LogoDIGINATION LOGO

Pengguna Tokopedia Bisa Hemat Memori 27% dengan Android Dynamic Feature

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 17 November 2020 | 19:40 WIB
Share
Share

Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi masyarakat, termasuk pengguna sistem operasi seluler Android, untuk memberikan nilai tambah dalam memenuhi kebutuhan harian.

“Sejak diluncurkan di 2014, aplikasi Android Tokopedia kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia,” kata Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia.

Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna sehingga aplikasi bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat.

Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB.

Selain Dynamic Feature, Tokopedia juga mencatat fungsi fitur yang mampu mempermudah pengguna untuk mengaplikasikan Tokopedia.

Pertama, Fitur App Action dan Google Assistant yang mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu. Fitur ini juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.

Lalu Android App Shortcut, pengguna bisa mengakses berbagai layanan Tokopedia dengan sekali tap pada ikon aplikasi Tokopedia di halaman ponsel, lalu pengguna akan langsung diarahkan ke layanan yang dibutuhkan.

“Saya paling sering menggunakan fitur Shortcut karena sangat mempermudah penggunaan aplikasi Tokopedia. Lewat fitur ini, saya dapat mengakses layanan Tokopedia yang saya butuhkan dengan lebih cepat, hanya sekali tap dari homescreen,” ungkap Content Creator, Wisnu Kumoro.

Selanjutnya fitur Voice to Text di Search Bar, yang memberi kemudahan untuk membantu masyarakat mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara.

Dan terakhir fitur NFC yang memudahkan pengguna membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Berkat sederet inovasi yang terus dihadirkan, Tokopedia pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018. Saat itu adalah kali pertama aplikasi e-commerce (kategori Belanja) asal Indonesia berhasil masuk ke dalam kategori Android Excellence App.

“Kedepannya, saya berharap tim Engineering Tokopedia bisa selalu menjadi yang terdepan dalam menghadirkan berbagai inovasi digital untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Wisnu Kumoro.

Sebagai salah satu software engineer yang terlibat dalam mengembangkan aplikasi Android Tokopedia dari nol Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia percaya bahwa inovasi terbaik lahir dari talenta terbaik, maka Tokopedia selalu berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi talenta-talenta terbaik yang ingin berkarya untuk Indonesia melalui teknologi.

“Memajukan ekosistem industri teknologi tanah air agar dapat bersaing di pasar digital global adalah hal yang perlu diupayakan bersama,” tutup Rico.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE