
Transformasi Digital Toko Kelontong/Warung Lewat Mitra Tokopedia
Harapan Toko Kelontong/Warung di masa pandemi untuk melakukan transformasi digital
Kamis, 16 Juli 2020 | 16:41 WIB
Tokopedia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Program pelatihan digital yang ditujukan bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, yang memiliki usaha offline maupun online.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemkominfo RI, Basuki Y. Iskandar, menyatakan, transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir, untuk itu Indonesia harus fokus pada teknologi dan digitalisasi.
“Transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi,” kata Basuki Y. Iskandar.
Ia menegaskan, dampak yang diberikan Tokopedia sejalan dengan prioritas nasional Making Indonesia 4.0. Prioritas nasional ini tidak hanya menargetkan pemberdayaan UMKM melalui teknologi, tetapi juga fokus meningkatkan SDM unggul.
Tokopedia sendiri, di sisi lain, telah menjadi rumah bagi lebih dari 9,2 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM, bahkan 94%nya berskala ultra mikro.
Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan, “Tokopedia terus berinovasi dan berkolaborasi bersama para mitra strategis demi mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha di Indonesia, khususnya selama pandemi.”
Upaya bersama melalui program DEA sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu UMKM tetap beroperasi walau di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi.
Pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan memastikan keberadaan lapangan pekerjaan. Astri juga menegaskan melalui beberapa kampanye, Tokopedia mengimbau masyarakat untuk lebih bangga produk buatan Indonesia.
“Tokopedia pun mengimbau masyarakat untuk lebih bangga buatan Indonesia. Bersama kita bisa memulihkan perekonomian negeri yang saat ini terdampak pandemi,” kata Astri.
Pendaftaran DEA dibuka hingga 25 Oktober 2020, sedangkan pelatihannya akan berlangsung pada 2-13 November 2020 yang bertemakan mengembangkan bisnis online sesuai kebutuhan pasar.
Materi pelatihan mencakup strategi sukses bisnis online di marketplace, pemasaran digital 101 dan tips membangun brand yang kuat. Berbagai materi edukasi ini akan disampaikan melalui serangkaian aktivitas virtual, termasuk webinar, belajar mandiri dan kelas di aplikasi pesan yang dipandu Tokopedia.
Pada sesi terakhir, masyarakat, yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, bisa mendapatkan sertifikat. Untuk informasi selengkapnya klik tautan https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/detail/692
Harapan Toko Kelontong/Warung di masa pandemi untuk melakukan transformasi digital
Kamis, 16 Juli 2020 | 16:41 WIBSalah satu dukungan pemerintah untuk mendorong UKM melakukan transformasi digital
Senin, 20 Juli 2020 | 16:53 WIBTokopedia rayakan Hari Kemerdekaan dengan UMKM
Jumat, 14 Agustus 2020 | 08:15 WIBSatu lagi program akselerasi startup dari Kominfo
Jumat, 28 Agustus 2020 | 18:46 WIBTokopedia kali ini bermitra dengan salah satu merek global untuk pemberdayaan UMKM
Rabu, 9 September 2020 | 20:02 WIBSelama ini penyanyi menjadi satu-satunya "bintang"dalam sebuah lagu. Dengan SongDNA, Spotify ingin pendengar tahu siapa saja sosok di balik penciptaan lagu tersebut.
Kamis, 16 Oktober 2025 | 15:39 WIBKarya-karya ini tidak hanya menjadi tampilan visual, tetapi juga simbol eksplorasi, ketekunan, dan identitas kreatif generasi muda Indonesia
Selasa, 7 Oktober 2025 | 10:36 WIBMagnum menggunakan Giuseppe AI milik NotCo untuk melakukan reformulasi produk agar lebih seimbang secara nutrisi, termasuk menciptakan varian berbasis nabati.
Senin, 29 September 2025 | 14:34 WIBTeknologi biometrik face recognition segera diterapkan untuk registrasi e-SIM. Aturan Komdigi ini dukung keamanan data dan cegah penipuan digital.
Jumat, 26 September 2025 | 17:08 WIBFormat Instagram baru ultra-wide 5120×1080, atau yang sering disebut video geprek, meledak karena ada unsur estetika seperti layar bioskop dalam satu frame.
Kamis, 25 September 2025 | 15:04 WIBKeunggulan Meta Ray-Ban Display adalah sebagai kacamata pintar yang diharapkan mampu menggantikan peran smartphone dalam kehidupan sehari-hari.
Selasa, 23 September 2025 | 15:32 WIBKonsumen Indonesia semakin fokus pada value for money
Jumat, 19 September 2025 | 15:42 WIBPemerintah Provinsi DKI Jakarta merilis Portal Satu Data Jakarta dengan tampilan baru. Bedanya, kali ini tampilannya jauh lebih interaktif berkat tambahan fitur chatbot berbasis AI.
Senin, 15 September 2025 | 14:54 WIBTalenta data tidak hanya sekadar bisa membaca data, tetapi juga mampu mengubah data menjadi insight
Jumat, 12 September 2025 | 15:37 WIBPengguna sedang tergila-gila dengan Nano Banana, model terbaru Google untuk editing foto. Selain itu, Google juga memperkenalkan fitur baru di Gemini Ultra dan Pro, yaitu Photo-to-Video.
Senin, 8 September 2025 | 10:00 WIBSalah satu penggemar game Roblox dengan nama Ands/Kirito. berhasil mengajak komunitas dan pengguna X berdonasi untuk keluarga almarhum Affan Kurniawan.
Selasa, 2 September 2025 | 15:04 WIBWarganet ramai membagikan situasi Demo DPR melalui berbagai platform media sosial
Jumat, 29 Agustus 2025 | 12:22 WIBKebutuhan talent data meningkati, apa yang perlu dipelajari generasi muda?
Rabu, 27 Agustus 2025 | 11:45 WIBPassword ternyata menjadi titik lemah terbesar karena mudah dicuri lewat halaman login palsu. Google mengeluarkan peringatan serius untuk ganti password secara rutin.
Selasa, 26 Agustus 2025 | 18:23 WIBPojok Belajar merupakan inisiatif edukasi intensif yang digagas oleh GoFood lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Program ini diperluas ke 24 kota di Indonesia.
Selasa, 12 Agustus 2025 | 10:49 WIB