
Solusi Penghasilan Tambahan Melalui Aplikasi Sampingan
Solusi untuk para pekerja yang terkena efisiensi di kantor: Sampingan
Jumat, 22 Mei 2020 | 16:44 WIB
Merebaknya pandemi virus COVID-19 sejak awal tahun lalu memberikan dampak kepada pelaku bisnis di berbagai sektor. Pelaku usaha harus memutar otak agar bisnisnya terus dapat bertahan di tengah kondisi yang sulit seperti saat ini.
Salah satu strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mempertahankan bisnis adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Head of Business Unit Customer Experience Management Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Maulana Malik Muqorrobun mengatakan bahwa kesetiaan dari pelanggan bukan sekadar tentang layanan atau produk saja, tetapi juga hasil dari membangun kedekatan emosi dan kepercayaan yang dirasakan pelanggan.
"Terlebih lagi, di era digital yang serba cepat seperti saat ini pelaku usaha harus lebih responsif menanggapi pertanyaan serta keluhan dari pelanggan,” ungkapnya.
Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggannya untuk terus mempertahankan bisnisnya, Maulana Malik kemudian membagikan beberapa tips yang dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha. Simak tipsnya!
1. Transparan
Jika ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pelaku usaha harus jujur dan transparan kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka pasarkan. Hal ini harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan produk dan jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Pelaku usaha harus jujur dengan informasi terkait harga dan kebijakan apa pun yang dapat mempengaruhi calon pembeli di masa mendatang, seperti prosedur pengembalian maupun pembatalan.
Baca juga : Diprediksi Tumbuh Positif di 2021, Tren eCommerce jadi Sarana Pemulihan Ekonomi
2. Mempublikasikan testimoni pelanggan
Pelanggan selalu lebih mempercayai testimoni pelanggan lain karena dianggap sebagai honest review.
“Jadi, pelaku usaha dapat menggunakan kepercayaan audiens dari pelanggan lain untuk keuntungan dengan mempublikasikan ulasan dan testimoni di situs. Bagi pelaku usaha menjalankan toko online, segera ajak pelanggan untuk memberikan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk. Karena mendengar ulasan positif dari pelanggan lain akan membuat calon pembeli lebih nyaman mencoba produk atau jasa sejak awal,” ujar Maulana Malik.
3. Memiliki customer service yang responsif
Tingkat customer service yang diberikan berdampak besar pada loyalitas dan retensi pelanggan. Memiliki staf pendukung yang berdedikasi dan menetapkan standar yang tinggi untuk kecepatan dan kualitas pelayanan menjadi sangatlah penting.
Terlebih lagi, di era digital yang cepat saat ini, para pelanggan menginginkan respon dan pelayanan yang juga cepat. Untuk itu, menjadi responsif saat pelanggan bertanya adalah hal yang penting. Dengan demikian, pelanggan merasa puas akan pelayanan yang kita berikan dan mampu membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal.
“Sampingan sendiri menghadirkan layanan Customer Experience Management untuk membantu perusahaan mengoptimalkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap pelaku usaha,” kata Maulana Malik.
4. Meminta feedback
Pelanggan ingin tahu bahwa produk yang mereka beli memperhatikan pendapat dan kebutuhan mereka. Meminta feedback dan masukan secara teratur adalah cara terbaik untuk menunjukan apa yang perusahaan lakukan.
“Hal ini bisa dilakukan dengan mengirim survei secara teratur dan minta pelanggan untuk memberikan pendapat mereka. Yang terpenting, survei harus mencakup area dimana pelanggan dapat memberikan saran tentang hal apa yang dapat diperbaiki pelaku usaha untuk semakin meningkatkan kepercayaan,” kata Maulana Malik.
Baca juga : Kenali Data Science Salah Satu ‘Kunci’ Sukses Implementasi Digital Marketing
5. Membuat program loyalitas
Program loyalitas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Ketika pelaku usaha menawarkan hadiah untuk pembelian berulang, hal ini akan memberi pelanggan insentif yang jelas untuk tetap menggunakan produk dari pelaku usaha tersebut. Terlebih lagi, strategi ini dapat digunakan pada hampir setiap industri dan model bisnis. Meskipun diskon adalah bentuk hadiah yang paling populer, kemungkinan pemberian program loyalitas lainnya seperti poin atau rewards juga dapat dilakukan.
Itulah beberapa Tips dari Sampingan, kira-kira apa yang kurang kamu penuhi? jangan kecewakan pelanggan mu ya!
Solusi untuk para pekerja yang terkena efisiensi di kantor: Sampingan
Jumat, 22 Mei 2020 | 16:44 WIBPunya bisnis atau lagi mempersiapkan bisnis? Coba lihat apa yang kita bisa lakukan untuk berbisnis tahun depan
Kamis, 12 November 2020 | 10:12 WIBTidak hanya sekedar menonton film, disini kamu bisa mencari film yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah.
Rabu, 14 April 2021 | 15:09 WIBSejak Threads diluncurkan pada Juli 2023, banyak pengguna merasa ada satu fitur penting yang kurang, yaitu direct message. Kini, Meta luncurkan fitur DM di Threads.
Kamis, 12 Juni 2025 | 15:23 WIBGoogle DeepMind, pusat penelitian AI dari Google, saat ini sedang menggarap “next-generation email”. Apa saja kemampuan email generasi baru ini?
Rabu, 4 Juni 2025 | 10:00 WIBDengan teknik rekayasa sosial yang canggih, pengguna dibujuk untuk mengunduh dan memasang aplikasi palsu
Selasa, 3 Juni 2025 | 11:42 WIBWhatsapp untuk iPad ini memungkinkan pengguna melakukan video dan audio call, berbagi layar (share screen), dan menggunakan kamera depan maupun belakang.
Jumat, 30 Mei 2025 | 15:26 WIBManfaat Gemini Pro Gratis untuk Mahasiswa
Selasa, 27 Mei 2025 | 12:28 WIBPara podcaster yang mengisi panggung Super Podcast Show 2025 di Depok memang istimewa. Selain komika Andri Sakti, hadir pula ABG Siniar dan Podcast Seminggu.
Selasa, 20 Mei 2025 | 11:32 WIBMini Bootcamp ini fokus pada pengenalan konsep dasar analisis data, pemanfaatan tools yang mudah diakses dan penerapan langsung
Sabtu, 17 Mei 2025 | 10:05 WIBBelagu Podcast dan Podcast Explishit sukses menghibur para pendengar podcast dengan ciri khas mereka masing-masing.
Rabu, 14 Mei 2025 | 16:16 WIBDengan alat bertenaga AI yang baru, pengguna dapat dengan mudah membuat situs web dan bahkan mempublikasikannya.
Sabtu, 10 Mei 2025 | 10:00 WIBSkype, aplikasi video conference dari Microsoft, resmi ditutup per 5 Mei 2025. Apa yang mendasari keputusan Microsoft tersebut?
Jumat, 9 Mei 2025 | 15:48 WIBPerkembangan teknologi Neuralink milik Elon Musk ciptakan perubahan besar dalam bidang neuroteknologi.
Jumat, 2 Mei 2025 | 23:43 WIBTahun ini adalah penyelenggaraan ketiga Super Podcast Show, setelah sebelumnya sukses digelar pada tahun 2023 dan 2024.
Rabu, 30 April 2025 | 13:32 WIBJakarta E-Prix 2025 akan menampilkan mobil balap listrik generasi ketiga
Senin, 28 April 2025 | 11:12 WIBTeknologi Artificial Intelligence dan Augmented Reality belakangan mulai diterapkan dalam industri kecantikan. Hasilnya, konsultasi perawatan kulit jadi lebih akurat.
Rabu, 23 April 2025 | 12:31 WIBDalam menghadapi volatilitas rupiah pelaku usaha dapat mempertimbangkan strategi berikut:
Selasa, 15 April 2025 | 14:33 WIB