LogoDIGINATION LOGO

Optimalkan Digital Marketing dengan Data Science

author Oleh DQLab Jumat, 2 Juli 2021 | 19:58 WIB
Share
Share

Dalam menjalankan bisnis, marketing (pemasaran) menjadi hal yang cukup vital. Sebab, hal ini terkait mengenai bagaimana caranya agar produk bisa dikenal baik dan luas oleh masyarakat. Dengan kecanggihan internet di era teknologi informasi saat ini, para pelaku usaha dituntut untuk memaksimalkan pengenalan produk mereka melalui digital marketing. 

Secara garis umum digital marketing adalah segala kegiatan pemasaran termasuk branding menggunakan berbagai platform di dunia maya, seperti website, blog, e-mail, adwords, dan sejumlah media sosial.

Untuk saat ini, tools yang paling banyak digunakan dalam kegiatan digital marketing adalah media sosial. Sebab, media sosial dianggap sebagai platform yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Dengan mengiklankan suatu produk di media sosial, produk tersebut akan lebih cepat dikenal dan lebih mudah menjangkau target konsumen. Namun, untuk menjalankan aktivitas digital marketing secara optimal, data science diperlukan guna memahami bagaimana kinerja industri pemasaran sebelum menerapkan teknik digital marketing. 

Dengan menganalisis dan mengikuti teknologi digital marketing, perusahaan akan lebih mudah untuk mengetahui alat digital marketing apa yang paling tepat untuk memasarkan produk. Lalu, apa saja sih manfaat dari penggunaan data science dalam digital marketing? Simak informasi selengkapnya ya!

Membuat Konten Menarik

 

Pada praktiknya, data science dapat membantu perusahaan untuk memahami informasi di pasar dengan bantuan model prediksi berbasis data yang sangat kompleks. Setelah memahami apa yang diinginkan dan diharapkan pelanggan, selanjutnya perusahaan bisa mulai untuk membangun dan mengenalkan kampanye. Hal ini bertujuan untuk membangun pengalaman pelanggan yang lebih baik. Jika perusahaan berhasil memahami keresahan pelanggan, perusahaan dapat membuat konten yang membahas keresahan tersebut dengan cara yang unik. Bahkan dapat menjangkau pelanggan di media sosial. Adapun beberapa ciri konten yang baik yakni mudah dipahami, asli, dan dapat ditindaklanjuti.

Baca juga : Intip Pentingnya Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Menganalisis Preferensi Pelanggan

 

Digital marketing juga dapat disebut sebagai kegiatan membangun koneksi melalui jaringan yang terus berkembang dan tersebar luas, seperti melalui apapun yang tersambung dengan jaringan internet. Dengan adanya data science, perusahaan dapat mengetahui dimana pasar yang tepat untuk produknya. Data science juga bisa dimanfaatkan untuk memahami perilaku user/pelanggan. Sebagai contoh, pada website tertera keyword kemeja pria dan kemeja polos. Setelah beberapa hari, data scientist akan menganalisis berapa orang yang memilih keyword kemeja pria dan berapa orang yang memilih keyword kemeja polos. Dengan cara ini, maka perusahaan akan mengetahui keyword mana yang paling banyak dicari dan keyword tersebut merepresentasikan preferensi pelanggan.

Menciptakan Profil Pelanggan dan Meningkatkan Efektivitas Biaya Marketing

 

Dalam praktik pemanfaatan data science dalam digital marketing, perusahaan membutuhkan ilmu data science untuk membangun profil pelanggan, mulai dari statistik deskriptif hingga clustering. Statistik deskriptif digunakan untuk mempelajari demografis pelanggan, seperti usia, jenis kelamin,, jumlah pembelian, jumlah transaksi, dan lain sebagainya. Sedangkan analisis clustering dapat dilakukan untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu, bisa berdasarkan barang yang dibeli, maupun pelanggan berdasarkan lokasi. 

Dalam bisnis, marketing dilakukan semata-mata untuk mendorong Return on Investment (ROI) terbesar dengan menekan angka biaya pengeluaran. Sayangnya, untuk mencapai hal tersebut seringkali tidak sesuai dengan perencanaan. Oleh sebab itu, oleh seorang data scientist dibutuhkan guna membuat model pengeluaran yang dapat membantu memanfaatkan pengeluaran secara lebih baik dengan menganalisis data pengeluaran. Model pengeluaran ini dapat membantu marketer dengan menyalurkan rencana keuangan ke seluruh area dan iklan untuk meningkatkan keuntungan. 

Baca juga : Belajar Data Science Anti Ribet Tanpa Install Software bersama DQLab

Yuk, Mulai Bergabung Bersama DQLab untuk Tingkatkan Kemampuan Data Science mu!

 

Situasi pandemi yang ada saat ini, mau tidak mau berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan di ruang publik, kini terpaksa dilakukan jarak jauh secara online di rumah. Begitu pun ketika halnya bagi kamu yang mau mulai untuk belajar data science. Kursus online menjadi pilihan yang tepat untuk membatasi aktivitas di ruang publik. Di sini, kamu bisa belajar data science mandiri sesuai dengan arahan fitur Live Code Editor yang tersedia. Di DQLab kamu akan  mendapatkan beragam modul yang bisa akses secara gratis untuk mengasah kemampuan datamu. Yuk, mulai sekarang!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB