LogoDIGINATION LOGO

Berkenalan dengan Predictive Analytics, Tools Penting dalam Meningkatkan Bisnismu

author Oleh DQLab Jumat, 3 September 2021 | 21:59 WIB
Share
Share

Dalam menjalankan bisnis, tentunya kamu perlu mengetahui trend yang sedang muncul dan mengapa tren tersebut terjadi. Hal itu, mendorong adanya pertanyaan yang harus diatasi dalam bisnismu.

Adapun salah satu cara dan teknik yang bisa kamu lakukan untuk menjelaskan masalah dan memahami permasalahannya yaitu dengan menggunakan Predictive Analytics. Untuk mengambil tindakan, kamu harus memiliki wawasan dan pembuatan strategi berdasarkan data sehingga kamu akan mengetahui tentang apa yang diharapkan di masa depan untuk kelanjutan bisnismu.

Pada artikel DQLab kolaborasi bersama Digination kali ini, akan membantu kamu menelusuri topik ini lebih lanjut dan mendalam. Pembahasan di dalamnya mulai dari seperti apa itu Predictive Analytics hingga Predictive Analytics jika diterapkan dalam industri nyata. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel berikut!

Apa itu Predictive Analytics?

Tak jarang perusahaan tidak menggunakan Predictive Analytics, karena tidak hanya meningkatkan profit atau laba namun juga memastikan mereka lebih unggul dari kompetitor baik dalam satu bidang industri yang sama sekalipun.

Predictive Analytics merupakan penggunaan data, algoritme statistik, dan teknik Machine Learning untuk mengidentifikasi hasil yang memungkinkan hasil di masa depan berdasarkan data histori.

Tujuannya sendiri untuk mengetahui apa yang telah terjadi sehingga nantinya untuk memberikan wawasan yang terjadi terkait apa yang akan terjadi di masa depan. Hal ini, akan membantu perusahaan atau instansi dalam menjalankan bisnisnya untuk mendeteksi risiko dan mengungkapkan peluang dari hasil olahan data yang diprediksi agar dapat ditindak lanjuti bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Manfaat Predictive Analytics untuk Bisnis

Perlu diketahui, Predictive Analytics menjadi alat yang digunakan dan implementasikan di berbagai industri dan situasi. Dengan demikian, manfaat yang didapatkan seperti mendapatkan jenis dan volume data yang baru karena dengan menggunakan Predictive Analytics sendiri bisa mendapatkan tren dan pola yang berharga.

Perkembangan teknologi juga membantu dalam pergeseran marketing atau pemasaran menjadi Digital Marketing. Fungsi Predictive Analytics dalam pemasaran sendiri akan membantu kamu dalam merancang, merencanakan serta menerapkan promosi berbasis online dan memelihara pelanggan yang berharga sehingga performa bisnis kamu semakin meningkat dan lebih kuat

Predictive Analytics dan Data Science

Perlu diketahui, dalam Predictive Analytics menjadi salah satu subset dari Data Science. Predictive Analytics lebih terfokus pada proses membuat sebuah prediksi dan mereplikasi perilaku atau model bisnis, sedangkan Data Science sendiri digunakan untuk mempelajari perilaku model yang dibuat dan nantinya akan diprediksi.

Perbedaan keduanya tersebut, menjadikan salah satu kelebihan yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu. Misalnya, seperti dalam industri finance, banyaknya data pelanggan perlunya untuk dianalisis dengan mengumpulkan data dari informasi termasuk perilaku. Predictive Analytics sendiri membantu untuk memprediksi calon nasabah dan ketertarikan calon nasabah pada produk perbankan. 

Predictive Analytics dalam Industri

Setiap industri kini dapat menggunakan Predictive Analytic untuk mengurangi risiko, mengoptimalkan operasi atau strategi yang ada, dan juga meningkatkan pendapatan.

Salah satu contohnya seperti pada industri Healthcare, hal ini dapat membantu dalam mengetahui tren berdasarkan data masa lalu, mengoptimalkan jadwal perawat dan staf, dapat mengidentifikasi pasien yang berisiko sehingga memungkinkan perawat yang profesional mengambil langkah yang diperlukan untuk mengidentifikasi pasien.

Sebagai contoh seperti penggunaan Predictive Analytics pada pasien yang memiliki penyakit asma, teknik ini dapat merekam dan menganalisis pernapasan pada pasien. Selain itu membantu pasien mengelola gejalanya dengan baik.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

Yuk, Mulai Implementasikan Ilmunya Agar Lebih Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0!

Dalam memulai dan mengimplementasikan memang bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan seseorang yang ahli dan terampil di bidangnya. Jangan khawatir, jika kamu belum menemukan seorang ahli yang sesuai dengan bisnis kamu, kamu bisa lho untuk memulai Ilmu Data Science secara otodidak! Mulai dari memahami pembelajaran dasar dan bahasa pemrograman yang digunakan oleh praktisi data hingga kamu bisa menjadi salah satunya!

Tentunya kamu bisa memulai bersama dengan DQLab, dengan memulai belajar Data Science dari sekarang kamu selangkah lebih unggul dari kompetitor dan siap menghadapi industri di era digital nanti!

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB