LogoDIGINATION LOGO

Lima Cara Efektif Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:32 WIB
Share
Share

Merebaknya pandemi virus COVID-19 sejak awal tahun lalu memberikan dampak kepada pelaku bisnis di berbagai sektor. Pelaku usaha harus memutar otak agar bisnisnya terus dapat bertahan di tengah kondisi yang sulit seperti saat ini.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mempertahankan bisnis adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan. 

Head of Business Unit Customer Experience Management Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Maulana Malik Muqorrobun mengatakan bahwa kesetiaan dari pelanggan bukan sekadar tentang layanan atau produk saja, tetapi juga hasil dari membangun kedekatan emosi dan kepercayaan yang dirasakan pelanggan.

"Terlebih lagi, di era digital yang serba cepat seperti saat ini pelaku usaha harus lebih responsif menanggapi pertanyaan serta keluhan dari pelanggan,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggannya untuk terus mempertahankan bisnisnya, Maulana Malik kemudian membagikan beberapa tips yang dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha. Simak tipsnya!

1. Transparan

Jika ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pelaku usaha harus jujur dan transparan kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka pasarkan. Hal ini harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan produk dan jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Pelaku usaha harus jujur dengan informasi terkait harga dan kebijakan apa pun yang dapat mempengaruhi calon pembeli di masa mendatang, seperti prosedur pengembalian maupun pembatalan.

Baca juga : Diprediksi Tumbuh Positif di 2021, Tren eCommerce jadi Sarana Pemulihan Ekonomi

2. Mempublikasikan testimoni pelanggan

Pelanggan selalu lebih mempercayai testimoni pelanggan lain karena dianggap sebagai honest review.

“Jadi, pelaku usaha dapat menggunakan kepercayaan audiens dari pelanggan lain untuk keuntungan dengan mempublikasikan ulasan dan testimoni di situs. Bagi pelaku usaha menjalankan toko online, segera ajak pelanggan untuk memberikan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk. Karena mendengar ulasan positif dari pelanggan lain akan membuat calon pembeli lebih nyaman mencoba produk atau jasa sejak awal,” ujar Maulana Malik. 

3. Memiliki customer service yang responsif

Tingkat customer service yang diberikan berdampak besar pada loyalitas dan retensi pelanggan. Memiliki staf pendukung yang berdedikasi dan menetapkan standar yang tinggi untuk kecepatan dan kualitas pelayanan menjadi sangatlah penting.

Terlebih lagi, di era digital yang cepat saat ini, para pelanggan menginginkan respon dan pelayanan yang juga cepat. Untuk itu, menjadi responsif saat pelanggan bertanya adalah hal yang penting. Dengan demikian, pelanggan merasa puas akan pelayanan yang kita berikan dan mampu membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal.

“Sampingan sendiri menghadirkan layanan Customer Experience Management untuk membantu perusahaan mengoptimalkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap pelaku usaha,” kata Maulana Malik.

 4. Meminta feedback

Pelanggan ingin tahu bahwa produk yang mereka beli memperhatikan pendapat dan kebutuhan mereka. Meminta feedback dan masukan secara teratur adalah cara terbaik untuk menunjukan apa yang perusahaan lakukan.

“Hal ini bisa dilakukan dengan mengirim survei secara teratur dan minta pelanggan untuk memberikan pendapat mereka. Yang terpenting, survei harus mencakup area dimana pelanggan dapat memberikan saran tentang hal apa yang dapat diperbaiki pelaku usaha untuk semakin meningkatkan kepercayaan,” kata Maulana Malik.

Baca juga : Kenali Data Science Salah Satu ‘Kunci’ Sukses Implementasi Digital Marketing

5. Membuat program loyalitas

Program loyalitas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Ketika pelaku usaha menawarkan hadiah untuk pembelian berulang, hal ini akan memberi pelanggan insentif yang jelas untuk tetap menggunakan produk dari pelaku usaha tersebut. Terlebih lagi, strategi ini dapat digunakan pada hampir setiap industri dan model bisnis. Meskipun diskon adalah bentuk hadiah yang paling populer, kemungkinan pemberian program loyalitas lainnya seperti poin atau rewards juga dapat dilakukan.

Itulah beberapa Tips dari Sampingan, kira-kira apa yang kurang kamu penuhi? jangan kecewakan pelanggan mu ya!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE