LogoDIGINATION LOGO

Kerjasama dengan Kominfo, Pendaftaran E-commerce Bisa Lewat idEA

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 8 Desember 2017 | 02:52 WIB
Share
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengandeng idEA yang merupakan asosiasi para pelaku industri e-commerce di Indonesia untuk melayani pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)
Share

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengandeng idEA yang merupakan asosiasi para pelaku industri e-commerce di Indonesia untuk melayani pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Peresmian kerjasama tersebut ditanda tangani oleh Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo, Samuel Abrijani dan Ketua idEA, Aulia E. Marinto di Aston at Kuningan Suite Jakarta, Kamis (7/12).

Sistem pendaftaran PSE merupakan langkah Kominfo untuk menjangkau setiap pelaku usaha PSE yang melakukan kegiatan usahanya di Indonesia sehingga tercapai tujuan penyelenggaraan sistem elektronik yang aman sesuai dengan Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dengan konsep interoperabilitas, para pelaku industri e-commerce bisa mendaftar lewat situs resmi idEA dengan link https://pse.idea.or.id/ tanpa dikenakan biaya dan langsung terdaftar di Kominfo. “Cukup sekali proses di idEA, maka penyelenggara sistem elektronik diakui baik di pemerintah sekaligus di idEA,” ujar Menkominfo, Rudiantara, yang turut hadir dalam peresmian kerjasama tersebut.

Dirjen APTIKA Kominfo, Samuel Abrijani dalam sambutannya mengatakan alasan pemerintah menggandeng idEA karena pemerintah ingin berbagi pekerjaan dengan asosiasi pelaku e-commerce yang sudah memiliki banyak anggota tersebut. “Jadi apa yang sudah didaftarkan di idEA digabungkan dengan data pemerintah,” kata Samuel.

Sementara Ketua idEA, Aulia E. Marinto menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah atas kolaborasi tersebut. Aulia berharap dengan adanya pendataan PSE akan mendorong lebih banyak kemajuan di industri kita. “Karena kelemahan kita adalah kendala database. Kita ingin mendata siapa saja sih yang bermain agar pemerintah bisa memberikan program-program yang tepat sasaran,” ujarnya.

“Saya atas nama pelaku industri e-commerce mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang indah ini. Semoga dengan ini akan terus menghadirkan hal-hal untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia,” ujar Aulia yang juga CEO Blanja.com.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB