LogoDIGINATION LOGO

Visualisasi Data Dalam Industri Kesehatan? Yuk Intip Perannya

author Oleh DQLab Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:47 WIB
Share
Share

Kecanggihan teknologi dan juga pemanfaatan belajar online. Ilmu visualisasi data kini menjadi salah satu alat komunikasi modern bagi semua bentuk industri, termasuk industri healthcare.

Visualisasi data merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk berkomunikasi data atau informasi yang didapatkan, membuatnya kedalam sebuah objek visual seperti titik, garis, batang, pie dan bentuk grafik lainnya.

Penggunaan visualisasi data dalam industri healthcare sangatlah penting dan efektif untuk mengkomunikasikan penalaran pada data yang kompleks dan juga sebagai bukti yang berguna.

Keefektifan visualisasi data semakin terlihat semenjak terjadi pandemi COVID-19 yang berkembang, baik memberikan informasi pada kenaikan data yang terkena virus COVID-19 maupun data yang terbebas dari COVID-19.

Dengan perannya yang sangat berguna, pada artikel DQLab kali ini akan menggali dan membahas pada peran visualisasi data yang bisa membantu performa bisnis kamu. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Dapat Mengidentifikasi Tren dan Pola

Tentunya volume data yang didapatkan tidak seutuhnya sempurna, masih ada error atau memungkinkan bisa menciptakan kerugian jika tidak diolah dengan baik. Dengan demikian, akan menghambat dalam memvisualisasikan hasil dari olahan data.

Visualisasi data bagi stakeholders berguna karena melalui visualisasi data mempermudah dalam memahami dan memberikan makna pada hubungan antar data. Seiring dengan penggunaan visualisasi atau pengenalan pola, mempermudah dalam mengidentifikasi trend dalam bentuk laporan statistik dan penelitian, serta membantu meningkatkan keputusan strategis dalam melayani kesehatan masyarakat. 

Dengan pemahaman yang lebih baik pada penggunaan data, visualisasi data juga membantu perusahaan atau industri melihat trend secara mendalam. Trend yang sedang terjadi atau perkembangan terkini yang ada di pasar, sehingga melalui visualisasi data bisa menghadirkan produk yang lebih baik dan bisa mendeteksi permasalahan sebelum terjadi.

Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

2. Membantu Peningkatan Perawatan Pasien

Selain dapat mengidentifikasi pola dan trend, dengan menggunakan tools visualisasi data akan membantu dokter memperkirakan perubahan status kesehatan pasien dan membuat diagnosis yang lebih baik. Dengan demikian, bisa mengungkapkan kemungkinan risiko sebelum terjadi masalah.

Visualisasi akan membantu data penting menjadi lebih terfokus, melalui data real-time juga bisa menentukan dan mengelompokkan pasien sesuai dengan perawatan atau obat-obatan yang mereka butuhkan. Oleh karenanya, pasien akan menjadi lebih efisien dalam menjalankan pengobatannya. Peran visualisasi data untuk pasien juga sebagai jembatan dalam memahami kondisi kesehatan atau treatment pengobatan yang sedang dijalankannya, dengan begitu akan lebih mudah dan efisien untuk melaporkan data-data pasien.

3. Dapat Mendeteksi Error 

Pada data-data yang dimiliki nantinya akan dilakukan pelaporan, dengan menampilkan hasil data melalui berbagai grafik dan gambar. Visualisasi data juga membantu untuk mendeteksi apakah ada error atau kesalahan yang terjadi. Fungsi dari visualisasi sendiri berguna meningkatkan transparansi dengan pasien, praktisi, penyedia, dan pihak lainnya yang bersangkutan.

Menggunakan Machine Learning dan teknologi AI, memungkinkan visualisasi dapat menghindari dari kesalahan dan kekacauan serta potensi terjadi insiden penipuan terkait tagihan atau resep medis. Jika terjadi kesalahan, hal ini tidak hanya merugikan bagi pihak stakeholders namun juga akan berdampak pada pasien yang menjalankan perawatannya.

4. Membantu Dalam Pelayanan Kesehatan Untuk Masyarakat

Visualisasi data kini juga sudah diterapkan oleh media untuk menggambarkan trend terkait kesehatan dalam skala besar. Contohnya sepertki kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di beberapa negara termasuk Indonesia. Dengan penggunaan visualisasi data dapat mempermudah dalam memahami atau menggambarkan data-data yang kompleks terutama bagi orang awam.

Adapun beberapa tools yang dapat digunakan dalam industri healthcare untuk membantu membantu memahami data, yaitu diantaranya Tableau, Domo, Infogram, Chartblocks, Google Charts. Serta berbagai macam tipe-tipe dalam melakukan visualisasi data, seperti menggunakan grafik batang, pie charts, scatter plots, dan lainnya.

Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya

5. Terapkan Ilmunya Sekarang Dalam Membantu Peningkatan Bisnismu!

Tunggu apalagi? Yuk mulai implementasikan ilmunya untuk berkontribusi meningkatkan bisnismu dan juga pelayanan kesehatan. Jangan khawatir, latar belakang bukan menjadi penghalang kamu untuk terus berkembang. Bersama DQLab, kini kamu dapat menguasai Ilmu Data Science dan pembelajaran menarik lainnya. Selangkah lebih maju untuk berkompetisi di era digital, yuk mulai aware dengan data untuk meningkatkan bisnis kamu!

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB