
Solusi Penghasilan Tambahan Melalui Aplikasi Sampingan
Solusi untuk para pekerja yang terkena efisiensi di kantor: Sampingan
Jumat, 22 Mei 2020 | 16:44 WIB
Merebaknya pandemi virus COVID-19 sejak awal tahun lalu memberikan dampak kepada pelaku bisnis di berbagai sektor. Pelaku usaha harus memutar otak agar bisnisnya terus dapat bertahan di tengah kondisi yang sulit seperti saat ini.
Salah satu strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk mempertahankan bisnis adalah dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Head of Business Unit Customer Experience Management Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Maulana Malik Muqorrobun mengatakan bahwa kesetiaan dari pelanggan bukan sekadar tentang layanan atau produk saja, tetapi juga hasil dari membangun kedekatan emosi dan kepercayaan yang dirasakan pelanggan.
"Terlebih lagi, di era digital yang serba cepat seperti saat ini pelaku usaha harus lebih responsif menanggapi pertanyaan serta keluhan dari pelanggan,” ungkapnya.
Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggannya untuk terus mempertahankan bisnisnya, Maulana Malik kemudian membagikan beberapa tips yang dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha. Simak tipsnya!
1. Transparan
Jika ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pelaku usaha harus jujur dan transparan kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka pasarkan. Hal ini harus dimulai sejak interaksi pertama mereka dengan produk dan jasa yang ditawarkan pelaku usaha. Pelaku usaha harus jujur dengan informasi terkait harga dan kebijakan apa pun yang dapat mempengaruhi calon pembeli di masa mendatang, seperti prosedur pengembalian maupun pembatalan.
Baca juga : Diprediksi Tumbuh Positif di 2021, Tren eCommerce jadi Sarana Pemulihan Ekonomi
2. Mempublikasikan testimoni pelanggan
Pelanggan selalu lebih mempercayai testimoni pelanggan lain karena dianggap sebagai honest review.
“Jadi, pelaku usaha dapat menggunakan kepercayaan audiens dari pelanggan lain untuk keuntungan dengan mempublikasikan ulasan dan testimoni di situs. Bagi pelaku usaha menjalankan toko online, segera ajak pelanggan untuk memberikan ulasan dan menambahkan ulasan tersebut ke halaman produk. Karena mendengar ulasan positif dari pelanggan lain akan membuat calon pembeli lebih nyaman mencoba produk atau jasa sejak awal,” ujar Maulana Malik.
3. Memiliki customer service yang responsif
Tingkat customer service yang diberikan berdampak besar pada loyalitas dan retensi pelanggan. Memiliki staf pendukung yang berdedikasi dan menetapkan standar yang tinggi untuk kecepatan dan kualitas pelayanan menjadi sangatlah penting.
Terlebih lagi, di era digital yang cepat saat ini, para pelanggan menginginkan respon dan pelayanan yang juga cepat. Untuk itu, menjadi responsif saat pelanggan bertanya adalah hal yang penting. Dengan demikian, pelanggan merasa puas akan pelayanan yang kita berikan dan mampu membuat mereka menjadi pelanggan yang loyal.
“Sampingan sendiri menghadirkan layanan Customer Experience Management untuk membantu perusahaan mengoptimalkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap pelaku usaha,” kata Maulana Malik.
4. Meminta feedback
Pelanggan ingin tahu bahwa produk yang mereka beli memperhatikan pendapat dan kebutuhan mereka. Meminta feedback dan masukan secara teratur adalah cara terbaik untuk menunjukan apa yang perusahaan lakukan.
“Hal ini bisa dilakukan dengan mengirim survei secara teratur dan minta pelanggan untuk memberikan pendapat mereka. Yang terpenting, survei harus mencakup area dimana pelanggan dapat memberikan saran tentang hal apa yang dapat diperbaiki pelaku usaha untuk semakin meningkatkan kepercayaan,” kata Maulana Malik.
Baca juga : Kenali Data Science Salah Satu ‘Kunci’ Sukses Implementasi Digital Marketing
5. Membuat program loyalitas
Program loyalitas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Ketika pelaku usaha menawarkan hadiah untuk pembelian berulang, hal ini akan memberi pelanggan insentif yang jelas untuk tetap menggunakan produk dari pelaku usaha tersebut. Terlebih lagi, strategi ini dapat digunakan pada hampir setiap industri dan model bisnis. Meskipun diskon adalah bentuk hadiah yang paling populer, kemungkinan pemberian program loyalitas lainnya seperti poin atau rewards juga dapat dilakukan.
Itulah beberapa Tips dari Sampingan, kira-kira apa yang kurang kamu penuhi? jangan kecewakan pelanggan mu ya!
Solusi untuk para pekerja yang terkena efisiensi di kantor: Sampingan
Jumat, 22 Mei 2020 | 16:44 WIBPunya bisnis atau lagi mempersiapkan bisnis? Coba lihat apa yang kita bisa lakukan untuk berbisnis tahun depan
Kamis, 12 November 2020 | 10:12 WIBTidak hanya sekedar menonton film, disini kamu bisa mencari film yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah.
Rabu, 14 April 2021 | 15:09 WIBUntuk spesifikasi dan harga berikut ulasannya!
Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIBDANA, perusahaan teknologi keuangan yang terus berkomitmen untuk memajukan digital ekonomi di Indonesia
Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:49 WIBTesla Inc, telah menandatangani kontrak pembelian nikel dari dua perusahaan di Indonesia.
Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:13 WIBEmpat pemenang ini merupakan kreator-kreator Spark AR muda yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
Senin, 8 Agustus 2022 | 18:42 WIBSebagai upaya memberi kemudahan masyarakat berinvestasi, Tokopedia meluncurkan produk Reksa Dana Pendapatan Tetap
Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:35 WIBNamun hingga kini masih ada dua PSE aplikasi game yang belum juga merespon komunikasi dari Kominfo.
Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:30 WIBBanyak orang yang penghasilannya ada di PayPal pun menanyakan bagaimana nasib mereka selanjutnya?
Senin, 1 Agustus 2022 | 15:28 WIBPemain akan diajak masuk ke dunia Metaverse bernama Alice.
Kamis, 28 Juli 2022 | 18:25 WIBAI kian meningkat oleh beragamnya perusahaan yang menawarkan produk atau jasa ke end-customer
Kamis, 28 Juli 2022 | 17:39 WIBMendorong percepatan pembentukan ekosistem dan infrastruktur serta implementasi bisnis e-mobility
Senin, 25 Juli 2022 | 18:12 WIBYouTube ingin semakin mempermudah para kreator mendapatkan pembeli langsung dalam konten mereka.
Jumat, 22 Juli 2022 | 17:13 WIBProses integrasi yang lebih mudah serta pengalaman transaksi digital yang makin menyeluruh.
Jumat, 22 Juli 2022 | 14:30 WIBBerikut wilayah yang siap dimatikan hari ini :
Rabu, 20 Juli 2022 | 19:57 WIBKitaBeli menjalankan model bisnis perdagangansosial direct-to-consumer yang menawarkan pembeli bahanpokok
Senin, 18 Juli 2022 | 18:21 WIBPenjual eBay di kawasan Asia Pasifik kini dapat mendaftarkan akun FedEx dan mendapatkan akses penuh
Jumat, 15 Juli 2022 | 12:22 WIB