LogoDIGINATION LOGO

Kenali Data Science Salah Satu ‘Kunci’ Sukses Implementasi Digital Marketing

author Oleh DQLab Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:09 WIB
Share
Share

Salah satu tujuan utama Data Science adalah mengubah data menjadi informasi dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dalam bidang digital marketing tentunya menjadi salah satu insight yang bermanfaat.

Saat ini hampir semua menggunakan dan memiliki akun sosial media. Dengan begitu, banyak yang sudah terbiasa melakukan teknik pemasaran atau mengiklankan produk menggunakan media sosial karena lebih cepat untuk dikenal dan juga lebih cepat tersebar luasnya informasi produk yang dipasarkan.

Namun tahukah kamu, digital marketing dan Data Science merupakan kedua komponen dalam pemasaran yang tidak dapat dipisahkan. Karena dalam melakukan marketing dibutuhkannya data untuk mengetahui kebutuhan pelanggan yang sesuai.

Memahami nilai dari Data Science sendiri dapat menambah strategi dari Digital Marketing. Semua informasi yang dikumpulkan akan diidentifikasi kebutuhan dan preferensi sesuai target produk.

Nah.. Pada artikel kali ini, DQLab akan memperkenalkan Data Science sebagai salah satu ‘kunci’ sukses dalam melakukan Digital Marketing, Yuk simak artikel berikut ini!

1. Data Dapat Menargetkan ‘Niche Market’

Tentunya mempelajari dan mengetahui pentingnya memilih ‘niche’ yang tepat menjadi salah satu penanda awal dari usaha yang menguntungkan. Memiliki ‘niche’ yang tepat akan menjadi salah satu faktor ‘sukses’ dan tidaknya dalam berbisnis.

Dengan penggunaan Data Science, akan menghasilkan analisa data terkait tentang tren pasar, perilaku konsumen, menyesuaikan produk pilihan yang tepat dengan target dan audiens yang tepat, hingga perilaku konsumen dan tren pembeliannya. 

Misalnya seperti konsumen yang memiliki keinginan untuk berlibur ke sebuah tempat dan mencari akomodasi, tentu mereka akan menjadi keyword di halaman pencarian “tempat penginapan” dalam hitungan detik pun akan keluar beberapa rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Keberadaan data dapat membantu dalam memprediksi serta menargetkan ‘niche’ yang tepat.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Penggunaan Data Real-Time

Seorang marketer tentunya perlu mencari tahu dan melakukan riset data tentang targetnya, maka dengan demikian marketer perlu menggunakan Data Real-Time. Data Real-Time sendiri berdasarkan tren di pasar yang sedang ada atau berkembang serta melihat pola konsumen terkait pembelian produk.

Data ini dikumpulkan dan selanjutnya dapat dioptimalkan untuk merencanakan strategi pemasaran untuk saat ini dan di masa depan. Hal ini sangatlah penting untuk ‘menjelajahi’ peluang baru dalam persaingan bisnis.

3. Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam melakukan bisnis apapun, konsumen yang selalu diutamakan terutama ketika ingin mengetahui produk atau layanan apa yang mereka gunakan. Dengan adanya bantuan dari teknologi dan data pengguna, hal tersebut dapat dianalisis secara mendalam guna mendapatkan pengetahuan yang lebih baik.

Dari data analisis perilaku pelanggan dapat membantu dalam menambah produk, bisa mempersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman pengguna terkait produk, menyusun strategi pemasaran, dan dapat memodifikasi taktik yang tepat dalam penjualan. Pengumpulan informasi yang didapat juga dapat disusun menjadi strategi untuk menjalin hubungan yang lebih dekat antara produk atau layanan dengan konsumen. Ini membuat mereka merasa ‘mengerti’ apa yang mereka butuhkan.

4. Anggaran Marketing yang dapat Dioptimalkan

Pada dasarnya tujuan dalam berbisnis adalah memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut, sehingga perlunya untuk membuat perencanaan dalam melakukan pemasaran terutama melakukan marketing secara digital. Namun, seringkali perencanaan tersebut tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan. Oleh sebab itu, penggunaan Data Science sangat dibutuhkan untuk keefektifan melakukan marketing. Menggunakan data juga dapat membandingkan pemasaran sebelumnya dan bisa mengalokasikan anggaran secara efektif.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Yuk, Mulai Belajar Data Science Lebih lanjut untuk Bisnismu di Era Digital!

Menarik bukan? Nah, kamu bisa lho mulai mengaplikasikan Data Science ini dimanapun dan kapanpun! Latar belakang pendidikan bukan menjadi halangan bagi kamu untuk memulainya. Kamu bisa mulai belajar online bersama dengan DQLab dan mulai pelajari kompetensi data science untuk siap berbisnis di era digital ini. Selangkah lebih maju untuk bisnismu dengan belajar dan meningkatkan kompetensi data science. Yuk, mulai sekarang!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB