan beralih menjadi Data-Driven company. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Data-Driven Company?

Data-Driven company merupakan salah satu bentuk kerangka kerja dan budaya dimana digunakan secara efektif untuk membuat sebuah keputusan dalam bisnis atau suatu perusahaan tertentu.

Kini, dengan menerapkan data-driven dalam bisnis membantu meningkatkan analisis data pada dataset yang mereka miliki serta optimalkan operasi bisnis yang memungkinkan membuka peluang pelanggan baru.

Sederhananya, Data-Driven company mengajarkan pentingnya dalam memanfaatkan data untuk menjawab serta mengetahui keputusan yang tepat sesuai analisis data. Salah satu karakteristik pada Data-Driven company yaitu mereka bebas memilih data yang ingin dianalisis karena data yang ada dan digunakan akan terus bertambah dan terus mengalir setiap harinya.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

Kemampuan dari Data-Driven dalam Bisnis

Pada dasarnya, dalam dunia bisnis memiliki fundamental atau tujuan yaitu ingin memahami pelanggan dengan baik sesuai dengan kebutuhan mereka, operasi bisnis secara efisien dan produktif, dan mendapatkan strategi yang efisien dalam membuat keputusan atau smarter decision dalam bisnis.

Untuk itu data-driven menjadi pemimpin dalam mewujudkan tujuan atau fundamental bisnis, dengan berbasis data juga memungkinkan perusahaan atau bisnis yang dijalankan untuk mengidentifikasi serta merespons dengan cepat pada tren di pasar dan memungkinkan mengubah preferensi pelanggan yang tepat dan akurat.

Sebagai contoh dalam industri entertainment, Netflix menjadi aplikasi yang kini sering digunakan oleh pelanggan untuk menikmati hiburan perfilman atau tv seris. Netflix menggunakan data dan algoritma Machine Learning sehingga dapat menciptakan ‘rekomendasi’ yang telah dipersonalisasi serta sesuai dengan preferensi pelanggan untuk menikmati film tersebut.

Menciptakan ‘Budaya Data-Driven’ untuk Bisnis

Dalam menjalankan budaya data-driven, adapun hal-hal yang perlu diketahui yaitu dengan meninjau pertanyaan atau beberapa masalah dalam bisnis, misalnya seperti pada pemasaran yang efektif, inovasi dan pengembangan pada produk, jaminan kualitas, dan lainnya.

Jika sudah mengetahui permasalahannya, maka selanjutnya adalah set the goals menentukan tujuan yang diinginkan dalam bisnis. Mengukur tujuan juga membantu analisis data dengan baik, karena jika terjadinya kendala pada saat analisis data maka bisa menjadi bahan evaluasi untuk jangka pendek atau jangka panjang sekalipun. 

Dengan budaya data-driven akan mendemokratisasi data dengan mengizinkan siapapun untuk bisa mengambil keputusan secara logis dan mendapatkan sudut pandang yang berbeda, sehingga perancangan strategi mendapatkan banyak pilihan tanpa asumsi dan kreatif berdasarkan data.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Kiat Menjadi Data-Driven Company di Era Digital

Ketika menjalankan bisnis, tentunya akan menghadapi beberapa masalah dan kendala. Penggunaan data menjadi populer dan akan semakin terus meningkat penggunaannya terutama di era digital ini, sehingga sangat memungkinkan kompetisi antar bisnis menjadi Data-Driven company. Untuk mempersiapkannya, salah satu kiat yang tepat adalah dengan memulai belajar Data Science bersama dengan DQLab

Tidak hanya mendapatkan pembelajaran yang terstruktur dan berdasarkan real case industry bersama dengan mentor praktisi data langsung, namun juga membantu kamu untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih unggul!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB