LogoDIGINATION LOGO

Ini Alasan Mengapa AI dibutuhkan dalam Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 16 November 2021 | 18:53 WIB
Share
Share

 

Pada tahun 2008, Walt Disney Picture mengeluarkan sebuah film yang berjudul WALL-E. Dimana memberikan gambaran hampir seluruh kegiatan kita akan terdorong oleh teknologi digital dan semua akan berada dalam ‘satu sentuhan’ saja.

Hal tersebut, kini yang sedang kita alami lho, mulai dari kita berkomunikasi hingga membeli keinginan atau kebutuhan sudah tersedia secara online contohnya seperti e-Commerce.

Hampir semua lini dalam bisnis tentunya ingin mendapatkan pelanggan baru, menekan biaya dan juga mencari strategi yang efisien dalam meningkatkan bisnis serta pengalaman pelanggan terhadap suatu merek. 

Dengan demikian, Artificial Intelligence atau AI menjadi essensial dan strategi baru dalam proses mendapatkan informasi tentang pelanggan. Pada artikel DQLab kali ini akan memberikan beberapa alasan untuk kamu para pebisnis dalam mengoptimalkan bisnis dengan mengaplikasikan AI. Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini sampai habis!

  1. Meningkatkan Pendapatan Berdasarkan Rekomendasi Produk

Dalam dunia bisnis, AI kini sudah banyak digunakan dalam sistem merekomendasikan produk. Karena pada sistemnya tersebut akan memberikan sebuah rekomendasi berupa produk atau informasi yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan atau menggunakan metode analisis data.

Bagi kamu yang gemar berbelanja melalui e-Commerce pasti muncul ‘rekomendasi produk’ atau ‘produk serupa’ yang ingin dibeli oleh kamu. Dengan adanya AI dalam merekomendasikan produk tersebut sangat memungkinkan untuk mengetahui lebih lanjut dan dapat personalisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Data-data tersebut biasanya didapatkan melalui situs yang mereka jelajahi atau produk dan layanan yang mereka beli atau gunakan.

Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

  1. Chabot sebagai Customer Service

Memasuki era digital tentu melahirkan inovasi yang tidak kalah hebat yaitu Chatbot salah satunya. Chatbot sendiri merupakan sebuah software yang menirukan cara berbicara layaknya manusia dan biasanya dapat dijumpai di website.

Dengan kekuatan AI dalam bisnis yang kamu jalankan, sangat membantu menjadi asisten virtual dan membantu berkomunikasi dengan pelanggan secara cepat, mudah dan dapat dipersonalisasi. Chatbot menjadi salah satu channel marketing baru yang memberikan banyak manfaat dan juga pengalaman yang baik antara pelanggan dengan bisnis kamu.

  1. Strategi Pembuatan Konten

Untuk mendapatkan perhatian dan juga mendapatkan pelanggan baru, konten merupakan hal yang terpenting dalam bisnis. Bukan soal konten yang mewah atau konten ‘anti-mainstream’ namun, banyak dari pelanggan lebih tertarik dan suka dengan konten yang sesuai dengam minat dan keinginan mereka. Dengan demikian, untuk membuat konten yang tepat pada targetnya maka role AI atau Artificial Intelligence menggunakan algoritma akan membantu menganalisis data yang sudah kamu miliki dan membuat konten dengan strategi yang tepat untuk target market yang kamu tuju menggunakan sebuah keyword tertentu pada setiap kontennya.

Konten marketing kini menjadi bentuk dari teknik marketing agar bisa lebih dekat dengan pelanggan, berinteraksi dengan pelanggan dan juga dapat nilai konten yang dimiliki pelanggan sehingga dibutuhkannya strategi yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis yang dimiliki.

  1. ‘Meramal’ Pertumbuhan Bisnis 

Peramalan atau prediksi dilakukan dalam bisnis agar bisa mengestimasi atau mengukur bisnis dalam jangka panjang, karena dalam prediksi akan mendapatkan potensi masalah yang memungkinkan dapat terjadi dan bisa memungkinkan menemukan solusi agar terhindar dari masalah yang menimpa bisnis.

Hampir semua lini bisnis sudah menerapkan ini, terlebih menghadapi revolusi industri 4.0 dan berkompetisi antar bisnis. Dengan menggunakan AI pada peramalan akan menganalisis data CRM, mendapatkan data histori pembelian dan juga data di masa lalu nantinya akan mengevaluasi langkah selanjutnya yang dapat diambil dari pelanggan sehingga bisa memberikan prediksi yang akurat.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

  1. Menghemat Waktu dan Biaya dengan Belajar Data Science

Artificial Intelligence akan membantu dalam memberikan banyak aspek termasuk menghemat waktu dan biaya, karena data-data yang didapatkan berdasarkan real-time data sehingga dalam mengerjakan analisis menjadi lebih cepat dan juga bisnis bekerja menjadi lebih produktif. Dengan demikian, untuk meningkatkan volume data dengan baik dan benar, yuk mulai belajar Data Science secara fun dan aplikatif bersama DQLab! Ilmu Data Science atau mengaplikasikan AI sekalipun tentunya memberikan peluang positif pada bisnis kamu!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB