
Hadapi Pandemi, Moka x Kami Berbagi Strategi untuk UMKM Melek Literasi Digital
Tips untuk pelaku UMKM melakukan transformasi digital dari Moka Kami.
Kamis, 30 Juli 2020 | 17:51 WIB
Melihat pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap UMKM, Tokopedia, Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Asosiasi Perempuan Pengusaha Usaha Kecil (ASPPUK) dorong Kontribusi Ribuan UMKM melalui Program Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif.
Survei Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menyatakan bahwa sekitar 70% UMKM terpaksa menghentikan kegiatan produksi sejak pandemi berlangsung, padahal Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan UMKM berperan penting dalam pembentukan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) karena kontribusinya mencapai 61,07%.
Hal ini mendorong Tokopedia, CCFI dan ASPPUK berkolaborasi memberdayakan ribuan pegiat UMKM, terutama perempuan dan difabel, untuk berkontribusi terhadap ekonomi digital dan bertahan di masa pandemi.
“Kunci menghadapi pandemi adalah kolaborasi dan berinovasi, Tokopedia bekerja sama dengan CCFI dan ASPPUK, berupaya mendorong sebanyak-banyaknya pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, mempercepat adopsi platform digital demi mempertahankan bisnis di tengah adaptasi kebiasaan baru,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.
Kolaborasi ini juga merupakan bagian dari upaya Global Program 5by20 The Coca-Cola Company yang menargetkan pemberdayaan ekonomi melalui peningkatan kemampuan dari 5 juta pengusaha perempuan pada tahun 2020.
5by20 berfokus membantu wirausaha perempuan di seluruh rantai nilai Coca-Cola - produsen, pemasok, distributor, pengecer, pendaur ulang, dan pengrajin pertanian - mengatasi tantangan saat membangun dan mengembangkan bisnis mereka.
Dengan menyediakan akses ke keterampilan bisnis, layanan keuangan, aset dan jaringan dukungan rekan kerja dan mentor, 5by20 membantu perempuan sukses sebagai wirausaha, sekaligus membantu menciptakan komunitas yang berkelanjutan.
“Kami berharap program pemberdayaan UMKM Perempuan dapat menggali potensi serta memberikan peluang terhadap UMKM di Indonesia untuk tetap dapat berkontribusi terhadap perekonomian nasional di tengah situasi yang penuh tantangan kini,” kata Direktur Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo.
Program Pemberdayaan UMKM ‘Perempuan Wirausaha Tangguh dan Kreatif’ sudah dijalankan sejak bulan Desember 2019, di tahap awal dilakukan assessment dan pengorganisasian para perempuan pengusaha mikro.
Pada bulan Februari 2020, tahap kedua dimulai dengan pelatihan bagi para mentor, setelah itu baru masuk ke dalam pelatihan terhadap 2.140 perempuan dan difabel. Setelah pelatihan dilakukan maka akan dipilih 750 perempuan pengusaha mikro serta 75 pengusaha difabel untuk didampingi hingga akhir tahun.
“Kami percaya setiap individu, baik perempuan maupun difabel, punya kesempatan yang sama dalam memulai dan mengembangkan usaha. ASPPUK sangat mengapresiasi kolaborasi dengan Tokopedia dan CCFI. Program pemberdayaan ini dapat membuka jalan para pegiat UMKM untuk bertahan di tengah situasi pandemi,” kata Deputy Director ASPPUK, Mohammad Firdaus.
Tips untuk pelaku UMKM melakukan transformasi digital dari Moka Kami.
Kamis, 30 Juli 2020 | 17:51 WIBProgram Kemerdekaan dari Shopee untuk UMKM dan pelanggan
Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:49 WIBAlternatif program bantuan untuk UMKM dari Moka Pos dan Midtrans
Kamis, 13 Agustus 2020 | 17:51 WIBTokopedia rayakan Hari Kemerdekaan dengan UMKM
Jumat, 14 Agustus 2020 | 08:15 WIBPercepatan transformasi digital UMKM di Indonesia oleh Grab dan KemenKopUKM
Selasa, 1 September 2020 | 21:00 WIBPendanaan ini fokus untuk hadirkan solusi dan layanan terdepan untuk UMKM Indonesia
Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:41 WIBEkosistem GOTOKO membuktikan digitalisasi berperan penting dalam mengembangkan bisnis warung.
Senin, 15 Agustus 2022 | 17:48 WIBUntuk spesifikasi dan harga berikut ulasannya!
Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:13 WIBDANA, perusahaan teknologi keuangan yang terus berkomitmen untuk memajukan digital ekonomi di Indonesia
Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:49 WIBTesla Inc, telah menandatangani kontrak pembelian nikel dari dua perusahaan di Indonesia.
Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:13 WIBEmpat pemenang ini merupakan kreator-kreator Spark AR muda yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.
Senin, 8 Agustus 2022 | 18:42 WIBSebagai upaya memberi kemudahan masyarakat berinvestasi, Tokopedia meluncurkan produk Reksa Dana Pendapatan Tetap
Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:35 WIBNamun hingga kini masih ada dua PSE aplikasi game yang belum juga merespon komunikasi dari Kominfo.
Selasa, 2 Agustus 2022 | 16:30 WIBBanyak orang yang penghasilannya ada di PayPal pun menanyakan bagaimana nasib mereka selanjutnya?
Senin, 1 Agustus 2022 | 15:28 WIBPemain akan diajak masuk ke dunia Metaverse bernama Alice.
Kamis, 28 Juli 2022 | 18:25 WIBAI kian meningkat oleh beragamnya perusahaan yang menawarkan produk atau jasa ke end-customer
Kamis, 28 Juli 2022 | 17:39 WIBMendorong percepatan pembentukan ekosistem dan infrastruktur serta implementasi bisnis e-mobility
Senin, 25 Juli 2022 | 18:12 WIBYouTube ingin semakin mempermudah para kreator mendapatkan pembeli langsung dalam konten mereka.
Jumat, 22 Juli 2022 | 17:13 WIBProses integrasi yang lebih mudah serta pengalaman transaksi digital yang makin menyeluruh.
Jumat, 22 Juli 2022 | 14:30 WIBBerikut wilayah yang siap dimatikan hari ini :
Rabu, 20 Juli 2022 | 19:57 WIB