LogoDIGINATION LOGO

Trend Teknologi 2020

author Oleh Rommy Rustami Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB
Share
Share

Apa saja tren teknologi yang akan berkembang dan dinikmati oleh masyarakat pada tahun ini? Digination sempat berbincang-bincang dengan petinggi salah satu perusahaan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, Bapak Jip Ivan Sutanto yang menjabat sebagai Direktur Solutions dan Infrastructure Business PT Multipolar Technology Tbk.
Berikut ini adalah beberapa jenis teknologi yang menurut Jip Ivan Sutanto akan mengalami perkembangan cukup signifikan pada tahun ini.

Teknologi yang berhubungan dengan Cloud
Jip Ivan Sutanto menjelaskan bahwa Cloud Related Technology masih akan terus berkembang pada tahun ini seiring dengan kemudahan yang ditawarkan oleh cloud. Teknologi ini, jelasnya, mampu memberikan kemudahan bagi manusia untuk membuat aplikasi lebih cepat. Teknologi cloud juga menawarkan efisiensi tinggi dengan kemampuannya untuk memberikan layanan pada jutaan orang dengan waktu respon yang singkat.

 

Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence)
“Teknologi ini mampu mempercepat proses pengambilan keputusan dengan lebih cepat dan lebih akurat,” kata Jip Ivan Sutanto. Dia mencontohkan penerapan teknologi ini pada industri perbankan yang mampu memberikan konfirmasi untuk pengajuan kredit dan penerapan bunga kredit sesuai dengan profil nasabah. Bank bisa memberikan keputusan permintaan pinjaman dari nasabah ini secara real time tanpa intervensi staf di bank seperti credit analyst dan sebagainya. Industri perbankan juga memanfaatkan teknologi kecerdasaran buatan ini untuk mencegah dan mendeteksi fraud.

 

Teknologi Software Defined Everything (SDE)
Berbagai kemudahan teknologi yang saat ini sudah dalam terapan dapat dikelola dengan mudah melalui Teknologi Software Defined Everything (SDE) ini. Jip Ivan Sutanto mencontohkan beberapa diantaranya seperti software defined infrastructure, software defined network, software defined compute, software defined storage.
“Seluruhnya ini akan memberikan perusahaan untuk bisa me-manage infrastrukturnya secara lebih fleksibel dan juga lebih agile, kemudian juga lebih optimize, karena semua bisa diatur melalui software,” jelasnya.

 

Teknologi 5G
5G akan memberikan peranan penting pada kehidupan manusia karena teknologi ini menyediakan jaringan pita lebar (bandwidth) yang cukup besar dengan low latency rate. Jip Ivan Sutanto menyatakan akan banyak aplikasi-aplikasi baru yang dibuat pada tahun ini berdasarkan teknologi 5G. “Contohnya adalah aplikasi autonomous connected car, mobil yang bisa berjalan tanpa supir dan selalu tersambung dengan internet untuk berkomunikasi dengan kendaraan lainnya dalam memperoleh data sekeliling.”

 

Internet of Things (IoT)
Sejak diperkenalkan beberapa tahun yang lalu teknologi Internet of Things mulai banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan yang mengandalkan beragam sensor untuk mengambil data lapangan dengan mudah. Beberapa lembaga pemerintahan di negara-negara maju juga sudah memanfaatkan teknologi ini untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Penerapannya cukup bervariasi mulai dari sektor industri manufaktur, pengelolaan manajemen lalu lintas, hingga manajemen lingkungan pada sektor agribisnis.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Ekonomi Digital Indonesia, Dari Market Place ke Services

Berdasarkan kajian Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia punya potensi ekonomi digital yang paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bagaimana agar potensi tersebut dapat diraih?

Senin, 17 Februari 2020 | 17:24 WIB

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB