LogoDIGINATION LOGO

Pasar Halal di Asia Makin Diminati e-Commerce

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 3 Januari 2018 | 08:18 WIB
Share
Dengan populasi sekitar 60% muslim, Asia menjadi kawasan yang potensial bagi perdagangan produk dan layanan halal
Share

Dengan populasi sekitar 60% muslim, Asia menjadi kawasan yang potensial bagi perdagangan produk dan layanan halal. Permintaan akan produk dan layanan bersertifikasi halal mulai dari kategori makanan, produk kecantikan, fashion, pariwisata, perbankan, dan lain-lain pun semakin tinggi di Asia.

Asia Marketing Federation (AMF) menyebut sertifikasi halal akan menjadi hal yang sangat penting di lima negara berpopulasi muslim terbesar di Asia Pasifik, yaitu Indonesia, India, Pakistan, dan Bangladesh. Produk berbasis halal dan layanan berbasis syariah akan semakin dikembangkan untuk memfasilitasi penduduk muslim di negara-negara Asia.

AMF juga memprediksi di tahun-tahun mendatang negara-negara dengan populasi muslim minoritas, seperti Korea Selatan, Thailand dan Singapura juga semakin melirik pasar halal di sektor pariwisata dan industri perhotelan. Sebagai contoh, Singapura telah menyediakan aplikasi Halal Eating Guide untuk membantu turis mencari makanan halal di negara mereka.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa potensi pasar halal luar biasa. “Kesempatan dan peluang dalam pasar muslim itu sangat luas,” ujar Rudiantara, mengutip MySharing (Rabu, 03/01).

Rudiantara menambahkan jika ingin membangun e-commerce berbasis halal maka harus memenuhi tujuh isu e-commerce yaitu sumber daya manusia, pendanaan startup, perpajakan, logistik, perlindungan konsumen, cyber security, dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB