LogoDIGINATION LOGO

Panduan Dasar untuk Pemula dalam Belajar Data Science

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:29 WIB
Share
Share

 

Data Science kini sudah menjadi salah satu ilmu yang sangat populer di era ini.

Kemajuan teknologi yang tersambung dengan jaringan internet sangat memudahkan kita dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tersebar. Background pendidikan bukan menjadi salah satu penghalang untuk belajar Data Science, karena berbagai background lainnya kini juga sudah membutuhkan ilmu Data Science. 

Ilmu Data Science ini sangatlah luas dan terkadang banyak bagi pemula yang bingung harus mempelajarinya dari mana jika mereka belajar secara otodidak. Ada beberapa hal yang perlu diketahui jika kamu yang baru saja ingin mempelajari Data Science guna memudahkanmu dalam mempelajari serta menerapkannya.

Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan informasi dan juga beberapa panduan dasar dalam belajar Data Science bagi seorang pemula. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!

Memahami Dasar-dasar Ilmu Data Science

Data Science merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan keterampilan dalam pemrograman serta memiliki pengetahuan ilmu matematika dan statistik guna memperoleh wawasan yang bermakna dari data yang diolahnya.

Terdapat beberapa penerapan pada ilmu  matematika yang wajib digunakan karena untuk melakukan analisis data dalam membangun model keputusan, diantaranya ada kalkulus, linear algebra, probabilitas.

Berbeda dengan ilmu matematika, pada ilmu statistika merupakan kumpulan data yang dapat memberikan gambaran sampel, sedangkan statistika yaitu ilmu yang mempelajari statistik mulai dari cara mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis hingga hasil olahan data tersebut dapat menghasilkan kesimpulan.

Dengan memiliki pengetahuan statistik, dapat membantu kamu dalam meringkas terkait olahan data. Peringkasan ini dapat dilakukan melalui sebuah grafik atau visualisasi data atau representasi numerik. 

Selain kamu memahami ilmu matematika dan statistika, adapun kemampuan pemrograman atau coding. Coding merupakan proses menuliskan kode berdasarkan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang kamu gunakan dan yang ingin dikembangkan. Dengan mempelajari coding juga dapat membantu kamu untuk berkarir di masa depan, lho!

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

Mengenal Bahasa Pemrogramannya

Jika kamu sudah mempelajari ilmu dasar dari Data Science, perlunya melakukan eksplorasi lebih lanjut salah satunya dengan memahami bahasa pemrograman seperti Python dan R. Python dan R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan dan paling populer di kalangan oleh praktisi data.

Secara umum bahasa pemrograman digunakan untuk mempermudah dalam melakukan proses analisis data, namun jika kamu bingung dalam memilihnya kamu bisa memilih salah satu dari pembelajaran sesuai dengan keinginanmu.

Salah satu manfaat jika kamu sudah mengenal bahasa pemrograman yaitu bisa membantu melengkapi peran pekerjaan dalam Data Science, seperti Data Scientist, Business Analyst, atau Machine Learning engineer.

Tekuni dan Perbanyak Latihan

Dari persiapan yang ada pada poin diatas, langkah selanjutnya kamu perlu mengasah potensimu dan ilmu-ilmu yang sudah kamu persiapkan dengan menerapkan langsung ke studi kasus data.

Dengan melakukan praktik dan menerapkannya, kamu menjadi lebih siap dan mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam menguasai ilmu Data Science. Pembelajarannya pun bisa kamu lakukan mulai dari data kecil terlebih dahulu, seiring berjalannya waktu kamu bisa menaikkan tingkat kesulitan pada data yang kamu gunakan. Tidak hanya bertambah ilmu, kemampuan kamu dalam analisis data juga akan semakin bertambah!

Memanfaatkan Sumber Referensi

Di era teknologi saat ini, tentunya untuk mempelajari suatu hal tidaklah susah untuk dilakukan. Dengan memanfaatkan internet kamu sudah bisa mencari berbagai sumber dan informasi terkait Data Science.

Jika kamu sulit dalam memahami secara mandiri, tentunya kamu dapat mengikuti kursus Data Science secara online maupun offline, tidak hanya itu kamu juga bisa mengikuti komunitas dan forum yang ada. Dengan mengikuti beberapa sejumlah kelas online dan memperbanyak referensi serta menekuni pembelajaran Data Science, kamu juga akan bisa menjadi praktisi data lho!

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

Hadapi Revolusi Industri 4.0 dengan Belajar Data Science!

Perkembangan operasi dalam melakukan bisnis kini sangatlah masif terutama sudah berkembangnya pada bisnis digital, yang pada akhirnya terjadi perkembangan juga pada ilmu Data Science. Mulai dari perusahaan besar, hingga startup sudah memandang Data Science sebagai pengambil keputusan bisnis yang tepat dan optimal. 

Mempelajari Data Science dapat dilakukan secara otodidak, dengan menggunakan internet semaksimal mungkin kamu bisa lho kuasai ilmu Data Science. Meski informasi tersebar luas, akan tetapi lebih baik mempunya materi yang didapatkan dari lembaga kursus online, seperti DQLab! Selangkah lebih maju untuk bisnismu, yuk mulai pelajari kompetensi Data Science dalam menghadapi revolusi industri 4.0!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE