LogoDIGINATION LOGO

Tips Investasi Cuan ala Tokopedia

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 23 Agustus 2021 | 18:13 WIB
Share
Share

Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan. Investasi daring pun semakin menjadi andalan masyarakat.

Tokopedia sebagai unicorn Indonesia, tidak hanya melahirkan UMKM go digital namun juga mendorong millennial untuk melek investasi melalui produk investasi di platform mereka.

Selama tiga tahun terakhir, jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana secara keseluruhan meningkat lebih dari 68x lipat. Sementara transaksi jual-beli emas lewat Tokopedia Emas bertumbuh hampir 27x lipat selama lebih dari dua tahun ke belakang.

Marissa Dewi Head of Investment and Insurance Tokopedia mengungkapkan Tokopedia berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat berinvestasi serta berharap dapat meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian digital di Indonesia.

Untuk menambah wawasan berinvestasi, Tokopedia membagikan tips dan inspirasi menabung bagi masyarakat, khususnya generasi milenial. Simak tipsnya!

1. Pilih Investasi Sesuai Kebutuhan 

Menurut Marissa, Generasi milenial dapat memulai dengan memilih jenis investasi yang sesuai kebutuhan. Misalnya, masyarakat yang mencari pilihan investasi jangka pendek, yaitu sekitar 1-2 tahun, dapat memanfaatkan Reksa Dana, sementara untuk investasi jangka panjang dapat memanfaatkan fitur investasi Emas.

Baca juga : Mengoptimalkan Portofolio Alternatif Investasi

2. Pastikan Produk Investasi yang Aman

Sangat penting untuk memilih produk investasi yang telah memperoleh izin serta menyajikan portofolio laporan investasi secara transparan.

“Tokopedia bekerja sama dengan berbagai mitra strategis terpercaya yang diawasi oleh OJK dalam menawarkan pilihan investasi daring yang aman, mudah dan terjangkau untuk seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Marissa.

3. Tentukan Tujuan Berinvestasi 

Generasi milenial dapat merencanakan investasi untuk menikah, liburan atau tujuan lain melalui fitur Dana Impian di Tokopedia Reksa Dana yang memudahkan pengguna menabung untuk tujuan tertentu.

4. Mulai dari Nominal Kecil 

Menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan dapat menjadi permulaan yang baik bagi generasi milenial untuk mulai belajar investasi secara bertahap.

“Di Tokopedia Reksa Dana, siapa pun bisa mulai berinvestasi dengan sangat mudah mulai Rp10.000. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan sangat cepat melalui telepon genggam,” jelas Marissa.

Selain itu, lewat fitur Pembulatan Emas di Tokopedia, masyarakat juga dapat menabung sejumlah emas dengan membulatkan tagihan saat berbelanja.

5. Buat Jadwal Menabung

Manfaatkan fitur Langganan juga dapat diterapkan agar investasi bisa rutin dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan. Bisa per minggu atau per bulan, dan bisa dengan nominal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000.

Baca juga : Rayakan Hari Kebangkitan Teknologi, Tokopedia Buktikan Keberhasilan Mereka Tingkatkan Produksi Produk Elektronik Lokal

Sementara di Tokopedia Reksa Dana, fitur Langganan memungkinkan pengguna mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan. Dana secara otomatis akan disalurkan ke saldo Reksa Dana dan pengguna dapat mengubah pengaturannya kapan saja.

“Tokopedia akan konsisten berinovasi dengan harapan dapat terus memberikan solusi investasi yang inklusif di Indonesia, sehingga investasi bisa menjadi suatu kebiasaan bagi lebih banyak masyarakat, khususnya generasi milenial,” tutup Marissa.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION

Tokopedia Gandeng Bareksa Jual Reksa Dana Online

PT Tokopedia mengumumkan kerja sama dengan marketplace reksa dana online PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa) dalam menyediakan fasilitas pembelian reksa dana online

Senin, 5 Maret 2018 | 03:53 WIB
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB