LogoDIGINATION LOGO

5 Keuntungan Menjadi Reseller atau Agen Penjualan

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:14 WIB
Share
Share

Memiliki mitra bisnis yang bekerja dengan kamu membawa banyak prospek baik bagi bisnis. Banyak hal baik dapat terjadi hanya dengan menjalankan kerja sama secara dengan seseorang yang memiliki tujuan yang sama dengan kamu. 

Mitra usaha disebut juga rekan bisnis atau business partner mengacu pada aktivitas bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga dengan tujuan komersial atau perluasan bisnis. Model kerja sama seperti itu sedang marak saat ini.

Kalau dulu ada model franchise, sekarang berkembang model kerja sama reseller atau dropship. Tidak hanya produk dalam bentuk barang, kemitraan juga dijajaki penyedia layanan jasa seperti perbankan seperti BNI Agen46 yang menawarkan kerja sama kepada siapapun menjadi agen perpanjangan tangan layanan bank BNI.

Secara khusus, terjalinnya kemitraan dengan perusahaan yang lebih besar akan menguntungkan usahamu karena berpeluang mempunyai keuntungan besar. Usaha kecil atau skala menengah (UMKM) bisa mendapatkan manfaat dari pasar, manajemen keuangan, serta kemajuan teknologi yang dipunyai mitranya.

Memulai bisnis dan menjalankannya bukanlah tugas yang mudah. Faktanya, dengan menjadi mitra bisnis, kamu dapat mengurangi beban dalam membangun usaha. Yuk ulik manfaatnya!

  1. Memperkuat Bisnis

Dengan memiliki mitra bisnis, kamu bisa mengasah insting bisnis dan melihat peluang. Ada lebih banyak brainstorming untuk ide-ide baru dan lebih banyak keterampilan yang tersedia yang baik untuk bisnismu.

Bermitra dengan perusahaan yang tepat maka akan menghadirkan hal-hal yang luar biasa diluar dalam bisnis kamu. Penting untuk diingat bahwa kamu tidak bisa hanya bermitra dengan apa jenis usahanya namun dengan ilmu usaha yang diberikan, pengalaman, dan siap membimbingmu dalam kondisi apapun.

  1. Lebih Banyak Modal

Jika pendanaan menjadi masalah dalam bisnis kamu, carilah mitra bisnis yang memiliki koneksi yang baik dalam memberikan kamu modal usaha. Misal kerja sama menjadi reseller produk yang telah memiliki kerja sama dengan bank atau kerja sama menjadi jaringan layanan bank seperti BNI Agen46 yang tidak hanya berbagi keuntungan hasil kerja sama, tapi juga peluang pembiayaan usaha.

Sebuah studi melaporkan bahwa 27% bisnis yang disurvei oleh NSBA (National Small Business Association) mengklaim bahwa mereka tidak dapat menerima dana yang dibutuhkan. 

Sekarang bayangkan jika kamu dapat bermitra dengan perusahaan yang dapat dengan mudah memberi mu modal. Pergilah, berjejaring, dan terus-menerus bekerja pada rencana dan visi pemasaran kamu untuk membuatnya lebih menarik dari sebelumnya.

Baca juga : Begini Cara Berbisnis Tanpa Merintis !

  1. Manajemen yang Lebih Baik

Akan selalu ada hal-hal yang kamu kuasai dan hal-hal yang tidak kamu kuasai. Memiliki mitra bisnis dapat membantu melengkapi keterampilan kamu dan menciptakan keseimbangan yang diperlukan antara kekuatan dan kelemahan. Ini juga dapat membantu memperbesar kekuatan usahamu.

  1. Fondasi Usaha Lebih Kuat

Seperti disebutkan, memulai bisnis dan menjalankannya bisa menjadi tugas yang sulit bagi banyak seseorang. Sepanjang jalan, kamu mungkin merasa ingin menyerah dan kehilangan modal kamu yang seharusnya menjadi hasil tambahan.

Memiliki mitra bisnis dapat menjadi sangat penting selama masa-masa ini. Mereka dapat berfungsi sebagai tulang punggung yang sangat dibutuhkan yang akan terus mendukung dan memotivasi kamu untuk membangun fondasi yang kuat. Bukankah, selalu lebih baik untuk menangani hal-hal bersamaan daripada menghadapinya sendirian?

Baca juga : Maksimalkan Kekuatan Produk Indonesia di Pasar Ekspor

  1. Tetap Cuan

Yang paling utama adalah kamu tidak perlu bersusah payah berusaha sendiri. Seperti yang disebutkan diatas mitra usaha akan membantumu untuk menyelesaikan masalah. Dari sini kamu tidak akan kehilangan cuanmu cuma-cuma karena mitra usaha akan berusaha untuk menstabilkan penghasilan usahamu.

Itulah 5 alasan mengapa menggunakan mitra bisnis baik untuk perjalanan bisnismu. Mencari mitra bisnis yang baik untuk perkembangan bisnismu? Tonton Digital DNA dengan tema "Meraih Cuan Menjadi Mitra Layanan Perbankan" pada Jumat, 29 Oktober 2021 hanya di kanal YouTube Digination.id 

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB