LogoDIGINATION LOGO

3 Rekomendasi Tools Broadcast untuk Live Streaming di Layanan OTT

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 5 Oktober 2021 | 22:31 WIB
Share
Share

OTT singkatan dari over-the-top telah membawa perubahan pada kebiasaan masyarakat menikmati hiburan. Berkat tren streaming video dan virtual talkshow, OTT semakin populer menjadi layanan yang patut kita ulik dan soroti bersama.

Apalagi tren semakin banyaknya netizen yang suka mengakses konten video di berbagai layanan OTT seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok termasuk penyedia layanan OTT semacam Vidio.com, GoPlay, Mola, Netflix, atau Disney+.

Layanan OTT yang semakin ke sini mengacu kepada konten video yang dialirkan melalui internet memiliki pertumbuhan yang sangatlah cepat. Laporan Inmobi mengungkap sebanyak 46% konsumen di Asia Pasifik menyukai konten di platform video over-the-top (OTT). Sementara 53% konsumen menilai platform OTT memiliki konten yang paling menarik.

Selain itu, kemampuan OTT untuk melacak rasio klik-tayang dan informasi pengaruh tayangan yang cepat dan tepat sasaran membuat banyak bisnis telah memasukkan konten OTT sebagai strategi pemasaran.

Bagi content creator, OTT juga menjadi peluang menarik. Beberapa penyedia OTT bahkan bersedia membayar untuk konten video yang kita produksi baik berupa video on demand maupun live streaming.

Umumnya, penyedia OTT berbayar sangat selektif untuk memasukkan konten ke dalam platformnya. Namun, banyak juga penyedia OTT yang terbuka dan membebaskan user untuk mengunggah konten sendiri.

Untuk membangun konten melalui OTT, sebaiknya kamu menyiapkan beberapa rangkaian perangkat agar menghasilkan konten yang lebih berkualitas dan profesional. 

Baca juga : Laporan InMobi: Konsumen Asia Pasifik Menyukai Video Premium Platform OTT

Karena OTT adalah fenomena yang relatif baru, teknologi menjadi dasar yang kuat bagi kamu untuk menjadikan OTT sebagai peluang baru. Salah satunya tools untuk melakukan video broadcast untuk mendukung tayangan live streaming agar semakin menarik.

Yuk kenalan dengan tools broadcast yang bisa kamu pelajari sebelum memanage konten yang cocok buat OTT. Berikut 3 tools broadcast yang dapat kamu pelajari.

1. vMix

vMix adalah salah satu software broadcast paling andal yang memungkinkan kamu membuat dan mengedit video dengan puas. vMix memiliki opsi untuk melakukan overlay grafis dan untuk memunculkan komentar dari platform sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Ini memungkinkan kamu membuat video yang menarik audience karena vMix dapat menghadirkan interaksi penonton.

2. OBS

Selanjutnya kamu bisa mempelajari software OBS. Software OBS adalah software open source untuk streaming video dan perekaman video. Aplikasi ini memberikan fasilitas gratis yang tidak kalah canggih dengan software berbayar lainnya. 

Meskipun gratis dan kualitas yang mumpuni, kamu perlu memiliki setidaknya pemahaman tentang pengaturan video. Sebab, preset OBS terbilang sulit untuk dilakukan pemula. Selain itu kamu juga harus melakukan perubahan pengaturan seperti bit rate, resolusi, pengaturan kualitas audio secara manual untuk mendapatkan output yang diinginkan.

Baca juga : 3 Alasan OTT Menjadi Platform yang Tepat untuk Konten Kreatif

3. Wirecast

Wirecast merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk menghasilkan video live streaming. Kamu bisa mempelajari software ini untuk membangun konten profesional dan dapat dengan mudah membuat dan mengedit video dengan kualitas yang menyaingi studio canggih dengan sedikit usaha dari tangan editor. Dengan opsi preset bawaan, software ini siap digunakan tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Tidak hanya mempelajari software, kamu juga harus tahu trend dan skill apalagi yang dibutuhkan pasar OTT saat ini.

Temukan jawabannya di Digital DNA Episode 3, yang akan membahas mengenai "Potensi Video OTT untuk Industri Film dan Konten Lokal" pada Jumat 8 Oktober 2021, pukul 16.00 WIB di YouTube Digination.id. Yuk set kalendermu!

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB