LogoDIGINATION LOGO

#BangkitBarengWarung, Tokopedia Kembangkan Usaha Tradisional Melalui Pemanfaatan Teknologi

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 3 November 2020 | 18:28 WIB
Share
Share

Melalui Gerakan Warung Nasional (GWN) Tokopedia berhasil permudah usaha tradisional melalui pemanfaatan teknologi.

Berdasarkan survei yang dilakukan Tokopedia terhadap ribuan mitranya pada Oktober 2020, hampir 80% pemilik warung, dan toko kelontong yang bergabung dalam mitra Tokopedia meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat.

Pegiat usaha tradisional bisa merasakan beragam kemudahan mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital di Tokopedia.

Dengan teknologi yang memudahkan masyarakat dan usaha tradisional, Doni Nathaniel Pranama, Head of New Retail Tokopedia mengaku, Tokopedia menjadi platform yang menawaran pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia.

"Kami telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia," kata Doni.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Tokopedia, lebih dari 80% mitra Tokopedia meraih lebih banyak pelanggan. Selain itu 8 dari 10 mitra Tokopedia berhasil menambah jumlah stok warung, dan 9 dari 10 mitra Tokopedia mengaku lebih beragam dalam memberikan produk penjualan.

Berbagai dampak positif juga berhasil ditanamkan, seperti dari segi dampak keuntungan dan efisiensi usaha, hampir 80% mitra meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat setelah bergabung, dan hampir 100% mitra menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50.000/ minggu dengan pemanfaatan fitur grosir di aplikasi mitra Tokopedia.

Dampak kesejahteraan bagi mitranya, Tokopedia mencatat lebih dari 40% mitra Tokopedia dimudahkan dalam berbisnis, lebih dari 40% mitra Tokopedia menjadi lebih melek teknologi dan lebih dari 50% mitra Tokopedia bisa lebih mandiri secara finansial.

Sementara dampak bagi kehidupan ekonomi dan peran dalam pandemi menunjukan 5 dari 10 mitra Tokopedia kini punya tabungan tambahan dan hampir 25% dari mitra Tokopedia masih tetap bisa mendapatkan pemasukan bulanan walaupun sudah tidak bekerja lagi sebagai karyawan.

Dampak positif tersebut menjadi wujud nyata usaha Tokopedia dalam memajukan pegiat usaha tradisional. Mitra Tokopedia juga akan terus memajukan pegiat usaha tradisional terutama yang saat ini terdampak pandemi, salah satunya lewat Gerakan Warung Nasional (GWN) yang sudah diadakan dua tahun berturut-turut.

Melalui kampanye #BangkitBarengWarung, Mitra Tokopedia menghadirkan tiga pilar kegiatan, yaitu mengenalkan aplikasi Mitra Tokopedia kepada masyarakat luas, terutama kepada yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, untuk membuka usaha Payment Point Online Bank (PPOB) dan warung. Kedua, menghadirkan promo menarik di aplikasi untuk meningkatkan penghasilan. Dan terakhir, menghadirkan berbagai konten edukasi untuk melengkapi para pemilik warung maupun masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar dapat berwirausaha bersama mitra Tokopedia.

"Tahun ini, Tokopedia mengusung tema GWN #BangkitBarengWarung. Mengingat ekosistem warung merupakan bagian dari UMKM, penyokong lebih dari 60% perekonomian Indonesia," kata Doni Nathaniel Pranama, Head of New Retail Tokopedia.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE