LogoDIGINATION LOGO

Peringkat Indonesia Naik 19 Tingkat dalam Kemudahan Memulai Usaha

author Oleh Ana Fauziyah Kamis, 2 November 2017 | 04:19 WIB
Share
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam siaran persnya Rabu (1/11) kemarin, menyampaikan prestasi terbaru Indonesia yang telah naik 19 tingkat dan berada di peringkat ke-72 dari 190 negara dengan kemudahan berusaha menurut laporan terbaru Bank Dunia yang berjudul “Doing Business 2018: Reforming to Create Jobs”
Share

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam siaran persnya Rabu (1/11) kemarin, menyampaikan prestasi terbaru Indonesia yang telah naik 19 tingkat dan berada di peringkat ke-72 dari 190 negara dengan kemudahan berusaha menurut laporan terbaru Bank Dunia yang berjudul “Doing Business 2018: Reforming to Create Jobs”.

Posisi Indonesia terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Pada 2017, posisi Indonesia naik 15 peringkat, dari 106 ke peringkat 91. Dengan demikian, dalam 2 tahun terakhir posisi Indonesia telah naik 34 peringkat. Sebelumnya posisi Indonesia berkisar antara peringkat 116 – 129. “Prestasi ini tak terlepas dari kerja keras semua pihak,” ujar Darmin.

Sebagai perbandingan, perkembangan peringkat negara-negara lain di ASEAN dalam 2 tahun terakhir antara lain: Vietnam naik 23 peringkat dan Thailand naik 20 peringkat. Sementara Malaysia turun 2 peringkat dan Filipina turun 14 peringkat.

Laporan Bank Dunia tersebut juga menyebutkan indikator yang membuat peringkat Indonesia naik antara lain karena perbaikan di bidang Penyelesaian Kepailitan (Resolving Insolvency), Penegakan Kontrak (Enforcing Contracts), dan Penyambungan Listrik (Getting Electricity).

Menko Perekonomian Damin Nasution mengemukakan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah untuk mencapai peringkat yang lebih baik dalam kemudahan berusaha di antaranya dengan cara mengurangi prosedur perizinan dan penerapan layanan sistem online.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB