LogoDIGINATION LOGO

3 Aplikasi Suara Pesaing Clubhouse

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 12 Maret 2021 | 22:33 WIB
Share
Share

Belakangan ini aplikasi obrolan suara Clubhouse sedang ramai dibicarakan netizen, banyak yang protes karena penggunaannya hanya ada di Apple, banyak juga yang mempertanyakan apa serunya berada di Clubhouse?

Sejak Elon Musk muncul di Clubhouse awal Februari lalu, netizen mulai berbondong-bondong mendownload aplikasi. Tapi sangat disayangkan, bagi pengguna android, aplikasi ekslusif ini tidak dapat digunakan.

Yaps, Clubhouse membranding dirinya sebagai aplikasi eksklusif, tidak heran jika kamu akan menemukan Oprah, Ashton Kutcher atau Elon Musk berbicara dan mungkin menyapa kamu di Clubhouse.

Walau Clubhouse mengiyakan memasang aplikasinya di android, namun entah sampai kapan tim Android disuruh menunggu kehadiran aplikasi suara ini. Untuk melepas rasa penasaran, lebih baik coba aplikasi suara ini dulu yuk, desas-desusnya bakal jadi pesaing Clubhouse lho, yuk simak!

Spoon Audio

Jauh sebelum hadirnya Clubhouse, Spoon Audio telah lama hadir menghiasi menu aplikasi android. Spoon adalah aplikasi media sosial berbasis radio yang dirilis oleh MYKOON di Korea Selatan pada tahun 2013.

Melalui aplikasi ini pengguna dapat membagikan cerita, ide dan lainnya dengan menyiarkan siaran mereka. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat siaran, mendengarkan siaran pengguna lain, dan berkomunikasi dengan pengguna lain melalui di tiga fitur Spoon yaitu cast, live, dan talk.

Baca juga : Elon Musk Ada di Clubhouse, Apa Itu Aplikasi Clubhouse?

Cast itu fitur yang diperuntukan untuk berbagi rekaman yang telah diunggah. Ya, rekaman yang bisa diputar berkali-kali gitu. Untuk fitur live itu, pengguna bisa berinteraksi langsung dengan pendengarnya. Sementara fitur talk, kalian bisa membuat topik yang akan dibahas di aplikasi Spoon untuk dibagikan kepada para pendengarnya. Gimana? Coba deh! Tidak kalah asik lho, dengan Clubhouse.

 

Spaces – Twitter

Twitter sebagai salah satu platform media sosial cuitan dikabarkan telah membuat saingan Clubhouse, yaitu Spaces.

Seperti Clubhouse, Spaces juga memperbolehkan pengguna masuk ke dalam ruang virtual di mana mereka dapat saling terhubung melalui audio atau suara. Pengguna yang berada di dalam ruang obrolan Spaces bisa mengundang pengguna lain lewat tautan khusus. Ada juga admin ruang obrolan yang bisa menentukan pembicara dan pendengar.

Saat ini, Spaces masih dalam versi beta, rencananya akan diluncurkan secara resmi pada kuartal I tahun 2021 ini. Walau masih beta, sepertinya kamu harus pantau terus nih perkembangan fitur baru dari Twitter ini. Pantau disini ya untuk terus update info-info menarik!

 

Audio Rooms – Instagram

Saingan Clubhouse selanjutnya lahir dari salah satu keluarga perusahaan Mark Zuckerberg. Instagram dikabarkan tengah mengerjakan fitur baru mirip Clubhouse yang dinamai 'Audio Rooms'.

Fitur ini bocor di media sosial setelah pengembangnya, Alessandro Paluzzi, membagikan tangkapan layar tampilan fitur tersebut melalui Twitter.

Baca juga : Persaingan Aplikasi, Ini Dia Alternatif App Store yang Perlu Kamu Ketahui

Dilihat dari konten yang diunggah Paluzzi, Audio Rooms bisa diakses lewat kolom Chat di aplikasi Instagram yang sebelumnya hanya terdapat dua pilihan tombol untuk mengirim pesan baru dan membuat panggilan video, kini terdapat tombol tambahan dengan ikon mikrofon.

Sebelumnya Facebook memang sempat dikabarkan sedang mengembangkan fitur serupa Clubhouse. Dikutip Hindustantimes, perusahaan berencana melakukan penggabungan layanan obrolan dari Instagram, Facebook Messenger, dan WhatsApp menjadi terintegrasi sehingga pengguna di satu layanan dapat berbicara satu sama lain.

Walau lagi-lagi masih dalam tahap pengembangan enkripsi end-to-end atau masih dalam tahap beta, tapi fitur baru Instagram ini okay juga bisa menggabungkan  obrolan dari 3 aplikasi, jadi makin ramai deh buat club-nya.  

Itu dia 3 aplikasi audio yang rekomendasi buat kamu. Sambil nunggu Clubhouse di android, cobain yuk aplikasinya!

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION

5 Aplikasi Penunjang Bisnis Online

Menjalankan bisnis online akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi-aplikasi yang bisa kamu download secara gratis.

Jumat, 1 Maret 2019 | 17:00 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB