LogoDIGINATION LOGO

Tokopedia Hadirkan Beberapa Program Dukung Gerakan #BanggaBuatanIndonesia

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 15 Mei 2020 | 14:44 WIB
Share
Share

Sebagai komitmen dukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia Tokopedia menghadirkan beberapa program untuk membantu pengusaha lokal. Dukungan Tokopedia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM agar dapat segera beroperasi dengan membuka kanal daring di masa pandemi COVID-19.

CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, menjelaskan gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.

"Artinya 100% penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia dimana 94%nya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir 8 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia," papar William.

Di acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang berlangsung Kamis, 14 Mei 2020 kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menyampaikan masyarakat harus saling menjaga dan membantu dengan membeli karya dan produk-produk Indonesia di masa pandemi saat ini.

"Dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri, mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri. Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk tetap berinovasi, mendorong kita bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang. Kita berupaya keras agar pandemi ini cepat berlalu, kita harus saling menjaga, saling mendukung dan saling membantu agar ekonomi kita tidak terkapar dengan membeli karya dan produk-produk Indonesia. Saya yakin dengan kepedulian kita bersama, semua bisa kita lewati," kata Joko Widodo.

Salah satu program yang akan diusung Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional ini adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller, yang bisa diakses secara gratis.

Pegiat UMKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, Tokopedia memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah mengembangkan usahanya. Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal untuk menyediakan pilihan terbaik bagi para pembeli.

Tokopedia akan terus bermitra dengan berbagai pihak agar mampu memberikan solusi bagi penggiat UMKM lokal. Misalnya dengan institusi keuangan untuk memberikan bantuan modal, salah satunya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Selain itu kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online," tambah William.

Tokopedia sebelumnya bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata menyelenggarakan program #SatuDalamKopi dan #RamadanBanggaLokal untuk mendukung pertumbuhan bisnis kopi dan fesyen muslim lokal.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, seluruh kementerian telah bekerja sama untuk memfasilitasi semua UKM agar bisa memanfaatkan platform digital. Melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, diharapkan masyarakat akan lebih mencintai, beli dan menggunakan produk buatan Indonesia.

"Saat ini, seluruh kementerian telah bekerja sama untuk memfasilitasi semua UMKM agar bisa memanfaatkan platform digital. Sektor UMKM merupakan pilar penting dari perekonomian Indonesia. Melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, pemerintah mendorong masyarakat untuk mulai membuat produk yang berkualitas dengan memanfaatkan platform ini. Mari kita cintai, beli dan gunakan produk buatan Indonesia," kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Rencananya, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan pada 14 Mei 2020 ini akan berlangsung hingga akhir tahun. Masyarakat juga dapat menemukan berbagai produk buatan kreator lokal serta informasi lebih lanjut terkait gerakan #BanggaBuatanIndonesia melalui halaman khusus di Tokopedia.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE