LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Data Science dalam Perspektif Pemula 

author Oleh DQLab Jumat, 16 Juli 2021 | 09:39 WIB
Share
Share

Dalam bisnis era sekarang, pengolahan data menjadi kunci awal untuk meraih kesuksesan perusahaan. Sebab melalui hasil olahan datalah perusahaan bisa mendapatkan insight yang bisa digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan.

Selain membutuhkan infrastruktur yang mumpuni, untuk mengolahnya perusahaan juga membutuhkan tenaga ahli yang disebut sebagai data scientist. Tidak hanya data scientist, dalam dunia data science juga dikenal sejumlah profesi lainnya seperti data analyst dan data engineer. 

Konon katanya, data science sangat erat dengan aktivitas manusia. Bahkan sejak balita, seorang pun sudah menerapkan data science dalam hidupnya. Benarkah? Kali ini DQLab akan membahas bagaimana perspektif pemula tentang data science. Simak informasi selengkap nya ya!

 

  • Memberi Makan Anak

 

Dalam dunia data science aktivitas pengolahan data menjadi tujuan utamanya. Tanpa disadari, ternyata hal ini sudah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya memberi makan anak. Mungkin, tidak semua orang yang sudah pernah melakukannya.

Sebagai ilustrasi, ketika kita diminta untuk memberi makanan kepada anak kecil dan seorang remaja, apakah porsi yang akan diberikan sama? Tentu berbeda, bukan? Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kebutuhan asupan kalori dan kandungan lainnya.

Tanpa disadari, dengan pola pikir seperti itu artinya kamu sudah melakukan keilmuan data untuk mempertimbangkan ukuran porsi dan gizi yang akan kamu berikan. 

Baca juga : Belajar Data Science Anti Ribet Tanpa Install Software bersama DQLab

 

  • Ternak Hewan

 

Penerapan keilmuan data berikutnya adalah melalui ternak hewan atau memelihara hewan. Beragam hewan pun bisa kamu jadikan peliharaan atau hewan ternak sesuai pilihanmu.

Tentu, perlakuanmu akan berbeda antara hewan yang satu dengan lainnya, menyesuaikan dengan karakter hewan tersebut. Di sinilah proses keilmuan data sedang kamu terapkan tanpa kamu sadari.

Misalnya, ketika kamu melakukan pengukuran atau perhitungan pertumbuhan hewan ternak, kamu akan mendata dan mengingat bahkan mempertimbangkan makanan apa yang cukup untuk memberikan hewan tetap hidup dan terus berkembang. 

 

  • Segmentasi Pelanggan

 

Segmentasi pelanggan secara umum dapat diartikan sebagai proses penyekatan atau pembagian sekaligus pemfokusan dengan menggunakan indikator berbasis pelanggan yang ada, menjadi kelompok yang dapat dikelola dan layak berdasarkan beberapa karakteristik general. Seperti jenis kelamin, usia, frekuensi pembelian, dan lain sebagainya.

Tujuannya tidak lain untuk menargetkan dan mengembangkan strategi pemasaran untuk setiap kelompok sesuai dengan karakteristik.  

Baca juga : 6 Bulan Lulus Kuliah, Raisa Berhasil Berkarir Menjadi Data Anaylst dengan Belajar SQL bersama DQLab

 

  • Bersama DQLab Kamu Bisa Melihat Perspektif Lain tentang Data Science

 

Sekarang sudah saatnya kamu mulai belajar data science untuk siap hadapi tren industri data.

Kamu bisa berkesempatan untuk bisa berkarir sebagai praktisi data. Saat ini, data scientist dinobatkan sebagai “The Sexiest Job of The 21st Century” oleh majalah Harvard Business Review.

Bersama DQLab, kamu akan mempelajari data science dari rumah alias kursus online. Akan ada sejumlah modul yang bisa kamu akses secara gratis di sini.

Selain itu, para mentor yang siap memberikan feedback secara langsung kepada kamu seputar pertanyaan atau pun sharing pengalaman bergelut di dunia data. Yuk, mulai belajar di DQLab sekarang!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB