LogoDIGINATION LOGO

Belajar Strategi Bisnis dari The Queen's Gambit

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 20 November 2020 | 10:58 WIB
Share
Share

Selain setting 60’s, Mini series Netflix The Queen's Gambit, cukup menghebohkan kaum muda karena kemahiran Beth Harmon yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy dalam bermain catur.

Ingat tidak? Sejak dulu orang tua kita selalu mengatakan ‘orang yang jago bermain catur memiliki otak yang cerdas’. Di film ini, Anya Taylor-Joy mampu membuktikan jika bermain catur benar menjadikan kita cerdas karena taktik dan strategi di dalamnya.

Film The Queen’s Gambit menceritakan wanita yang mempelajari permainan catur dari petugas kebersihan di panti asuhannya sejak kecil. Ia pun semakin tertarik dan terus berkembang hingga menjadi pemain terbaik di dunia.

Dibalik kerennya permainan catur Beth Harmon, ternyata ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil di film ini lho. Jika kamu dalami dan lihat dari sudut pkamung lain, kamu bisa terapkan strategi permainan Beth Harmon ke dalam kehidupan bahkan bisnis, simak yuk.

Success isn’t final, failure isn’t fatal
Beth Harmon yang biasa dipanggil Harmon tertarik pada papan catur saat pertama kali dia melihat Tuan Shaibel, petugas kebersihan di Methuen Home for Girls, bermain sendirian di ruang bawah tanah. Dia mengatakan catur seperti dunia kecil, terkandung dalam 64 kotak, dan bertanya apakah Shaibel akan mengajarinya? dan ternyata tuan Shaibel mengatakan tidak.

Harmon tidak menyerah, setelah menerima penolakan dia kembali datang dan mempelajarinya.

Harmon membuktikan bahwa "tidak" atau “kalah” bukan berarti dia tidak bisa. Terkadang, hanya  waktu yang tidak tepat yang membuat ia tidak berhasil. Saat memulai bisnis, kamu akan bertemu penolakan ratusan kali, tapi menggunakan kutipan Winston Churchill ‘Success isn’t final, failure isn’t fatal’ sukses bukanlah final dan kegagalan bukan akhir dari segalanya.

Belajarlah dari kegagalan, teruslah percaya pada diri kamu sendiri. Kamu mungkin akan diremehkan orang lain, tapi antusias dan perjuangan pasti akan terus diingat banyak orang.

Bergerak tidak hanya di satu tempat
Selama masa-masa ini, ketika sebagian besar bisnis dapat dilakukan di rumah, kamu mungkin tergoda untuk berdiam diri dan bekerja di sofa. Namun, ada saatnya kamu perlu membuat model bisnis baru dan bertemu dengan client baru. Pastikan untuk menanamkan kepercayaan yang sama dengan memperhatikan keinginan mereka.

Harmon tidak hanya berpindah-pindah tempat seperti Mexico City dan Paris, tinggal di hotel kelas atas dan menikmati hal-hal yang lebih baik dalam hidup, tetapi dia juga tertarik pada mode, dan dengan sengaja mengubah dirinya yang terbuang menjadi seseorang yang dengan bangga ditampilkan di sampul majalah.

Cobalah menjadi orang yang dibutuhkan dan dilihat orang lain, jangan cuma berada di zona nyaman kamu. Mereka akan percaya bahwa kamu tulus melakukan pekerjaan itu dan mendapatkan kesan lebih baik di mata orang lain.

Coba untuk improvisasi
Salah satu kesulitan terbesar Harmon yang berhubungan dengan catur adalah tarik ulur antara berimprovisasi dan mempelajari sejarah pemain hebat lainnya. Dia sadar mempercayai dirinya sendiri adalah langkah terbaik dalam skenario apa pun. Namun, ada salah satu lawan yang dapat memahami strateginya, dan menjebaknya dengan cara yang tidak Harmon pikirkan.

Permainan Harmon lebih kuat ketika dia memahami permainan orang lain sambil memberikan ruang dirinya untuk berimprovisasi atau mencoba sesuatu yang baru. Dengan kasus yang sama, penting bagi pengusaha untuk menjadi orang yang fleksibel. Penting bagi kamu untuk mengetahui kapan harus berimprovisasi.

Seperti saat ini perusahaan pakaian mulai membuat masker, penjual tradisional mulai beralih ke digital. Improvisasi membantu pelanggan dan bisnis untuk berjalan di segala situasi.

Kuasai apa yang kamu resahkan
Salah satu pertanyaan paling umum yang ditanyakan investor adalah "Apa ada strategi bisnis kamu yang tidak bisa ditiru oleh pesaing?"

Saat melatih Harmon untuk pertarungannya melawan Juara Dunia Vasily Borgov, Watts mengatakan “Dalam permainan kamu dengan Borgov, kamu harus bermain sebagai Sisilia.”

Masalahnya Borgov merupakan pemain terkenal, bukankah berbahaya untuk mencoba mengalahkan orang terbaik di dunia dalam permainannya sendiri? Akhirnya Watts mengatakan “Kamu harus selalu memainkan baris kamu, bukan miliknya. Kamu memainkan yang terbaik untukmu. ” Saat kamu menyatukan pengetahuan dan pengalaman kamu dapat memberi keresahan di diri kamu yang tidak dimiliki orang lain.

Hal ini dapat membuat perbedaan dalam menciptakan produk, layanan, atau pengalaman yang tidak dapat ditandingi oleh orang lain. Jangan menjebak diri sendiri dengan memberi model bisnis yang mudah ditiru. Kuasai apa yang kamu rasakan untuk membuatmu mampu bertahan.

 

Tidak hanya untuk hiburan, film memiliki banyak pesan yang bisa kita pelajari di kehidupan nyata. Itulah 4 pelajaran yang bisa kamu ambil dari film The Queen’s Gambit untuk mengembangkan bisnis kamu. Sama dengan pemain catur, mungkin pebisnis memiliki strategi dan pengalaman masing-masing, kamu bisa seperti Beth Harmon, yang mengalir mengikuti permainan dengan menguasai keresahan yang ada didalam dirinya.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB