LogoDIGINATION LOGO

Menkominfo: Digital Payment Bakal Geser Consumer Banking

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 23 November 2017 | 06:53 WIB
Share
Seiring kebutuhan investor dan pengguna jasa keuangan yang semakin kompleks, permintaan terhadap layanan keuangan yang efektif untuk mempermudah proses transaksi semakin mendesak
Share

Seiring kebutuhan investor dan pengguna jasa keuangan yang semakin kompleks, permintaan terhadap layanan keuangan yang efektif untuk mempermudah proses transaksi semakin mendesak. Industri keuangan pun menerapkan teknologi dalam melayanani konsumen melalui financial technology (fintech).

Perusahaan fintech dianggap memimpin revolusi dalam mengubah sektor keuangan dengan mendigitalkan transaksi dan ekosistem industri keuangan. Bahkan beberapa kalangan menilai fintech termasuk e-money, e-wallet, atau digital payment akan menggeser kedudukan uang tunai dan transaksi konvensional.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai digital payment system akan memudahkan masyarakat. Bahkan ia menyebut adanya potensi digital payment system akan menggantikan consumer banking konvensional.

 "Jika berkembang terus, semua payment model seperti ini akan memudahkan masyarakat membayar tagihan. Digital payment system (bisa) menggantikan peran perbankan, (terutama) dari consumer banking," katanya ketika memberi sambutan dalam Peresmian Kerjasama Go-Jek dengan PLN dan BPJS Kesehatan untuk layanan Go-Bills di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Perubahan itu dinilai Menteri Rudiantara sebagai sebuah keniscayaan. “Ada delapan  hal yang akan merubah dunia menjadi mempunyai akselerasi terhadap ekonomi digital, Ini saya baca dari laporan United Nations Conference on Trade and Developments, pertama Advance Robotic, selanjutnya Artificial Intelligence, IoT, Cloud Computing, Big Data Analytic, 3D Printing, juga Intro Operate Ability and Platform serta Digital Payment System,” jelas Rudiantara.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB