LogoDIGINATION LOGO

Begini Cara Mendapatkan Centang di Akun Telegram

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 19 Mei 2021 | 18:11 WIB
Share
Share

Dengan lebih dari setengah miliar pengguna aktif dan pertumbuhan yang semakin cepat, Telegram telah menjadi platform komunikasi pilihan untuk beragam jenis akun resmi di aplikasinya.

Telegram memastikan verifikasi akun resmi aktif dalam bentuk saluran, grup publik, atau bot guna memastikan pengguna berinteraksi dengan akun yang resmi.

Akun resmi dengan centang biru disamping nama akun menjadi identitas menunjukkan bahwa pengguna berinteraksi dengan saluran, grup, atau bot yang resmi yang dapat dipercaya oleh pengguna. Dengan verifikasi ini, Telegram ingin memastikan pengguna dapat berinteraksi dengan aman.

Untuk menjadi akun resmi di Telegram, pemilik akun harus menjalankan beberapa seleksi verifikasi dari Tim Telegram. Begini caranya!

Terverifikasi di dua layanan Media Sosial

Telegram melakukan verifikasi akun dengan memantau minimal dua akun media sosial lain terverifikasi milik pengguna. Telegram memverifikasi akun resmi dengan mengonfirmasi bahwa akun tersebut telah memverifikasi akunnya di setidaknya dua platform lain yaitu TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, VK, dan Snapchat.

Baca juga : Fakta-fakta Menarik Merger Tokopedia dan Gojek Pada GoTo Group

  • Akun resmi perlu menambahkan tautan profil saluran Telegram mereka di platform - sehingga tim Telegram dapat mengonfirmasi bahwa mereka dimiliki oleh pemilik yang sama.
  • Setelah ini selesai, pemilik akun perlu menghubungi Telegram @VerifyBot untuk verifikasi.

Verifikasi melalui Wikipedia

Untuk yang belum memiliki akun terverifikasi di dua platform lainnya, Telegram dapat memverifikasi akun resminya melalui Wikipedia.

  • Halaman tidak sedang disanggah di Wikipedia, yang memenuhi Panduan Notabilitas Wikipedia
  • Halaman Wikipedia tercantum ke tautan, saluran, bot, atau grup publik di Telegram

Terhubung dengan Situs Web

Untuk organisasi, tautan ke saluran Telegram dari situs web resmi organisasi juga dapat dipertimbangkan.

Baca juga : 10 Rekomendasi Forum Diskusi Saham di Telegram

  • Bot akan menawarkan pilihan untuk memasukan data dan komentar tambahan setelah memeriksa tautan media sosial.
  • Badge verifikasi akan diberikan ke halaman terverifikasi.
  • Setelah mengikuti langkah-langkah verifikasi halaman, maka saluran, grup, atau bot yang berhasil diverifikasi akan menerima badge verifikasi berupa tanda centang di sebelah nama akun untuk membedakannya secara visual dari akun tidak resmi lainnya.

Perlu dicatat, jika telah terverifikasi oleh Telegram, pengguna tidak dapat mengedit nama halaman. Begitu juga Saluran, grup, atau bot yang telah terverifikasi tidak dapat mengubah nama atau tautan pendeknya (t.me/...).

Jika perubahan diperlukan, pemilik akun dapat menghapus status verifikasi terlebih dahulu dengan menghubungi @VerifyBot dan mengirim/membatalkan verifikasi akun dan melakukan verifikasi ulang menggunakan bot seperti di awal.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Menghadapi Resesi 2023

Akibat dari resesi masyarakat maupun ekosistem pada suatu negara itu pun bisa terkena imbasnya seperti :

Kamis, 6 Oktober 2022 | 18:22 WIB